Satwa Asli dari Bali Nggak Cuman Penyu Kok, Padahal Masih Ada Jalak Bali dan Jelarang Hitam

Kita kan taunya penyu doang nih sebagai satwa asli dari Bali, ternyata masih ada lagi guys. Beneran deh, berasa malu nih dari Bali tapi nggak tau satwa aslinya ada apa aja. Cobak dicek bareng-bareng aja dah.

Satwa Bali
Mz juga mau dong foto sama penyunya |Source: https://weblogtheworld.com

Kebanyakan Taunya Cuma Penyu

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Pelepasan Tukik di Pantai Berawa, semoga semuanya selamat dilaut🙏 . Informasi dari @dianatasmania Via @infobadung . #denpasarnow

Sebuah kiriman dibagikan oleh Seputar Informasi dan Hiburan (@denpasarnow) pada

Pas Mz nonton videonya nih, ada rasa seneng gitu. Ngeliat tukik-tukik kecil dilepas dan berharap bisa nerusin generasi selanjutnya tuh bikin hati adem gitu lho. Tapi tiba-tiba ada sekelebat pikiran yang bikin Mz auto nge-freeze nih. “Masa taunya cuman itu doang sih? Nggak ada niatan buat tau yang lain gitu?” Hmmm:(

Padahal Masih Ada Satwa Asli Lain

Satwa Bali
Iih buwung apa tuh? |Source: https://omkicau.com

Burung Jalak Bali nih punya nama lain guys, jadi biasanya lebih dikenal dengan sebutan Burung Curik. Gimana gimana? Udah auto keinget lagu curik-curik semental alang-alang nggak nih?

Pertama kali ditemukan pada tahun 1910, si Jalak Bali punya nama ilmiah nih Leucopsar rothschildi yang dicetus sama Walter Rothschild. Btw si doi seorang pakar hewan berkebangsaan Inggris, jadi pas tahun 1912 si doi nih jadi orang pertama yang nge-deskripsiin spesies ini ke dunia pengetahuan. Waah keren yak.

Satwa Bali
Ini kayaknya betina deh |Source: http://gomumu.blogspot.com

Warna bulunya emang putih bersih gitu guys, terus bakal ada warna itemnya gitu di ujung bulu sayap dan ekornya. Sekitar matanya juga ada ada warna biru tua, paruhnya tuh runcing terus ada warna kuning kecoklatannya gitu.

Buat tau yang mana jantan dan betina, kalau jantan punya jambul gitu lho. Jambulnya panjang dan ada beberapa helai bulu yang warnanya putih bersih. Duuh cantik banget dah pokoknya, sedangkan betina ukurannya lebih ramping dan pastinya nggak punya jambul. Tapi sayangnya burung Jalak Bali udah mulai langka nih katanya, yaah:(

Satwa Bali
Nah ini si menjangan, tanduknya mantul nih |Source: https://referensionlineku.blogspot.com

Menjangan itu sebutan lain dari rusa, kalau yang jantan punya tanduk yang kayak tulang gitu. Mungkin dari kita kayak jarang ya liat menjangan nih, tapi setau Mz sih mereka ada di suatu pulau gitu guys nama Pulau Menjangan.

Mungkin karena kakinya panjang gitu ya, terus mereka ramping juga tuh jadinya bikin mereka auto lincah. Larinya cepet gitu. Yang bikin mereka makin cantik nih gara-gara ada dots-dots (titik-titik) putih di badannya. Oh ya mereka itu mamalia pemamah biak guys, memamah biak itu artinya kalau makan harus ngunyah berkali-kali. Abis itu bakal disimpen di tenggorokannya gitu kayak ada kantongnya gitu lho.

Nah makanan yang udah masuk ke tenggorokannya itu bakal balik lagi ke mulut dan dikunyah lagi, makanya mereka nggak pernah bisa berhenti ngunyah. Iya, sama kan kayak sapi.

Satwa Bali
Bajing alias jelarang |Source: https://www.dictio.id

Ini pasti jarang ditemuin sama kalian nih, kayak tupai tapi kok gede banget gitu ya. Warnanya juga item legam, sama ada perpaduan kuning orange gitu di sekitar dagu, dada dan tangannya. Yang paling mantep sih kumisnya itu, panjang banget. Namanya bajing guys, ada juga yang nyebutnya jelarang. Karena warnanya item, ya dinamain jelarang hitam.

Mz nggak tau bisa ngeliat jelarang item di Bali dimana, cuman katanya bisa temui di hutan-hutan Asia tropis dan subtropis kayak India sampek bagian selatan China dan wilayah barat Indonesia. Btw hampir mirip kayak Sniper di kartun Dora and The Explorer. Itu lho yang jadi pencuri, cuman itu kan rubah yak.

Satwa Asli
Yang di kanan santai aja dong liatnya |Source: http://www.id.baliglory.com

Sebenernya tiap wilayah pasti punya monyet, cuman kalau diliat-liat kayaknya monyet di Bali itu beda deh. Dari panjang ekornya, bentuk jambulnya, bulunya sama mukanya gitu dah. Iya kan, beda kan?

Monyet asli Bali bisa ditemuin di tempat wisata kayak Alas Kedaton, dari yang masih bujang sampek bawa anak. Kalau kalian mau foto gitu minta bantuan guide ya atau orang yang berpengalaman, takutnya hape atau kamera kalian malah dibawa kabur. Kan auto lemes ya kalau ada barang yang kita bawa itu ilang, ilangnya dibawa kabur monyet lagi, duh.

Pokoknya gitu dah guys. Ini baru beberapa dari banyaknya satwa asli Bali nih, kalau kalian ada tambahan bisa komen di bawah yak. Mz tunggu~

Comments

comments