Bali memang nggak pernah kehabisan pesona. Mengunjungi Bali, kamu bakalan butuh waktu yang nggak sebentar buat tinggal dan menikmati setiap jengkal dari keindahannya. Denger kata Bali, mungkin yang muncul di benak kamu itu adalah Pantai Kuta, Pantai Sanur, atau mungkin Pantai Legian. Kalau Pantai Tanjung Benoa gimana? Biar kamu tau aja nih, Pantai Benoa sebenernya nggak kalah terkenal kalau dibandingkan ...

Berkunjung ke Bali nggak lengkap deh rasanya kalau nggak mengunjungi kawasan Ubud, Gianyar. Ubud ini udah terkenal bangetsebagai pusat tarian dan kerajinan tradisional khas Bali. Bahkan, Ubud dianggap sebagai salah satu kawasan populer di Bali dengan segala potensi wisata yang dimilikinya. Siapa nih yang dari Ubud? Semenjak tahun 1930-an, Ubud udah terkenal sebagai tempat wisata di pulau Bali. By the ...

“Hmm PPKM lagi, PPKM lagi.” Hai, capek yah? Sama aku juga. “Kok kata-katanya kayak nggak asing ya, Mz?” Udah nggak usah dipikirin, Mz ada rekomendasi yang sabi banget nih. “Apaan Mz?” Berakhir pada akhir Juli, gimana kalau kita sunset-an ke tempat-tempat yang bakal Mz spill abis ini setelah PPKM berakhir? Dijamin pas mampir bikin hati adem dan lupa pernah kekurung ...

Siapa sih yang nggak tau layang-layang? Dari bocil sampek sekarang pasti bawaannya pengen melayangan terus kan, bahkan ini udah dilakuin turun temurun dari jaman kakek nenek kita. Nggak hanya sekedar hiburan, layang-layang ini erat kaitannya sama Rare Angon yang jadi pelopor pertama kali. Rare Angon juga dianggap manifestasi Dewa Siwa yang sungguh berjasa. Dahlah, langsung bahas aja kita! Melayangan yang ...

Duh siapa nih yang setiap ditanya “mau jalan-jalan kemana?”, jawabnya ke Bedugul terus? Baah ini dah nggak pernah ngeh sama tempat wisata cantik lainnya, padahal setiap penjuru Bali ada destinasi wisatanya tau. Nggak cuman Bedugul, masih ada Patung Garuda Wisnu Kencana, Taman Jinja bahkan Gili Putih Sumberkima. “Eh yang terakhir kayaknya pernah denger tuh.” Wih mantap, bahas bareng-bareng sabi kali ...

Galungan telah tiba~ Galungan telah tiba~ Horeee, horeee. horeee~ “Eh, kayaknya nggak gitu deh lagunya, Mz.” Oh salah ya? Ya nggak apa-apa dah, sekali-sekali biar beda gitu kan. Karena Galungan tinggal menghitung hari, berarti kan libur tuh, pasti pengen dong abis sembahyang melali kemana gitu kan. Nah, ada nih beberapa tempat wisata yang sabi banget kalian datengin pas hari Rabu ...

Biar jalan-jalannya berfaedah juga guys, sambil belajar sejarah gitu kan. Sebenernya di setiap daerah pasti ada museum, cuman Mz bahas yang ada di Denpasar aja yak. Semoga bermanfaat dah, let’s go! Museum Bung Karno yang Ada di Denpasar Museum Bung Karno ini ada juga di Blitar, Jawa Timur. Bahkan, nggak cuman di Denpasar, ada juga di Tampaksiring, Gianyar. Museum ini ...

5 September 2018 kemarin, nilai tukar Rupiah ke USD melemah ke angka Rp 14,979. Wih, dikit lagi Rp 15,000 tuh. Naiknya USD ini memjadi pemberitaan besar dan menjadi issue yang hot di media-media mainstream di Indonesia. Bukan cuma media saja yang memanfaatkan momen ini, para pelaku politik juga dong pastinya. Salahnya si ini lah, salahnya si itu lah, pokoknya saling ...

Mz kira air terjun di Bali sudah habis Mz bahas semua, eh ternyata masih banyak air terjun yang masih luput dari pantauan Mz. Salah satu air terjun tersebut adalah Aling-aling Waterfall atau air terjun aling-aling yang berlokasi di kawasan Singaraja. Kalau disuruh membandingkan antara air terjun ini dengan air terjun lainnya yang ada di Singaraja, Mz rasa nggak adil deh. ...

Entah kenapa bangunan-bangunan tua ataupun bangunan yang terabaikan itu selalu di gossipin tentang hal-hal yang berbau mistis. Contoh deh kayak Bangunan PI Bedugul yang sudah terabaikan pembangunannya selama bertahun-tahun dan kini katanya menjadi tempat untuk makhluk astral. Selain PI Bedugul, ada tempat lain lagi? Setelah mencari-cari, akhirnya Mz menemukan salah satu tempat yang katanya minyempan banyak misteri dan keangkeran di ...