Mz balik lagi nih dengan rekomendasi tempat wisata yang terletak di Karangasem. Masih dalam suasana Galungan, harus banget nih melipir ke Bukit Nampo. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk sudah pasti akan memanjakan dirimu di tengah liburan hari raya. Yuk, kita langsung kepoin saja. Bukit Nampo Karangasem, Surga yang Harus Dikunjungi Sering disebut dengan Bukit Surga, bukit ini terletak ...

Merayakan hari raya Galungan dan Kuningan nggak hanya pasang penjor di depan rumah lho! Ada banyak kegiatan yang biasa dilakukan dan ditemui sepanjang perayaan ini, contohnya Tradisi Ngelawang. Tradisi ini masih dilakukan hingga saat ini oleh orang dewasa hingga anak-anak. Penasaran seperti apa? Kepoin sampai bawah ya! Apa Itu Ngelawang? Ngelawang adalah ritual yang dilakukan untuk mengusir hal-hal negatif. Jadi, ...

Rahajeng Rahina Tumpek Landep, Semeton! Kali ini Mz mau bahas makna dibalik rahina tersebut. Yakin Mz, pasti kalian tahunya cuman upacara buat besi-besi gitu ‘kan, biar makin paham simak penjelasan Mz abis ini ya. Tumpek Landep dan Makna Dibaliknya Jatuh pada hari Saniscara (Sabtu) Kliwon Wuku Landep, rahina ini diperingati setiap 210 hari atau enam bulan sekali. Kata Tumpek ini ...

Wih udah mau hari raya aja nih.”Eh? Emangnya hari raya apa, Mz? Kapan?” Lah? Besok tuh Tumpek Wayang guys, harusnya kalian udah persiapan dari sekarang. “Persiapan apaan, Mz?” Hmm, yaudah Mz bakal kasik tau sekalian bahas mitologi dibaliknya yak. Check it out! Tumpek Wayang, Hari Raya Apa Sih? Ini kita awali dengan pengertiannya yak. Tumpek Wayang adalah hari raya yang ...

Agama melarang adanya perpecahan, bukan perbedaan. Gus Dur Masbrooo : Mih, jeg demen ajan Mz ngae artikel ane ne. Be nyak gagah asane sing? (Mih, seneng sekali Mz buat artikel yang ini. Udah gagah rasanya nggak?) Timpal Masbrooo : Apane gagah, Mz? (Apanya yang gagah, Mz?) Masbrooo : To quote ne gagah ajan. (Itu, quotenya keren li) Timpal Masbrooo : Men nu sebates quote gen ...

Banyak yang mungkin belum tau kalau sekarang (6/12) adalah Kajeng Kliwon. “De mulih/pesu peteng-peteng, nak kajeng kliwon jani” kalimat ini sering Mz denger dari para orang tua ke anak atau cucunya.Emangnya kenapa sih keluar pada saat Kajeng Kliwon? Trus selain haru tersebut boleh pulang/pergi malem-malem gitu? Coba terawang, mungkin dengan pemaparan Mz yang the best (kata mamak Mz) ini bisa ...

Siwaratri merupakan salah satu perayaan bagi umat Hindu di Bali yang jatuh tiap 1 tahun sekali. Malam Siwaratri ini tercipta dari sebuah cerita Lubdhaka yang secara tidak langsung melakukan tapa semalaman di atas pohon. Saat itu Lubdhaka lagi ketakukan dan kebingungan, karena lagi dikejar sama hewan buas, makanya semalaman Lubdhaka ga berani pulang dan memilih untuk begadang disana. Saat di ...

Kids jaman now pada tau tumpek wayang? Pasti tau dong ya, Mz percaya kok sama kalian. Ya mungkin memang nggak tau maksud atau arti dari hari raya ini, tapi paling enggak kamu sembahyang ke Pura saat hari raya ini berlangsung. Buat nambahin ilmu pengetahuan kamu nih, Tumpek Wayang ini merupakan salah satu hari raya suci umat Hindu yang dirayakan setiap ...

Udah pada tahu kan kalau Hari Raya Saraswati yang jatuh pada Saniscaya Umanis Wuku Watugunung pada kalender Bali ini akan berbarengan dengan Hari Raya Nyepi di tahun 2018 nanti? Mz rasa hampir semua udah pada tahu, banyak juga kan media yang membahas fenomena yang bisa dibilang langka ini. Yang jadi pertanyaan adalah, gimana dong cara kita untuk merayakan Hari Raya ...

Udah tahu belum? Pasti belum tahu info panas nih soal Hari Raya Kuningan. Pastinya bermanfaat banget buat kamu yang selama ini belum paham soal Hari Raya Kuningan. Ternyata Hari Raya Kuningan ada sesuatu yang menarik, di mana jadwal sembahyangnya sampai jam 12 siang aja. Wow kok gitu? Info dari Input Bali mengenai waktu persembahyangan pada Hari Raya Kuningan, Bhagawan Dwija ...