Udah Nyampe Bandara Ngurah Rai Nih! Berikutnya Naik Transport Apa?

284
views

Bali, walaupun banyak dikunjungi wisatawan, ternyata banyak juga yang meragukan fasilitas public transport-nya. Soalnya di Bali ngga ada kereta api, bus umum juga jarang, jadi solusi paling sering diambil para wisatawan ya rental kendaraan pribadi. Kalo ramean biasanya rental mobil, kalo sendiri atau cuma berdua, rental sepeda motor. Tapi, kalo baru nyampe di Bali, terutama di Bandara Ngurah Rai, kan ngga ada tuh rental mobil atau sepeda motor langsung di bandara. Terus solusinya gimana? Nih, Mz coba jabarin beberapa transport bandara Bali.

Private Car

Ini solusi paling mudah. Karena apa? Jadi pas kamu nyampe bandara, kamu tinggal pesan taksi bandara di Traveloka, masukin daerah tujuan kamu, cari, dan bakal keluar beberapa solusi untuk mencapai daerah tujuan kamu. Tapi kaya yang Mz bilang tadi, di Bali ngga ada kereta api/listrik, jadi yang nongol pasti cuma ‘Private Car’.

Private car bandara Bali
Ini bukan di Bandara Ngura Rai, tapi kira-kira kaya ginilah. | Source: Kompas

Selain mudah, pesen private car ini juga ngga terikat sama jadwal. Jadi kapanpun kamu nyampe Bandara Ngurah Rai, mau pagi buta kek, siang bolong, atau tengah malem sekalipun, selalu tersedia. Tapi inget, untuk booking fasilitas ini, maksimal 3 jam sebelum jadwal penjemputan. Jadi lebih baik kamu pesen pas sebelum keberangkatan dari bandara sebelumnya.

Bus Trans Sarbagita

Kalo tempat tujuanmu ada di daerah Nusa Dua, Batubulan, atau Tabanan, bus Trans Sarbagita bisa jadi solusi. Kenapa? Sudah jelas, karena 3 tempat tersebut merupakan rute bus Trans Sarbagita, dan yang kedua karena harganya yang sangat terjangkau. Bayangin, gocek yang perlu kamu keluarin buat menggunakan bus ini cuma 3,500 Rupiah sampai 7,000 Rupiah aja per rutenya. Solusi banget kan?

Salah satu transport bandara bali
Cuma tiga ribu lima ratus Rupiah kok! | Source: Warta Bali Online

Jadi kalo kamu berencana make bus ini, nanti pas nyampe bandara, kamu tinggal nunggu bus ini di koridor kedatangan domestik maupun internasional. Tapi yang perlu diinget, untuk menggunakan bus ini, kamu harus nyesuaiin sama jadwal keberangkatan busnya. Mz ngga hapal sih jadwal-jadwalnya, tapi menurut Tribun, Mz bisa jabarin kaya gini:

  • Jadwal keberangkatan bus Trans Sarbagita rute Bandara – Nusa Dua: 09.15, 13.15  dan 17.15 Wita | Tarif: Rp 3,500
  • Jadwal keberangkatan bus Trans Sarbagita rute Bandara – Batubulan: 11.00, 15.00  dan 19.00 Wita | Tarif: Rp 3,500
  • Jadwal keberangkatan bus Trans Sarbagita rute Bandara – Tabanan: yang ini belum ketemu jadwalnya | Tarif: Rp 7,000

Taksi

Kalo taksi udah jelas, di bandara manapun pasti punya taksi sebagai transport resminya. Dan untuk Bandara Ngurah Rai, menurut website resminya, nama vendor untuk taksi resminya adalah Kokapura. Tarifnya menggunakan argometer, dengan tarif minimum sebesar Rp 90,000.

Transport taksi bandara
Inget cari yang pake argo, jangan yang abal-abal. | Source: Tribun Kaltim

Kalo taksi yang ini, sama kaya private car, available-nya 24 jam. Kamu nanti tinggal daftar aja di konternya. Di terminal kedatangan domestik maupun internasional ada kok. Abis daftar, tinggal tunggu aja taksinya jemput.

Ojek Online?

Sebenarnya ini solusi yang agak tricky. Ya, pada tau sendiri kan, kalo ojek online, sepeda motor ataupun mobil dilarang masuk ke kawasan bandara. Jadi, kalo kamu kekeuh pake layanan ini, musti sedikit tricky.

Syarat utama yang Mz rekomendasikan mengikuti trik ini adalah barang bawaan kamu ngga banyak. Ya maksimal 1 koper dan 1 ransel-lah. Kalo lebih dari itu, repot!

Gojek dan Grab
Ciee, akur nih! Gitu dongs! | Source: Selular.id

Nah, kalo udah nyampe di Bandara Ngurah Rai, jangan dulu pesen ojek online di aplikasi kesayanganmu. Dijamin ngga ada yang mau ambil. Selow. Kamu musti keluar dulu dari bandara dengan berjalan kaki.

Waduh, jauh ngga Mz? Tenang, Bandara Ngurah Rai ngga kaya Bandara Soekarno-Hatta. Buat keluar bandara dengan berjalan kaki, paling cuma jalan 300 meteran aja kok. Makanya Mz saranin tadi kalo mau coba trik ini, maksimal bawaanmu 1 ransel 1 koper.

Jadi nanti kamu jalan dulu ke arah parkir motor, setelah itu bakal nemu trotoar, nah tinggal ikutin aja trotoar tersebut sampai di luar kawasan bandara. Nanti kalo udah di luar bandara, baru kamu buka HP kamu dan cari ojek motor atau mobil melalui aplikasi ojol kesayangan kamu, atau yang diskonnya lebih gede.

Nah kira-kira itu beberapa solusi transport bandara Bali yang mungkin bisa bantu kamu. Happy travelling dan selamat mencoba!

Comments

comments

Previous articleLiburan Singkat dan Hemat dari Surabaya ke Bali
Majalah anak muda Bali yg berdiri sejak bosan duduk. Media informasi yg ngga garing meski digoreng. Kami serius melayani ketidakseriusan kalian. :*
SHARE