Tentang Pernikahan, Film-film Drama Ini Cocok Banget Buat Nobar

Siapa sih yang nggak suka nonton film? Pasti semua kan, cuman ya emang beda genre aja. Mz ada rekomendasi beberapa film nih tentang pahit manisnya pernikahan, ada yang sweet-nya kebangetan sampek bikin nih tangan gregetan. Abis ini ditonton yak, entah sama pasangan, temen, selingkuhan (canda selingkuhan), aduh semuanya dah ajak-ajakin. Oh ya, ngomong-ngomong tentang pernikahan nih, ada website yang bisa ngebantuin kalian dalam pembuatan kartu undangan pernikahan online. Weddingku.id nyediain jasa tadi guys, harga dan waktu dijamin worth it. Udah banyak kok undangan-undangan yang udah dibuat dan bagus parah, buruan dicek yak!

tentang pernikahan
Ini bukan tentang pernikahan tapi bikin gregetan ya |Source: https://www.kompas.tv/

My Little Bride (2004), Tentang Pernikahan Antara Guru dan Siswinya

Sama nih kayak buka puasa, kita berbuka dengan yang manis-manis. Film yang satu ini asalnya dari Negeri Ginseng dan rilis pada tahun 2004. Jadi filmnya nih bercerita tentang pernikahan yang dialami sama seorang mahasiswa dan siswi SMA. Park Sang Min (Kim Rae Won) dan Seo Bo Eun (Moon Geun Young) terpaksa menikah karena menuruti keinginan kakeknya Bo Eun yang udah sakit-sakitan. Jadi kakeknya Bo Eun sama Sang Min itu sahabatan, terus janjian kan nih mereka berdua buat ngejodohin keturunannya mereka yang cewek cowok. Nah, ternyata keturunan cewek cowoknya itu ternyata cucu mereka, makanya Bo Eun dan Sang Min disuruh nikah.

tentang pernikahan
Guruku ternyata suamiku |Source: http://fantasykorean-lovers.blogspot.com/

Sang Min dan Bo Eun akhirnya menikah dan ngejalanin bahtera rumah tangga di umur yang masih kecil banget. Bo Eun yang masih sekolah, eh nggak sengaja si Sang Min bakal jadi guru disana. Sama kayak film lainnya, ada konflik juga nih nanti di film ini. “Konfliknya apaan, Mz?” Makanya ditonton yak biar nggak kepo.

Revolutionary Road (2008), Gejolak Rumah Tangga yang Nggak Semua Orang Bisa Lihat

Buat yang suka film Titanic, kalian wajib sih nonton ini. Yang main adalah aktor dan aktris yang sama di film Titanis, ya siapa lagi kalau bukan Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet. Film yang rilis pada tahun 2008 ini diadaptasi dari sebuah novel karya Richard Yates yang terbit pada tahun 1961.

tentang pernikahan
Yang suka pasangan ini gass ditonton yak |Source: https://www.republicworld.com/

Pas tahun 1948, Frank Wheeler ketemu sama April di sebuah pesta. Frank adalah seorang buruh yang kerja di pelabuhan dan punya mimpi jadi kasir, sedangkan April punya cita-cita jadi aktris. Dari sana mereka makin deket, jadian, terus nikah deh. Pernikahan mereka awalnya baik-baik aja, apalagi ada dua buah hati yang makin ngelengkapin kebahagiaan mereka. Semua orang yang tinggal di lingkungan rumah mereka juga ngeliat Frank dan April itu couple goals parah. Cuman sayangnya, apa yang terlihat berbeda sama yang dirasain. Berniat buat pindah, eh nggak taunya April hamil anak ketiga dan si Frank dapet promosi di kantornya. Nggak lama setelah itu, gejolak rumah tangga mereka kian memanas setelah April tau kalau Frank selingkuh.

The Vow (2012) dan A Night to Remember (2004), yang Ngajarin Kita Tentang Ketulusan Untuk Mencintai

Film The Vow ini terinspirasi dari kisah nyata yang dialami sama pasangan Kim dan Krickitt Carpenter pada tahun 1993. Jadi, si Krickitt ini ngalamin kecelakaan dan nyebabin dia kehilangan ingatannya. Akhirnya, dibikinin fim The Vow ini yang diperanin sama Channing Tatum dan Rachel McAdams.

tentang pernikahan
Kira-kira lagi bahas apaan yak? |Source: https://viaplay.dk/

Leo yang diperanin sama Channing dan Paige yang diperanin sama Rachel, ceritanya pasangan muda yang belum lama nikah. Suatu hari, mereka kan abis dari bioskop nih terus niatnya mau pulang, eh ternyata pas perjalanan pulang itu mereka ngalamin kecelakaan. Paige yang kondisinya emang nggak makek sabuk pengaman jadinya mental jauh dari mobil. Dibawa kan nih ke UGD sama si Leo, dan dari sana Paige divonis kehilangan sebagian ingatannya terutama saat-saat terakhir sebelum kejadian. Leo yang sedihnya bukan main harus berjuang habis-habisan demi mempertahankan istrinya walaupun doi udah kehilangan ingatannya.

tentang pernikahan
Yang ini versi koreanya |Source: http://musingaboutdrama.blogspot.com/ 

Hampir sama kayak The Vow, film A Night to Remember ini juga menceritakan sang istri yang lupa ingatan. Bedanya, Su Jin yang diperanin sama Son Yen Jin ini punya penyakit Alzheimer. Jung Woo Sung yang meranin Cheol Soo (suami Su Jin) harus nerima kenyataan pahit kalau istrinya ngelupain dia. Ini berawal saat Su Jin yang mulai lupa sama apa yang lagi dikerjainnya kayak dia lupa kalau lagi masak, lupa jalan ke rumahnya sendiri, dan beberapa hal lain yang sampek bikin dia yakin buat konsultasi ke dokter. Dari konsultasi inilah Su Jin didiagnosa punya Alzheimer (penyakit otak yang ngakibatin turunnya daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, sama perubahan perilaku secara bertahap). Tau kondisinya semakin parah, bisa-bisanya si Su Jin nutupin hal ini tapi akhirnya ditauin sama suaminya. Cheol Soo yang nggak pernah ngomong cinta, tapi nunjukkin dengan sikap dan perlakuannya, harus berjuang ngehadapin kondisi sang istri yang mulai lupa kalau mereka saling mencintai.

A Good Marriage (2014), Film yang Diadaptasi dari Novel Stephen King

Nah ini nih, ini nih. Buat yang suka genre horor thriller fix harus nonton ini. A Good Marriage diadaptasi dari novelnya Stephen King, novelist ternama yang emang terkenal banget sama karya-karyanya. Selain A Good Marriage, ada beberapa novelnya juga yang udah diangkat jadi film kayak It, Pet Sematary, Doctor Sleep dan The Shining.

tentang pernikahan
Biar tegang sekali-kali |Source: https://dvdcover.com/

Ceritanya, Darcy (Joan Allen) udah nikah selama 25 tahun sama Bob Anderson (Anthony LaPaglia). Mereka bahagia banget tuh sama pernikahannya, apalagi anak-anak mereka juga udah tumbuh dewasa. Suatu hari, Bob dan anak-anak mereka pergi selama beberapa hari karena ada suatu hal. Darcy yang kondisinya lagi sendirian di rumah, nyari sesuatu sampek akhirnya pergi ke ruang bawah tanah buat ngecek. Disana Darcy nemuin banyak banget kartu identitas, dan dari sana dia tau kalau itu kartu identitas milik korban pembunuhan berantai. Dan pelakunya adalah orang yang paling deket sama dirinya, Bob.

Gone Girl (2014), Pembalasan Dendam Sang Istri Terhadap Suaminya

Film yang satu ini juga terinpirasi dari novel nih, penulis novelya bernama Gillian Flynn. Diceritakan ada pasangan suami istri bernama Nick (Ben Affleck) dan Amy Dunne (Rosamund Pike). Mereka nih udah nikah lama, pacarannya pun dari jaman masih mengenyam pendidikan. Mereka juga dibilang couple goals sama orang-orang sekitar, sampek-sampek nih ya orang-orang tuh pengen punya kehidupan pernikahan kayak mereka. Harmonis, kaya dan good looking satu sama lain.

tentang pernikahan
Ceritanya pas masih pacaran di perpus |Source: https://cinemapoetica.com/

Sampek suatu hari, Amy menghilang di hari ulang tahun pernikahan mereka. Nick yang nggak bisa nemuin istrinya, akhirnya ngelaporin ini ke polisi. Dicek lah rumah mereka kan, eh ternyata ditemuin ada noda darah di dapur sampek ke langit-langit rumahnya. Terus barang-barang di ruang tamu juga udah rusak. Nick yang awalnya sebagai pelapor sekarang berubah jadi tersangka karena dicurigai udah ngelenyapin istrinya. Buat kalian yang demen banget sama cerita yang isinya plot twist sabi banget nonton ini.

45 Years (2015), Ngajarin Kita Tentang Mengikhlaskan dan Menerima Pasangan Seutuhnya

Terakhir, ada film 45 Years yang rilis pada tahun 2015. Geoff (Tom Courtenay) dan Kate (Charlotte Rampling) udah menikah selama empat dekade lamanya. Mereka ngelewatin hari-hari tua mereka dengan ngobrol, bersantai dan ngabisin waktu bersama. Walaupun nggak dikaruniai anak, mereka membuktikan kalau pernikahan mereka baik-baik aja dan bahagia.

tentang pernikahan
Uwuu sampek tua |Source: https://www.ifcfilms.com/

Seminggu sebelum perayaan ulang tahun pernikahan mereka ke-45, Geoff dapet surat dari Swiss. Dari suratnya itu Geoff tau kalau tubuh Katya, sang mantan kekasih udah ditemuin. Katya dulu pernah pacaran sama Geoff pada tahun 1960-an, terus mereka berdua nih naik gunung bareng di Swiss. Sampek akhirnya Katya jatuh dan tubuhnya nggak bisa ditemuin selama 50 tahun. Berkat es yang ada di sekitar gunung, tubuh katya ini tetap utuh makanya bisa ditemuin. Geoff yang tiba-tiba keinget mantannya pengen pergi ke Swiss dan mendaki ke Pegunungan Alphine, tapi dilarang sama Kate. Selama seminggu menjelang ulang tahun pernikahan ini Kate ngalamin ujian berat karena Geoff tiba-tiba berubah dan nggak mau ngabisin waktu bareng sama dirinya. Pokoknya film ini ngajarin kita tentang apa itu komitmen dan komunikasi dalam suatu hubungan. Apalagi mereka nikah udah 40 tahunan kan, jadi kita emang harus mengikhlaskan masa lalu walaupun orang itu udah ngisi momen-momen indah dalam hidup kita. Let’s move on, bro!

Film yang mana nih yang pengen kalian tonton? Kalau bisa sih semuanya aja yak, bagus-bagus kok filmnya. Pernikahan kan nggak cuman tentang nyatuin dua hati satu cinta doang nih, tapi komitmen dan komunikasi yang harus dijaga sebaik mungkin dalam jangka panjang. Film-film ini secara nggak langsung ngajarin kita tentang dua hal tadi. Semoga ada amanat baik dari film yang bisa kita ambil yak. Yaudah, happy watching!

Comments

comments