“Nah lho, ini apaan lagi dah?” Nggak tau, Mz juga bingung guys. Kok bisa gitu lho ada berita yang bilang Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) rencananya mau ngilangin mapel Sejarah. Ini nggak beneran kan? Beneran Nih Mapel Sejarah Mau Dihilangkan? Mz tau kok, mapel Sejarah di SMA emang jadi mapel yang bikin selalu ngelus dada. Materinya yang banyak, panjang lagi ...

Kalau kamu nanyak begituan ke Sun Goku, dia pasti bakal bilang, “Jawabnya ada di ujung langit, kita ke sana dengan seorang anak, anak yang tangkas dan juga pemberani.” Apa mau kamu dapet jawaban kayak gitu? Tentu tidak dong ya. Tradisi Ngelawang memang cuma bisa kamu kamu lihat saat perayaan Hari Suci Galungan dan Kuningan. Selama perayaan itu kamu akan melihat ...

Sebagai negara bekas jajahan, wajar saja kalau banyak hal berupa peninggalan sejarah yang ditinggalkan oleh para penjajah dulu sebelum akhirnya pahlawan kita mampu mengusir penjajah tersebut. Penjajahan ini bukan cuma terjadi di satu tempat atau daerah, tapi di berbagai daerah. Dan Bali salah satunya. Sebagai bukti penjajahan, ada salah satu peninggalan tentara Jepang di masa Perang Dunia II. Namanya Goa ...

Patung Bayi yang duduk bersila di simpang tiga Jalan Raya Sakah, Desa Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati, Gianyar ini sudah ada sejak 20-an tahun yang lalu. Dulu, waktu Mz kecil pas lewat sini Mz dikasi tau kalau malam-malam saat purnama setelah jam 11 malam, patung ini nangis gitu. Nangisnya kalem, cuma meteskan air mata aja kok, nggak sampai gerong-gerong drama gitu. Kalau ...

Tanah Lot ini emang punya daya tarik tersendiri. Keunikan Puranya, keindahan tempat wisatanya, sampai dengan mitos-mitos yang beredar dari tempat ini. Pernah denger keberadaan ular suci di Pura Tanah Lot? Kabarnya ular ini bisa mengabulkan permintaan kamu lho. Menurut warga disana sih, pas kamu nyentuh ularnya sambil memohon sesuatu gitu nantinya bakalan terkabul. Ada pawangnya kok, jadi kamu nggak usah takut ...

“Museum Nasional, bikin traveling-mu pasti berkesan dan penuh edukasi” Masih nuansa kemerdekaan nih, ada yang mau memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus selain upacara bendera? Nih, Mz ngasi referensi biar ada referensi jalan-jalan pas Hari Kemerdekaan. Jalan-jalan ke museum kayaknya menarik juga nih, apalagi bareng keluarga atau pacar. Kalo bareng pacar, wajib nih, caper biar kamu dikira anaknya berwawasan. Nih, salah ...

Mumpung lagi hawa-hawa Hari Pahlawan, Mz mau ngasi informasi nih tentang komunitas unik di Indonesia, para pencinta sejarah yang bernama KHI (Komunitas Historia Indonesia). KHI atau Komunitas Historia Indonensia ini adalah organisasi nirlaba-independen (sukarela) yang bergerak dalam bidang sejarah, kebudayaan, pendidikan dan pariwisata. Awalnya kebentuknya karena makin banyaknya anak muda penganut aliran “yang lalu biarlah berlalu”, atau “ah, udah lewat ...