Setelah PPKM Berakhir, Sunset-an Disini Kuy!

“Hmm PPKM lagi, PPKM lagi.” Hai, capek yah? Sama aku juga. “Kok kata-katanya kayak nggak asing ya, Mz?” Udah nggak usah dipikirin, Mz ada rekomendasi yang sabi banget nih. “Apaan Mz?” Berakhir pada akhir Juli, gimana kalau kita sunset-an ke tempat-tempat yang bakal Mz spill abis ini setelah PPKM berakhir? Dijamin pas mampir bikin hati adem dan lupa pernah kekurung di rumah berminggu-minggu, eh. “Cepet, Mz! Spill the tea! Cepet!”.

Sering terjadi |Source: https://ahseeit.com/

Pantai Tegal Wangi, Dreamland dan Kelan di Badung

Kalau ini dari atas tebing, dibawahnya ada pantainya |Source: http://www.wisataoke.com/

Spill yang pertama kita mulai dari Pantai Tegal Wangi. Pantai ini terletak di Jimbaran dengan tebing yang cukup tinggi dan curam. Pas kalian dateng kesini, otomatis dateng dari atasnya alias di tebing. Jadi kalau misalnya kalian mau ke pantainya harus turun pakai tangga (terbuat dari tebing juga) dan harus ekstra hati-hati biar nggak jatuh. Nontonin sunset dari tebing udah bagus banget brooo, apalagi dari pantainya. Kalau udah mulai petang pastiin naik lagi yak ke atas, jangan gelap-gelapan di pantai! Bahaya!

Cocok dah ini jadi tempat merenung |Source: https://wisatabagus.com/

Pantai Dreamland ini letaknya di Pecatu. Bisa dibilang pantainya ini kecil, tapi sabi banget buat ngabisin waktu dengan surfing ataupun bengong-bengong manja. Punya air yang biru dan pasir yang putih cocok banget dijadiin tempat foto-foto. Pantai ini juga jadi salah satu pantai yang terkenal di kalangan turis, ya karena bisa dateng buat surfing tadi.

setelah ppkm
Sampek malem jeg gass aja |Source: https://www.putrama.co.id/

Sesuai namanya, Pantai Kelan ini letaknya di Kelan. Untuk jarak dari Pecatu, Jimbaran dan Kelan itu lumayan jauh masbrooo. Jadi kalau emang pengen sunset-an di Badung pilih salah satu aja yak, jangan maksa datangin semuanya. Pantai ini juga punya kecantikannya tersendiri, nggak hanya ngandelin sunset, disini kalian juga bisa nontonin pesawat lagi terbang atau mendarat soalnya bersebelahan sama Bandara Ngurah Rai. Ada banyak juga kapal-kapal pengangkut ikan yang dipakai para nelayan karena mereka juga tinggalnya nggak jauh dari Pantai Kelan.

Pura Luhur Uluwatu, Ulun Danu Beratan dan Tanah Lot

Pasti dah mulai mupeng nih |Source: https://pewefeed.com/

Sunset-an di Pura Luhur Uluwatu emang kurang lengkap rasanya kalau nggak nonton Tari Kecak. Terletak di Pecatu, Badung, Pura Luhur Uluwatu juga punya monyet-monyet yang super aktif. Disaranin pas kesini harus esktra hati-hati dan jangan bawa barang-barang yang menarik perhatian mereka. Oh iya, jangan ngasik makan mereka sembarangan ya!

Dateng dan buktikan sendiri yak |Source: https://www.hargatiket.net/

Pura Ulun Danu Beratan ini letaknya di Candikuning, Beratan, Tabanan. Karena letaknya di tengah Danau Beratan itulah yang bikin puranya punya kecantikan tersendiri. Punya pohon-pohon yang serba hijau, disini bisa dibilang punya suhu yang lumayan dingin. Jangan ragu kalau mau berkunjung pas siang ya, cantiknya nggak bakal luntur sampek sunsetnya keliatan. Datang dan buktikan sendiri dah kalau nggak percaya!

Sambil ngemil sabi kayaknya nih, dinner apalagi |Source: https://www.tripadvisor.co.id/

Emang ya Pura Tanah Lot itu cantiknya nggak bakal lekang oleh waktu. Berdiri kokoh di tengah laut, Pura Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kediri, Tabanan. Kalau kalian cuman mau sunset-an, cari tempat yang sesuai dan lengkapi dengan makanan yang enak yak. Kayaknya sambil ngemil apalagi bawa bekel buat dinner sabi banget deh. Dan kalau air lautnya lagi pasang, please untuk nggak maksa naik ke puranya. Sekali lagi, bahaya!

Bukit Asah di Karangasem yang Setelah PPKM Bisa Kamu Datangi Untuk Camping

Jangankan pas sunset, dari pagi sampek siang sabi banget kesini |Source: https://www.brobali.com/

Karangasem juga punya jagoannya nih, si Bukit Asah. Terletak di Desa Bugbug, Bukit Asah menyajikan dataran tinggi yang penuh dengan rumput hijau. Pemandangan alam dari laut dan bukit juga makin bikin diri nggak tahan buat datang. Disini kalian bisa camping, udah dapet tenda dan perlengkapan lainnya. Tenang, ada kamar mandi yang memadai juga kok, jadi nggak bakal ada cerita nggak bisa mandi sampek berhari-hari. Masalah low battery dan charger pun juga bisa ditangani karena ada aliran listriknya juga, intinya camping disini nggak ribet dan aman. Karena ini notabenenya kalian bakal nginep, sempetin waktu untuk nonton sunrise dan sunset sekalian yak. Biar pulang-pulang ada cerita nontonin keindahan alam dari pagi sampek sore.

Yang ini pas udah sunset |Soource: https://wedangkopiprambanan.com/

Setelah PPKM Berakhir, Kunjungi Nusa Penida dan Lembongan Juga Nggak Masalah Kok!

Crystal Bay Beach di Nusa Penida |Source: https://theworldtravelguy.com/

Jangan lupakan Nusa Lembongan dan Penida yang cantiknya nggak ketulungan. Di Nusa Penida sendiri, Mz ada dua rekomendasi yang bisa kalian datengin. Crystal Bay Beach ini nyajiin pemandangan pasir dan air yang jernih serta tentunya menenangkan hati. Cukup mudah diakses, pantai ini sering banget dijadiin buat tempat snorkeling dan scuba diving. Katanya airnya itu jernih dan bening banget kayak kristal guys, hal inilah yang ngebikin pantainya terkenal di kalangan wisatawan. Punya ratusan anak tangga, pastiin kalian makek alas kaki yang nyaman dan nggak licin yak.

Broken Beach alias Pasih Uug |Source: https://hisbaliblog.wordpress.com/

Pasih Uug kalau dalam Bahasa Indonesia artinya pantai yang hancur, maksudnya ada objek yang keliatan nggak utuh, makanya dalam Bahasa Inggris disebut Broken Beach. Untungnya aja nggak broken heart yak, eh. Tebing yang bolong di tengahnya ini berdiri di atas air laut yang birunya bikin mata ini nggak kedip. Belum lagi pemandangan langitnya yang seakan bikin Pasih Uug nggak bisa untuk nggak dikunjungi. Karena pantainya ini termasuk tersembunyi, disarankan untuk naik sepeda motor untuk sampai ke tujuan. Bisa aja sih naik mobil, cuman kalian harus rela jalan agak jauh karena akses masuk ke pantainya agak kecil dan sempit.

Perpaduan air dan langit yang awesome |Source: https://www.locationscout.net/

Berlanjut ke Nusa Lembongan, ada Blue Lagoon yang cantiknya nggak kalah sama broken beach-nya Nusa Penida. Punya tebing tinggi, air super biru putih yang didukung sama langit yang cerah, pasir dan batu karangnya pun seolah bikin blue lagoon ngehipnotis kita untuk nggak kedip selama beberapa detik. Sebenernya letak spesifiknya ini di Nusa Ceningan, itu daerah di Nusa Lembongan yang nyediain beberapa wisata cantik. Kalau gitu, jangan ragu buat nyari tau dan ngunjungin tempat yang lain yak.

Kalau ombaknya lagi gede, hati-hati yak |Source: http://www.asweroam.com/

Terakhir, ada Devil’s Tears. Sesuai namanya, tempat wisata yang satu ini emang agak nyeremin brooo. Kenapa? Karena ombaknya yang keras dan batu karang yang curam bikin kamu harus ekstra hati-hati. Kalau kamu udah mutusin buat kesini, kamu harus rela kalau pakaian yang udah ribet disiapin dari jauh-jauh hari bakal basah kuyup. Jangan anggap remeh lho, ombaknya yang keras pas ngehantam batu karang itu bisa sampek ngenain kalian walaupun jarak kalian dan ombaknya ini agak berjauhan. Kalau bisa Mz saranin, pakek pakaian yang nyaman dan alas kaki yang nggak gampang copot. Dan juga kalau udah mulai petang jangan lama-lama disini ya, karena akses jalan dan ombaknya yang berbahaya itu mengharuskan kita kembali selagi kondisi masih terang.

Gimana spillnya? Udah berhasil bikin rasa haus kalian akan tempat sunset-an sedikit menghilang, kan? Tetep inget ya guys, keselamatan adalah nomor satu! Selalu pastiin yang kalian bawa dan gunakan itu aman dan nyaman digunakan. Sebagian besar tempat wisata yang Mz sebutin itu punya spot-spot bahaya dengan dataran tinggi dan ombak yang besar, makanya harus pastiin diri kalian siap dan sehat. Dah yak, bye-bye!

Comments

comments