Tahun 2018 Kamu Bakal Ngerasain Sensasi Nyepi yang Beda

2428
views
hari raya nyepi

Hari Raya Nyepi biasanya umat Hindu di Bali ga ada ngapa-ngapain alias diem di rumah aja. Hari Raya Nyepi biasanya masyarakat berkesempatan untuk istirahat dan memang konsep dari Nyepi itu adalah memberikan waktu istirahat untuk Bhuana Agung (alam semesta) dan Bhuana Alit (manusia). Ga hanya itu, Hari Raya Nyepi juga bentuk penyucian terhadap kedua hal tersebut. Makanya cuman di Bali aja kamu bisa lihat seluruh pusat pemerintahan, bandara, hingga tempat belanja tutup pas Hari Raya Nyepi.

Pas Nyepi kamu ga boleh berpergian, bersenang-senang, berjudi, hingga menghidupkan lampu atau listrik. Karena itu aturan yang udah diterapkan bertahun-tahun, namun gimana jadinya kalau pas Hari Raya Nyepi berbarengan dengan Hari Raya Saraswati? Ini udah pasti bikin agak pusing, soalnya baru-baru kali ini ada fenomena langka kayak beginian di Bali.

Hari Raya Nyepi dan Saraswati berbarengan? Kok bisa?

hari raya nyepi
Kamu bakalan lihat yang beginian waktu H-1 Hari Raya Nyepi | Sumber: thejurnalstory

Dapet kabar dari Bali Tribun, nanti pas Nyepi di tahun 2018 mendatang, kamu semua bakalan merayakan juga Hari Raya Saraswati. Terus gimana nih cara ngerayainnya? Tetep tenang pokoknya, soalnya Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali, Prof Dr I Gusti Ngurah Sudiana jika ada upacara yadnya, dan piodalan yang berbarengan dengan Nyepi, maka upacara yadnya dan piodalan itu tetap dilaksanakan namun harus sudah selesai pada pukul 06.00 Wita.

Baca juga:  GenBI Bali, Lebih dari Sekedar Generasi Baru Indonesia

Wah pagi banget tu harus selesai upacaranya dan bisa jadi kamu ga bakalan tidur deh jadinya. Tapi ini masih dalam diskusi, siapa tahu ada perubahan sedikit soal perayaan hari Raya Saraswatinya. Ketua Majelis Utama Desa Pakrama (MUDP) Jro Gede Suwena Putu Upadesa aja belum bisa ngasih kabar apa-apa soal fenomena ini. Jadi, kamu tetap tenang ya, jugaan masih jauh Hari Raya Nyepinya.

Hari Raya Nyepi bertemu dengan Hari Raya Saraswati tanpa disengaja

hari raya nyepi
Semoga aja bisa tetap nerayain Hari Saraswati | Sumber: metrobali.com

Mungkin emang udah takdirnya sih antara Nyepi dan Saraswai bakalan ketemu dan itu semua udah berdasarkan perhitungan ilmu pengalantaka kalender Bali. Jadi, Mereka yang menguasai ilmu kalender ini, akan bisa menentukan kapan Tilem berbarengan dengan sebuah hari raya itu terjadi.

Baca juga:  Begini Maksud Dibalik Seleksi Pemain Bali United Elite Academy

Wow amazing banget dan kabarnya lagi, kalo Hari Raya Pagerwesi juga ikutan berbarengan saat Hari Raya Nyepi pada 19 Maret 2064. Pastinya hal ini masih dibicarain terkait pelaksanaannya. Semoga umat Hindu tetep bisa merayain Hari Raya Nyepi dan Hari Raya Saraswati, walau berbarengan.

Sekarang tergantung dari seberapa tingkat toleransi kamu aja sih dan Tuhan bakalan mengerti keadaan yang kamu alami saat itu. Intinya semua bakalan indah pada waktunya.

Nah, kalo masih ingin kepo bisa juga baca Kegiatan umat Hindu pas Hari Raya Deepawali 

Comments

comments