Sudah Sepakat, Endek Bali Akan Hadir di Koleksi Terbarunya Christian Dior

Sebenernya Mz udah tau sih dari lama, nggak heran juga kalau endek Bali jadi sasaran empuk buat jadi bahan utama dalam karya-karya selanjunya Christian Dior. Kalian pasti tau kan Christian Dior? Brand fashion yang udah terkenal di seluruh dunia dan kualitasnya emang nggak kaleng-kaleng. Kabarnya udah sepakat nih guys, bahkan langsung di tanda tanganin sama Bapak Gubernur I Wayan Koster. Wow!

endek bali
Duh bagus beuud |Source: https://idxchannel.com/

Sudah Resmi Bekerja Sama

endek bali
Nah ini |Source: https://www.beautynesia.id/

Sepakat bekerja sama pada tanggal 8 Januari 2021, pernyataan Kehendak (Letter of Intent/LOI) ini ditandatangi secara virtual alis online meeting sama Senior Vice President General Counsel untuk Christian Dior Couture S.A, Marie Champey yang lagi di Paris sedangkan Bapak Gubernur Bali, I Wayan Koster di Bali. Ya gara-gara pandemi jadinya cuman bisa sapa-sapaan secara online aja, kalau bisa offline nggak kebayang deh meriahnya kayak gimana. Sebelumnya udah pernah nih ditampilin pas Paris Fashion Week 2020 yang diadain tanggal 29 September 2020. Terus yang ditampilin ada 86 desain koleksi buat edisi Summer/Spring 2021.

Nggak cuman Bapak I Wayan Koster atau kita aja yang seneng, Duta Besar RI Paris, Arrmanatha Christiawan Nasir juga senengnya bukan main. Gimana nggak, di masa pandemi kayak gini kan apa-apa serba susah ya, nah ini bisa jadi kesempatan buat pengrajin maupun umkm kain tenun buat terus berkembang. Beliau berharap lewat LOI ini bisa ngebuka kesempatan lain yang nggak kalah membanggakannya.

endek bali
Pas lagi bikin sketsa nih |Source: https://www.fimela.com/

Fyi aja nih guys, brandnya ini emang diambil dari nama pendirinya langsung, ya siapa lagi kalau bukan Christian Dior (21 Januari 1905-23 Oktober 1957). Beliau ini seorang fashion designer, lahir dan besar di Perancis. Sebenernya dari awal beliau nggak langsung terjun ke dunia seni tuh, tapi ke dunia politik. Orang tuanya pengen beliau jadi diplomat, tapi mungkin karena kurang sreg gitu kan, kurang bergairah gitu ya. Akhirnya, setelah 5 tahun ngabisin waktu belajarnya di dunia tersebut, beliau memutuskan buat pindah haluan ke dunia seni.

Manis pahit udah beliau lewatin di dunia ini bor, di tahun 1946 tepatnya pada 8 Desember, Christian Dior ngebuka rumah busana alias butik pertamanya. Biaya pembangunan butiknya nih dibantuin sama pebisnis kaya raya bernama Marcel Boussac dan di Februari 1947, keluarlah koleksi pertamanya yang terkenal dengan nama Corolle atau the New Look (dicetuskan oleh Carmel Snow).

endek bali
Ini nih si Christian Dior |Source: https://www.dior.com/

Masih Ada yang Lain Kok Selain Kain Endek Bali

endek bali
From this |Source: https://nimadesriandani.wordpress.com/

Semua orang pasti udah tau kan sama kainnya nih, bisa dibilang emang paling terkenalnya lah gitu kain yang satu ini. Sebenernya Mz mau ngasik tau beberapa kain yang nggak kalah populer selain kain endek Bali biar kalian tau juga kan. Biar nanti kalau ditanyak sama temen luar daerah atau negara bisa jawab gitu.

Nah yang pertama ada kain songket. Kain ini bisa ditemuin di luar daerah Bali kok kayak Sumatera, Kalimantan sampek Sulawesi. Punya motif dan warna yang bervariasi, kain songket ditenun dengan menggunakan benang emas dan perak, buat bahan lainnya juga makek sutra dan kapas.

Yang lainnya ada kain gringsing, kain yang terlama dalam pembuatan dan paling mahal. Gimana nggak lama, penenun merluin waktu 2-5 tahun cuman ngebuat kainnya ini. Beuuh lama banget yak. Kain gringsing dipakek cuman pas ada acara adat gitu kayak potong gigi atau metatah dan pernikahan. Pokoknya dipercaya bisa ngelindungin yang makek dari segala bencana dan marabahaya gitu lho, jadi ada magis-magisnya gitu. Btw, kain gringsing ini asalnya dari Desa Tenganan, Karangasem.

endek bali
To this |Source: https://svarga.news/

Ada juga nih kain yang ada magis-magisnya, namanya kain kling. Kain ini juga sama kayak kain gringsing, cuman dipakek buat upacara adat aja. Kayaknya bisa dipakek buat kegiatan lain juga deh, tapi emang paling banyak yang makek kainnya nih buat acara suci. Kalau kain prada biasanya buat kegiatan persembahyangan atau tari, kainnya nih cantik banget guys ada warna emasnya gitu. Ya motifnya hampir sama kayak endek, tapi kadang polos juga.

Terus ada kain cepuk yang biasanya warna dasarnya merah. Berasal dari Nusa Penida, Klungkung, kain cepuk ini juga dipercaya bisa melindungi si pemakai dari marabahaya dan rintangan yang ada. Punya banyak jenis, kain cepuk menyimpan simbol-simbol warna penjuru mata angin kayak warna hitam (Dewa Wisnu di utara), merah (Dewa Brahma di selatan), kuning (Dewa Mahadewa di barat), putih (Dewa Iswara di timur) dan manca warna alis campuran seluruh warna (Dewa Siwa di tengah).

Sebenernya ada banyak kain-kain yang ada di Bali, tapi Mz cuman sebutin beberapa aja yak, sisanya kalian cari tau sendiri dah. Balik lagi ke Christian Dior, Mz nggak sabar nih buat liat koleksi selanjutnya yang bakal dibuat dari endek Bali. Kira-kira bakal kayak apa ya? Harusnya tetep bagus dan cantik sih, secara dari kain dan yang bakal ngerancang fashionnya emang berkuliatas banget kan. Yaudah deh, matur suksma!

Comments

comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com