Terungkap! Alasan Kenapa Kulit Jari Berubah Keriput Kalau Lama Di Dalam Air

225
views

Dulu waktu kecil Mz paling demen tuh rendeman di ember gede yang penuh dengan air hangat. Nggak cuma di ember, langsung rendeman di bak mandi juga Mz pernah. Saking demennya berendam, kulit jari Mz sampai mengembang keriput-keriput gitu.

Kulit jari
Ini rendeman sampe kumisan malah. Source: giphy.com

Nah, jari yang mengembang ini deh jadi alasan baru kenapa Mz doyan rendeman waktu kecil. Lucu aja gitu jarinya ngembang terus berkerut kayak keripit-keriput gitu. Duh! Jadi kangen masa kecil nih.

Kulit jari
Udah gede tambah ruwet hidupnya 🙁 Source: theodysseyonline.com

Masih kecil sih seneng-seneng aja ya kan, tapi saat rasa ingin tahu Mz mulai tumbuh Mz sering bertanya dalam hati. Kok bisa ya kulit jari mengembang kalau lama-lama di dalam air? Apa ini pertanda jarinya subur karena kena air? Banyak, banyak spekulasi yang muncul dan nggak membuat Mz puas. Dan akhirnya Mz menemukan jawabannya.

Baca juga:  Edukasi Asik Di Taman Pintar Yogyakarta

Pakar Evolusi Biologi Saraf Kalau Kulit Jari Mengkerut Itu Hal Yang Lumrah.

Tom Smulder, seorang pakar evolusi Biologi Saraf dari Newcastle University di Inggris, mengatakan hal yang beginian emang lumrah terjadi. Menurut riset yang beliau lakukan, kalau kulit berkerut itu memberikan pegangan yang lebih baik. Semacam bentuk adaptasi fisiologi gitu. Gitu sih katanya dalam Jurnal yang berjudul Brain, Behavior, and, Evolution.

via GIPHY

Oh gitu toh. Dulu Mz mikirnya kalau ujung jari tangan atau kaki bakal menyerap air kalau direndam lama-lama. Terus kulit bakal mengembang sampai kayak kriput-kriput gitu. Intinya kenapa bisa mengembang adalah biar jari nggak licin pas lagi basah. Catat!

Comments

comments