Desa Seraya, Karangasem memiliki sebuah Pura yang benar-benar unik nih. Sebuah Pura bernaman Pura Bhur Bwah Swah menjadi  kawasan suci sebagai perlambang tiga dunia yang terletak di sebuah bukit kembar (jangan jorok ya) di bagian utara Karangasem. Tempat ini memang kelihatan terisolasi sih, karena agak jauh dari daerah perkotaan. Namun apa yang menarik dari Pura ini ya? Padahal untuk mencapai tempat ...

Masih ada beberapa tradisi kuno di Bali yang dikaitkan dengan kejayaan Kerajaan Bali pada masa lalu. Kenapa ya sampai sekarang masih tetap dilestarikan? Ini yang bikin Bali itu beda dan karena setianya masyarakat Bali dulu untuk tetap melestarikan kebudayaan yang telah menjadi kebiasaan sebagai wujud bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala kemakmuran yang telah diberikan, hingga masyarakat Bali ...

Tradisi Ngelawang memang cuman bisa kamu kamu lihat saat peyaraan Hari Suci Galungan dan Kuningan. Selama perayaan itu kamu akan melihat gimana serunya Barong Bangkung yang ditarikan sama anak-anak kecil dari rumah satu ke rumah yang lain. Setelah menari mereka akan diberikan upah oleh tuan rumah sebagai ucapan terima kasih telah memberkati rumahnya agar tetap aman dari energi negatif. Namun, ...

Istilah Sukla Brahmacari mungkin sekarang sangat jarang terdengung ditelinga para remaja dijaman milenial ini. Namanya juga pemahaman jaman dulu, di mana jaman dulu fokus kebahagiaan orang itu lebih kepada mengabdi jiwa raganya kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa. Sekarang kan kebahagiaan bisa diukur dengan materi duniawi lewat gaya hidup serba glamour dan hypebeast. Santai namanya juga ...

Bermain layangan sudah pati akan selalu ditunggu-tunggu di Bali. Ini menjadi sebuah kenangan terindah saat kamu berada di Bali. Berbagai festival layang-layang di Bali akan bikin kamu betah banget melihat berbagai ukuran layang-layang raksasa mewarnai langit biru di Bali. Bermain layangan sungguh menyenangkan saat musim layangan sudah tiba. Tapi mengapa bermain layang-layang justru lebih mengasikan ketimbang saat kamu sudah dewasa? ...

Tari-tari di Bali emang banyak ragamnya, tetapi ada beberapa tari yang boleh dikomersilkan dan ada tarian yang dikhususkan sebagai pengiring dalam sebuah upacara di Bali. Kalau lebih sederhananya sih ada tarian sakral dan tidak sakral atau sebagai hiburan saja. Namun setiap gerakannya sudah pasti memiliki makna tersendiri yang mewakili filosofi hidup manusia di Bali. Seperti pada artikel Mz sebelumnya sih, ...

Sekarang ada yang pernah bilang kalau masa kecil adalah masa yang indah? Palingan generasi 90-an aja yang bilang kalau masa kecil adalah masa yang indah. Anak 90-an emang merupakan sebuah masa peralihan dari jaman yang penuh dengan kejadulan menjadi jaman modern. Rasa persahabatan jaman dulu beda banget dengan jaman sekarang. Gimana rasanya pulang sekolah langsung diajak ke rental PS1 untuk ...

Kalau bahas Galungan emang banyak sih, sampai-sampai ada sejarah ceritanya lho, di mana sosok penguasa Bali, Maya Denawa yang kabarnya berhasil dikalahkan Dewa Indra akibat tidak melaksanakan ajaran Dharma semasa hidupnya. Apakah benar demikian? Ini hanyalah mitos dan cuman sebagai gambaran agar kamu bisa menjadi lebih baik kedepannya. Ternyata ada versi lain yang menyebutkan kalau bukan seperti itu sosok Beliau ...

Selamat Hari Raya Galungan buat semeton Mz yang beragama Hindu di Bali ya. Semoga semuanya dapat menikmati perayaan dari Hari Raya Galungan ini. Seperti yang kamu ketahui saat Galungan, umat Hindu di Bali lagi sibuk-sibuknya nih menyiapkan perayaannya, seperti sarana upacara hingga belanja buah-buahan ke Mall atau pasar tradisional. Ada sesuatu yang menarik nih pas menyambut Hari Suci Galungan dan ini ...

Namanya bola itu bundar ya, jadi kita tidak tahu siapa yang bakalan menang. Datang ke Samarinda dengan penuh bangga melawan Borneo FC, Bali United akhirnya mengakui keunggulan tim tuan rumah dengan skor 2-0. Kekalahan ini menjadi hutang Bali United untuk bisa meningkatkan peforma lagi pertandingan selanjutnya. Padahal awal-awal tim Serdadu Tridatu mendapatkan peluang emas lewat tendangan Yandi Sofian, namun masih ...