Upacara Ngedeblag Yang Serupa Tapi Tak Sama Dengan Halloween

501
views
Upacara Ngedeblag

Ngedeblag! Kata ini kalau di circle Mz itu artinya jatuh. Ternyata kata “Ngedeblag” ini sebenernya adalah sebuah upacara turun temurun yang hanya dilakukan di wilayah Desa Pekraman Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar. Nggak usah bingung, nih Map-nya.

Prosesi upacara ini dirayakan pada setiap Kajeng Kliwon menjelang peralihan sasih kelima dan sasih keenam (menurut kalender Bali). Upacara digelar cuma sekali dalam setahun dengan tujuan untuk mengatisipasi perubahan musim yang akan datang, sehingga terhindar dari segala macam bencana, misalnya kayak longsor, banjir ataupun penyakit.

Upacara Ngedeblag Ini Adalah Halloween Versi Lokal

Upacara ngedeblag
Kuburan Band kayaknya boleh nih ngeramein acara hihi. Source Image: Pos Bali

Upacara Ngedeblag ini termasuk tradisi yang tergolong unik. Dari yang anak kecil sampai orang dewasa rame-rame berdandan serem atau wajahnya dicoret-coret seperti komedian. Mereka kemudian berjalan keliling desa sambil membawa air suci (memundut tirta), kemudian mengarak sepasang barong sakral sambil membunyikan kentongan, gamelan, atau perabotan rumah tangga. Setiap melewati ujung desa sepasang barong akan diupacarai.

Upacara Ngedeblag
Merinding nih. Source Image: Tatkala

Disetiap persimpangan jalan, para ibu-ibu bakal menyambut kedatangan arak-arakan ini dengan sesajen serta menghaturkan puja-puja untuk pembersihan alam dan menetralisir roh-roh negatif. Mereka meyakini bahwa dunia ini telah kotor oleh perbuatan manusia, sehingga perlu dibersihkan. Filosofinya dapet banget nih.

Wah, sejujurnya Mz belum pernah lihat secara langsung sih upacara ini. Masih banyak jenis upacara daerah yang belum sempet Mz kunjungi, misalnya perang pandan, Upacara Bukakak, Mesbes Bangke di Tampak Siring, dan masih banyak lagi. Kalau ada kesempatan, Mz mau lihat deh kali aja bisa ikut berpartisipasi.

Comments

comments