Siobak Singaraja yang Selalu Bisa Bikin Kangen

Siobak SIngaraja

Hallo, apa salah satu dari kalian ada yang asalnya dari Singaraja? Ajak Mz main ke sana dong. Sudah berapa purnama terlewati Mz nggak sempet berkunjung ke mantan Ibu Kota Provinsi Bali ini.

Dikenal dengan kota yang panas, entah dari cuaca dan tensi dari warganya (ini sih stigma ya), Singaraja memiliki “santet” yang kuat untuk menarik orang agar selalu datang ke sini, jadi kangen terus gitu lo. Obatnya ya emang harus dateng ke sini, dan langsung mencicipi makanan khasnya.

Memang, beberapa atau bahkan semua makanan yang ngangenin ini udah tersebar ke seluruh wilayah Bali. Di Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan, Klungkung, Karangasem, Negara, Mz rasa menyediakan varian makanan ini, tapi ya menurut Mz beda aja gitu rasanya. Enjoying regional specialties directly in the area will get an authentic experience . Bener gitu bahasa Inggrisnya ya? wkwk

Yang Paling Bikin Kangen sih Siobak Singaraja

Kuliner yang berbahan dasar daging babi ini sudah sangat dikenal diseluruh Bali. Seperti yang Mz bilang tadi, walaupun ada di berbagai daerah, cuma cita rasa originalnya tep Singaraja pokoknya. Kuliner ini memang sangat erat kaitannya dengan keberadaan warga Cina yang berada di Singaraja.

Siobak Singaraja ini punya ciri khas pada bumbunya yang ketal. Kayak bumbum lumpia sih, cuma bumbu siobak itu lebih kuat pada rasa manis dan kaya sama rempah-rempahnya. Rempah-rempah yang dipakai biasanya itu ada cengkeh, kayu manis, bawang putih, lada, gula merah dan yang paling penting harus ada tauco-nya.

Loading...
via seringjalan.com

Tiap tempat sih beda-beda harganya. Mulai dari 10.000 Rupiah sampai dengan 40.000 Rupiah kamu udah bisa nikmatin seporsi Siobak yang berisi jeroan, daging babi, kerupuk kulit babi dan acar. Isiin nasi dikit, isiin potongan cabe ijo dikit, trus makan pas lagi anget. Jeg jaen ne!

Tipat Blayag, Kuliner Tradisional Singaraja yang Menggoda

via ticmpu.com

Ini juga nggak kalah bikin ngiler. Sekilas kuliner ini memang mirip kayak lontong pecel atau gado-gado. Tapi Blayag Singaraja punya cita rasa yang beda soalnya kuliner ini nggak pakai bumbu kacang tapi kuah kuning yang sering disebut kuah ayam nyat-nyat.

Kebanyakan ketupat itu dibuat dari daun kelapa, nah di Singaraja ketupatnya dibuat menggunakan daun enau atau aren. Daunnya dipilih yang muda-muda, biar apa? Biar rasanya lebih nikmat terus jadi lebih gampang buatnya

Di dalam satu porsi Blayag, kamu akan menemukan potongan ketupat, sayuran seperti tauge dan bayam (urap sayuran), ayam sisit dan kacang tanah atau kedelai yang udah digoreng, trus kuah ayam nyat-nyat. Biar lebih bersyukur hidup, tambahin toping telur rebus, bawang goreng, sama remah peyek. Ahhhhhh ~

Duh, yuk Singaraja yuk? Udah pengen banget ni makan Siobak.

Comments

comments

Masbrooo
Majalah anak muda Bali yg berdiri sejak bosan duduk. Media informasi yg ngga garing meski digoreng. Kami serius melayani ketidakseriusan kalian. :*