Tarif Cukainya Meningkat, Pakai Tembakau Nggak Cuman Buat Rokok Kok

Nah lho langsung kaget pasti nih. “Aku biasa aja kok Mz, aku kan bukan perokok.” Oh? Nghokeey. Tapi kan nggak tau nih yang lain, eh. Kita udah pasti pernah denger kata tembakau kan, tapi kalian tau nggak, orang-orang kalau nginang pakai tembakau juga? Dahlah, langsung aja scroll kebawah.

pakai tembakau
Kok kayak sarang burung ya |Source: https://cirebon.pikiran-rakyat.com/

Perkiraan Tahun 2021, Tarif Cukai Akan Meningkat

Katanya bakal meningkat di tahun 2021 nih, tarif cukainya bakal kena sekitar 12,5% dan ini bakal diberlakukan pas tanggal 1 Februari 2021. Ibu Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan bilang kalau keputusan buat naikin tarif cukainya nih udah ngelewatin pertimbangan dari segala aspek. Ya kayak dari segi kesehatan, petani sampek penerimaan negara.

pakai tembakau
Uwaah |Source: https://republika.co.id/

“Berarti semua rokok bakal naik dong harganya ya?” Nggak juga sih, cuman jenis rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM) sama Sigaret Putih Mesin (SPM) yang tarif cukainya bakalan naik. Kalau ditanyak itu termasuk merk apa aja, Mz angkat tangan dah yak. Nggak tau soalnya hmm.

Enakan Pakai Tembakau Buat Yang Mana, Ya?

Kenapa harga rokoknya dinaikin ya pengennya nekan daya beli masyarakat sama rokok. Soalnya banyak banget yang konsumsi rokok bahkan termasuk anak-anak dibawah umur. Jadi dimahalin biar nggak bisa beli sekalian, tapi buat kepastian alasan yang satu ini Mz nggak tau banyak juga sih. Kenaikannya juga tetep merhatiin nasib para buruh yang kerja di pabrik rokok, makanya buat tarif Sigaret Kretek Tangan katanya nggak dinaikin.

pakai tembakau
Sungguh berfaedah ya |Source: https://lokadata.id/

Selama ini kan kita taunya cuman rokok aja kan yang mengandung tembakau, ternyata nginang juga makek itu guys. “Nginang? Apaan tuh, Mz?” Lah, yaudah Mz bahas singkat aja yak. Nginang alias Menginang adalah tradisi bersirih yang dilakuin dengan ngunyah campuran buah pinang, daun sirih atau daun base, gambir, tembakau, kapur sirih alias pamor, dan ada cengkehnya juga.

Kalau kalian pernah ke desa terus ngeliat orang-orang tua yang giginya merah kayak darah itu biasanya abis nginang. Katanya nginang dilakuin buat jaga kesehatan mulut dan gigi, biar kuat gitu lho. Tapi kadang nginang juga dilakuin pas ada tamu, istilahnya buat nyambut tamu kehormatan gitu.

pakai tembakau
Bahan-bahan buat nginang nih guys |Source: http://jelijihtegeh.blogspot.com/

Kalau ditanyak enakan buat rokok atau nginang, tergantung orangnya lagi sih. Buat masalah aman atau nggaknya, belum bisa dipastiin nginang itu 100% aman. Tapi karena ada kandungan gambir sama daun sirihnya yang sifatnya antiseptik, jadinya dinilai lebih aman ketimbang rokok. Terus ada kapur sirih juga kan tuh, itu mengandung kalsium hidroksida Ca (OH)2 dan sifat basa kuat. Makanya dipercaya buat nguatin gigi.

Udah segitu aja guys, kalau kebanyakan ntar makin pusing ya kan. Seenggaknya kalian tau dikit tentang nginang dah yak, biar taunya nggak cuman tembakau buat rokok doang. Dah yak, bye!

Comments

comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com