Tumpek Landep dan Makna Dibaliknya Bagi Umat Hindu

Rahajeng Rahina Tumpek Landep, Semeton! Kali ini Mz mau bahas makna dibalik rahina tersebut. Yakin Mz, pasti kalian tahunya cuman upacara buat besi-besi gitu ‘kan, biar makin paham simak penjelasan Mz abis ini ya.

tumpek landep
Seandainya bazooka PUBG-nya Mz bisa didoain juga |Source: https://foto.tempo.co/

Tumpek Landep dan Makna Dibaliknya

Jatuh pada hari Saniscara (Sabtu) Kliwon Wuku Landep, rahina ini diperingati setiap 210 hari atau enam bulan sekali. Kata Tumpek ini gabungan dari dua kata yakni Metu (bertemu) dan Mpek (akhir). Jadi, kalau artinya adalah hari dimana Panca Wara dan Sapta Wara bertemu. ‘Kan Sabtu itu hari terakhir di Sapta Wara dan Kliwon yang terakhir di Panca Wara. Sedangkan, Landep sendiri artinya tajam atau runcing.

tumpek landep
Keris nggak boleh kelewatan |Source: https://gatradewata.com/

Di rahina ini, umat Hindu akan mengadakan upacara dan diikuti dengan persembahyangan. Tujuannya sebagai wujud terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan manifestasinya Ida Bhatara Sang Hyang Siwa Pasupati (Dewa Senjata) karena sudah diberikan anugerah berupa citta (kesadaran), budhi (kecerdasan) dan manah (pikiran). Berkat ketiga anugerahnya ini, manusia bisa menciptakan peralatan yang berguna dan memudahkan dirinya untuk beraktivitas sehari-hari. ‘Kan hebat banget ya, dari akal pikiran sampai bisa bikin alat-alat yang berguna bagi banyak orang, itulah kenapa hasilnya yang berupa material tadi diupacarain biar bermakna dan bertujuan baik.

Rahina Untuk Memberkati Peralatan yang Terbuat dari Logam Maupun Besi

tumpek landep
Motor sama sepeda juga dong |Source: http://www.wayanyasa.net/

Nah, dari ketiga anugerah tadi ‘kan kita tahu ya, hasil yang dibuat itu menjadi peralatan yang berguna untuk membantu aktivitas kita sehari-hari. Logam dan besi jadi material utama dalam pembentukan peralatannya ini, dari sini jadilah pisau, keris, senjata, motor, sepeda, mobil dan yang lainnya. Upacara dan persembahyangan pun harus dilakukan biar peralatan yang sudah dibuat tadi bisa digunakan dengan baik. Makanya, pas rahina Tumpek Landep, umat Hindu bakal sibuk bantenin peralatan maupun kendaraannya.

tumpek landep
Ada sembahyang barengnya juga |Source: https://balebengong.id/

Ya, nggak cuman Mz, pasti kalian juga berharap semua peralatan dari senjata sampai kendaraan pun bisa berfungsi baik dan nggak mencelakakan. Kayaknya nggak harus setiap Tumpek Landep, dalam bekerja atau menggunakan apapun kita harus berdoa dan hati-hati, biar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan gitu. Stay safe!

Comments

comments