Tradisi Nyadegan: Megibung Ala Masyarakat Nusa Penida

158
views
tradisi nyadegan

Nusa Penida ga cuman memberikan pesona keindahan alam yang bikin kamu ga pengen pulang cepat dari Nusa Penida, tetapi ada tradisi unik yang pastinya makin bikin kamu berdecak kagum sama pulau yang jadi primadona para wisatawan ini.

Salah satu tradisi masyarakat di Nusa Penida adalah Tradisi Nyadegan yang hampir miriplah dengan tradisi Megibung di Karangasem. Berdasarkan Bali Express, tradisi ini ada sedikit perbedaan dibandingkan tradisi megibung, di mana menurut Kelian Banjar Pakraman Batununggul I Dewa Ketut Anom Astika, tradisi Nyadegang ini dilaksanakan menjelang upacara Ida Bhatara Pelawatan Barong dan Randa nyejer selama 4 hari tepatnya pada rahina Purnama Sasih Kewulu.

tradisi nyadegan
Beda-beda tipislah sama megibug | Sumber gambar: indoindians

Memag sih banyak orang Bali yang ga tahu soal tradisi ini dibandingkan tradisi megibung, tetapi masyarakat Desa Pekraman Batununggul, Nusa Penida, Klungkung tetap menikmati kebersamaan tradisi ini tanpa ada rasa canggung sedikitpun. Kalo udah bareng-bareng memang enak banget.

Serba-serba Tradisi Nyadegan yang unik banget

tradisi nyadegan
Yang penting makan bareng | Sumber gambar: bali-travelnews

Tradisi ini pemaknaannya lebih kepada ucapan syukur atas karunia yang diberikan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa. Nyadegan juga bisa dilakukan saat ada acara adat Pelebon, Pawiwahan, Ngotonin dan lainya.

Intinya bisa kumpul-kumpul bareng teman sambil berbagi cerita dalam satu hidangan makanan yang sederhana udah cukup bikin tradisi ini sangat menarik untuk diikuti. Kali aja kamu bisa ketemu sama teman-teman kamu yang kerja diluar kota. Semoga tradisi ini tetap lestari sampai generasi selanjutnya.

Comments

comments