Tak Hanya Arak, Campuran Kopi dengan Bahan Ini Ternyata Juga Ada Lho!

Beberapa hari lalu Bapak Wayan Koster lagi ngadain pertemuan virtual mendadak. Sebenernya bukan karena mendadaknya yang bikin kaget, tapi statement-nya beliau tentang campuran kopi sama arak. Orang-orang langsung bingung dong, “emang bisa nyampurin kopi sama arak?” Tak hanya arak, ada juga nih campuran kopi yang agak nyeleneh soalnya emang bukan kopi yang biasa kita tau dan konsumsi. Kita kepoin langsung dah yak, gass!

Viral Pernyataan Bapak Wayan Koster Tentang Campuran Kopi dan Arak

Pas tanggal 11 Juli 2021, tepatnya Hari Minggu, Bapak Wayan Koster ngadain pertemuan virtual mendadak bersama bendesa adat, perbekel dan lurah se-Bali. Pertemuan ini ngomongin tentang lonjakan kasus positif Covid-19, diaktifkannya kembali Satgas Gotong Royong Desa Adat dan Relawan Desa serta Kelurahan sama ngerencanain buat diadakannya Upacara Ngrastiti Bhakti di Pura Kahyangan Tiga/Desa pada tanggal 14 Juli 2021 alias Hari Rabu lalu. Sebagai gubernur, beliau juga berusaha nyemangatin tokoh-tokoh masyarakat yang hadir, terus nggak lupa juga ngingetin untuk jaga kesehatan di tengah pandemi ini.

Tapi ada yang unik nih, bukannya nyaranin konsumsi vitamin, melainkan campuran kopi dan arak yang katanya beliau menyehatkan. Kalau sukanya tuak, silahkan aja. “Hah emang iya?” Iya katanya, bahkan beliau udah nyobain sendiri lho. Ngedenger kalimat ini, pastinya ada banyak respon dari masyarakat lah. “Kalau dipikir-pikir emang nggak apa-apa minum kopi sama arak sekaligus?”

Sebenernya takaran juga megang peran penting, arak yang dicampurin ke kopi ini juga nggak banyak-banyak banget, jadi nggak bakal bikin mabuk. Cuman kopi kan mengandung kafein (mengatasi ngantuk dan bikin kamu terjaga), terus arak ini mengandung alkohol yang sifatnya depresan (bikin tenang, ngantuk bahkan nggak sadarin diri). Jadi bisa dibayangin kan apa yang bakal terjadi kalau kedua minuman tadi digabungin?

Dilansir oleh tirto.id, kalaupun campuran minuman tadi bikin semangat dan lebih energik dari biasanya, tapi kedua minuman ini bersifat diuretik alias ngebikin laju urinasi makin cepat. Ini artinya bikin sang pengkonsumsi akan lebih sering buang air kecil dan secara nggak langsung bikin dehidrasi. Kalau udah dehidrasi akan banyak lagi efek yang muncul kayak pusing, mulut kering, merasa haus sampai air seni yang berwarna gelap.

Tak Hanya Arak, Campuran Kopi dengan Bahan Lainnya Ini Tenyata Juga Ada

tak hanya
Auto nggak masuk angin sama ngantuk nih |Source: https://vakansi.co/

Nah lho, tolak angin sama kopi digabung nggak tuh. Minuman satu ini emang beneran ada brooo, yang ngeluncurinnya adalah Kopi Kangen yang berada di bawah naungan PT. Karya Generasi Millenial. Beroperasi pada Februari 2019, sekarang Kopi Kangen udah punya banyak cabang salah satunya di Semarang, Jambi, Surabaya, sampek Bali juga ada. Ngeluarin varian baru dengan nama Kangen Dimanjah, minuman ini perpaduan dari cokelat premium, susu segar sama tolak angin. Kenapa namanya kayak gitu? Karena bahan-bahan yang dipakek buat bikin minumannya ini ada sensasi hangatnya, jadinya kehangatan yang ada ini bikin orang pengen dimanja gitu lho.

tak hanya
Buat pecinta kopi sama durian bakalan suka banget sih |Source: https://budaya-indonesia.org/

Minuman yang satu ini emang diperuntukkan buat orang-orang yang suka durian sama kopi. Bener-bener surga dunia banget dah. Bisa ditemukan di Medan, Kalimantan dan Aceh, kopi hitam ini digabung sama buah durian tapi ada juga yang digabung sama ekstrak durian asli. Karena bahan dan buatnya yang gampang, kalian bisa bikin sendiri di rumah kok. Tinggal seduh kopi, masukin gula dan durian, aduk-aduk, saring bila perlu biar makin enak pas diminum.

tak hanya
Kopi jossss |Source: https://www.exploringindonesia.com/

Yang ini namanya Kopi Joss, asalnya dari Yogyakarta. Karena ini emang udah ada dari lama banget, jadi nggak heran yang tau nggak cuman warga Indonesia tapi sampek mancanegara. Kopi ini dibuat dengan cara tradisional, biji kopinya ini didatengin langsung dari Jawa Tengah (seperti Merapi, Klaten dan daerah lainnya), disangrai pakek wajan tanah liat abis itu ditumbuk sampek halus.

Pas udah jadi bubuk, dicampurin sama air kayak nyeduh kopi pada umumnya. Tapi yang bikin unik adalah arang yang masih panas langsung dimasukin gitu aja ke kopi. Saking panasnya, kopi tadi bakalan kayak ada letupan-letupannya gitu. Nggak sembarang, arang ini juga ada manfaatnya buat kesehatan kayak meredakan perut kembung dan masuk angin, menawar racun (kecuali sianida, alkohol dan litium), sama membersihkan saluran pencernaan.

tak hanya
Seger banget kayaknya ya |Source: https://majalah.ottencoffee.co.id/

Campuran kopi sama air kelapa juga ada nih. Udah mulai umum dikonsumsi, minuman yang satu ini udah mulai hadir di menu-menu yang ada di kedai kopi. Rasa kopi yang bold dan strong dicampur sama air kelapa yang nyegerin emang cocok banget nemenin diri di waktu senggang. Punya banyak khasiat  (yang berasal dari air kelapa) seperti mencegah dehidrasi dan melancarkan sistem pencernaan. Berarti tak hanya arang, air kelapa juga bagus banget buat pencernaan.

*Seketika ngerutin kening |Source: https://resepharian.co/

Terakhir, ada campuran kopi dengan kecap dan yang satu lagi dengan bunga. Kopi dengan kecap ini punya rasa yang enak dan manis. Ditambah es lagi kan, makin seger pas masuk ke tenggorokan. Nggak semata-mata nambahin kecap, kopi ini juga ditambahin susu biar makin enak. Buat campuran kopi sama bunga ini dinamain Rose Latte Coffee. Sesuai namanya, kopi ini ada campuran bunga mawarnya. Entah bunganya direbus atau didiamkan beberapa waktu dalam air hangat, jadi nggak cuman dijadiin garnish tapi emang bahan baku untuk bikin minumannya.

Ada rasa mawar-mawarnya gitu |Source: https://www.liputan6.com/

Gimana brooo? Pengen nyobak yang mana nih? Karena jamannya terus berkembang, udah pasti tak hanya fashion maupun lifestyle tapi minumannya juga udah makin berkembang nih. Tetap konsumsi secara tidak berlebihan ya, selamat mencoba~

Comments

comments