Tempat Wisata yang Bersejarah di Bali

Selamat Hari Kesaktian Pancasila! Hari dimana diperingatinya peristiwa Gerakan 30 September 1965. Erat kaitannya dengan sejarah, di Bali pun ada tempat yang menyimpan memori masa lampau dan kini dijadikan tempat wisata. Mz rekomendasikan kalian untuk berkunjung ke empat tourism place di bawah ini, kepoin terus ya!

Monumen Bajra Sandhi, Tempat Wisata di Denpasar

tempat wisata
Siapa nih yang biasa jogging disini? |Source: https://www.alamasedy.com/

Dibangun pada tahun 1987, Monumen Bajra Sandhi ini baru diresmikan Ibu Megawati Soekarnoputi pada tahun 2003. Monumennya ini letaknya di tengah lapangan, untuk luas lapangannya sendiri itu mencapai 14 hektar. Makanya, saking luas lapangannya, banyak banget orang-orang yang berkunjung untuk sekedar hangout, jogging sampai kegiatan lain.

Museumnya ini terdiri dari tiga bagian utama yakni nistaning utama mandala (lantai dasar gedung: ruang informasi dan administrasi: perpustakaan; pameran; rapat; souvenir; toilet), madianing utama mandala (terdapat puluhan diorama tentang perjuangan rakyat Bali) dan utamaning utama mandala (ruang peninjauan).

The Sukarno Center, Mengenal Bapak Proklamasi Lebih Dekat

tempat wisata
Ada lukisannya Nyi Roro Kidul juga |Source: https://dagrinizar.blogspot.com/

Dipelopori Ibu Sukmawati Soekarnoputri dan Senator Arya Wedakarna, The Sukarno Center ini dibangun pada tahun 2008. Disini kalian bisa mengenal sedikit tentang beliau, ada banyak foto yang dipajang di dinding dan barang-barang yang pernah digunakan serta berkaitan dengan Bung Karno. Kalau mau melihat lebih jauh kehidupan beliau bersama keluarganya, bisa banget kunjungi Istana Kepresidenan di Tampaksiring, Gianyar yang lokasinya berdekatan dengan Pura Tirta Empul.

Kertha Gosa, Peninggalan Kerajaan Klungkung

Tuaan bangunannya daripada Mz |https://ksmtour.com/

Bangunan yang satu ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Klungkung. Kertha Gosa dulu dijadikan tempat untuk membicarakan mengenai keadilan, kemakmuran dan situasi keamanan wilayah kerajaan Bali. Dibangun pada masa pemerintahan raja pertama, Ida I Dewa Agung Jambe, makanya nggak heran aura masa lampau masih melekat di tempat ini.

Disini kalian akan menemukan banyak banget peninggalan-peninggalan zaman kerajaan kayak meja, kursi dan benda-benda lainnya. Oh ya, disini juga ada museum yang dimana ada diorama yang menggambarkan perjuangan rakyat Bali melawan penjajah. Terus ada lukisan-lukisan juga yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya.

Tempat Wisata yang Menyimpan Benda-benda Purbakala, Museum Arkeologi Gedong Arca di Gianyar

Arca Dwarapala |Source: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Buat kalian yang ingin mengenal zaman prasejarah, harus banget kesini. Ada ribuan peninggalan purbakala yang bisa kalian temui kayak arca, prasasti, sarkofagus dan beragam kapak zaman prasejarah. Digagas oleh Prof. Dr. R. P. Soejono dan Drs. Soekarto K. Atmojo, museum ini punya tiga bagian yakni jaba sisi atau area luar yang berfungsi sebagai tempat pertemuan, jaba tengah yang terdapat lima gedung bangunan yang berfungsi sebagai pameran dan jeroan atau halaman utama yang terdapat benda-benda purbakala yang terletak di delapan balai pelindung.

Buat pecinta tempat klasik, benda-benda bersejarah dan masa lampau, wajib kunjungi keempat tourism place di atas ya. Happy weekend!

Comments

comments