Hal-Hal Seputar Gunung Agung yang Masih Dipercayai Sampai Sekarang

351
views
seputar gunung agung

Sebelum meletus, Gunung Agung memang selalu menjadi spot menarik bagi para pendaki. Untuk sekarang, tahan dulu deh nafsu mendakinya. Kamu tau sendiri kan kini Gunung Agung sudah mengalami erupsi yang benar-benar bikin warga Karangasem menjadi resah.

Gimana nggak resah, dalam seminggu terakhir Gunung yang merupakan salah satu Gunung Api di Indonesia yang sampai saat ini masih aktif ini udah mengalami yang namanya erupsi sebanyak 3 kali.

Di luar dari erupsi Gunung Agung yang telah terjadi baru-baru ini, ada sesuatu yang menarik nih seputar Gunung Agung yang sampai sekarang masih dipercaya sama masyarakat di Bali.

Saat mendaki dilarang untuk menggunakan pakaian warna hijau dan merah

seputar bali
Jangan dilanggar ya, biar kamu aman | Sumber gambar: okezone

Kalau warna hijau sih, sudah pasti identik dengan Kanjeng Ratu Kidul, penguasa pantai selatan.  Sedangkan warna merah ini merupakan warna kesukaan dari penunggu Gunung Agung. Terus apa hubungannya? Masyarakat Bali mempercayai kalau gunung dan laut ibarat sepasang suami dan istri.

Nah, kalau kamu memakai pakaian dengan salah satu warna itu, sudah pasti kamu akan hilang soalnya warna itu warna kesukaan penunggu-penunggu di sana.

Baca juga:  Begini Ternyata Asal Mula Terciptanya Gunung Agung Di Bali

Selama perjalanan bisa ketemu dengan kera berwarna putih

seputar gunung agung
Jangan ngendah ya sama kera putih disini

Memang masih menjadi misteri soal penampakan kera putih di Gunung Agung. Kalau kamu ngeliat kera ini turun gunung, itu pertanda akan adanya sebuah marabahaya dari Gunung Agung. Masyarakat setempat mempercayai kalau kera ini sebagai utusan dari penguasa Gunung Agung.

Saat mendaki harus membawa makanan berjumlah genap

seputar gunung agung
Jangan sampai ganjil ya | Sumber gambar: cadventura

Kalau mendaki ke Gunung Agung, kamu harus membawa bekal makanan yang jumlahnya harus genap. Kalau nasi dihitungnya perbutir nih? Tenang aja jumlah keseluruhan kok, misalnya nasi berapa bungkus, nasi berapa kotak dan air berapa botol. Kemudian semua itu dijumlahin dan jumlahnya harus genap. Kalau sampai jumlah makananmu ganjil katanya sih bakalan mengundang makhluk halus untuk gangguin kamu.

Dilarang membawa daging sapi

seputar gunung agung
Simpan di rumah aja dulu | Sumber gambar: happyfresh

Gunung Agung dianggap suci dan dalam ajaran agama Hindu sapi adalah hewan yang disucikan. Makanya saat ke sini kamu sangat dilarang membawa sesuatu yang berhubungan dengan sapi. Ini masalah kepercayaan dari dulu, jadi buat para pendaki diharapkan agar selalu menghormati aturan yang berlaku di Gunung Agung.

Baca juga:  Waspada! Beberapa Peristiwa Menarik Soal Erupsi Gunung Agung

Kesempatan bertemu anjing gunung yang ramah

seputar gunung agung
Pasti dianterin | Sumber gambar: wartakota

Kamu nggak perlu takut tersesat saat mendaki Gunung Agung karena ada segerombolan anjing gunung yang siap menuntun kamu sampai ke puncak. Ini memang nggak masuk di akal sih sebenarnya mengingat anjing-anjing ini bukan anjing milik warga setempat, melainkan hanya jenis anjing liar. Namun mereka sangat ramah kepada sama para pendaki.

Tertarik untuk mendaki Gunung Agung? Silahkan siapkan dirimu, tetapi habis selesai masa erupsinya ya, karena kamu nggak mungkin diijinin untuk mendaki ke sana sekarang.

Comments

comments