Tradisi Mekotek, Tradisi Unik yang Diadakan Saat Hari Raya Kuningan

Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semeton! Mumpung masih dalam suasana Kuningan, kita kepoin tradisi yang unik satu ini, yuk! Tradisi unik yang berasal dari Desa Munggu, Mengwi, Badung ini namanya Tradisi Mekotek. “Memangnya seunik apa, Mz?” Yaudah, langsung saja kita bahas.

tradisi
Di zoom jadinya kayak gini nih |Source: https://subbali.com

Tradisi Mekotek yang Erat Kaitannya dengan Puncak Tumpukan Kayu

tradisi
Tampak dari bawah |Source: https://merahputih.com/

Punya sejarah yang panjang, Tradisi Mekotek ini sudah pasti diadakan bertepatan dengan Hari Raya Kuningan. Tujuannya sudah pasti untuk memohon keselamatan dan kesehatan warga Desa Adat Munggu. “Bahas sejarahnya dong, Mz.” Iya, sabar dong Masbrooo. Jadi, Mekotek ini dulu pernah dilakukan oleh warga Mengwi saat merayakan kemenangan prajurit Kerajaan Mengwi yang berhasil mengalahkan Kerajaan Blambangan yang ada di Jawa. Senang banget pas tahu kalau wilayah kerajaannya sudah semakin meluas, intinya Mekotek semacam partynya gitu lah saat itu.

Pernah juga nih dulu saat Belanda masih menjajah negara kita, Mekotek dilarang pelaksanaannya. Abisnya Belanda seram gitu lho lihat jajahannya bawa-bawa tombak buat Mekotek, takutnya mereka ngelawan gitu ‘kan. Akhirnya, selama bertahun-tahun nggak ada diadakan tradisi ini. Yaudah deh, hal-hal yang tidak diinginkan pun terjadi seperti warga yang terserang penyakit hingga meninggal dunia. Tahu kondisinya lagi Grubug alias chaos, tokoh adat desa akhirnya mohon-mohon sama Belanda biar diadakan Mekotek lagi. Setelah dituruti, beneran saja semuanya kembali membaik bahkan hasil panennya jauh lebih memuaskan dari sebelumnya.

Tampak dari atas |Source: https://www.vlix.id/

Sekarang ya nggak mungkin pakai tombak, jadinya pakai kayu pulet yang sudah dihaluskan sisinya biar digunakannya tetap nyaman dan aman. Tradisi ini akan diikuti seluruh warga desa, cuma memang paling dominannya memang laki-laki. Agenda pertama yang harus dilakukan adalah sembahyang bersama, setelah itu warga akan berkeliling desa. Nah, abis ini baru deh dilaksanakan Mekotek yang laki-lakinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Kira-kira ada 50 orang dalam satu kelompok, nanti mereka akan sama-sama menumpuk kayu yang dibawa dan orang yang paling berani akan naik ke atas puncaknya. Orangnya ini akan menyemangati kelompoknya dan mengadu dengan kelompok lain, iya! Sampai adu-aduan kayu, alhasil nggak jarang orang yang naik tadi bakal jatuh.

Kalau penasaran, kunjungi saja Desa Munggu yang ada di Mengwi, Badung ini. Biar bisa lihat langsung dan ngeri-ngeri sedap sendiri. Semoga dengan diadakannya Tradisi Mekotek ini, keadaan Bali jadi makin membaik dan kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala. Stay healthy!

Comments

comments