Sambal Khas Bali Ini Selalu Bikin Kamu Makan Terus

314
views
sambal khas bali

Makan di Bali tidak akan pernah berasa puas tanpa nyobain beberapa sambal khas Bali yang rasanya begitu unik dan pastinya pedas (namanya juga sambal). Bumbu khas Bali aja udah bikin pedas, apalagi ditambah sambal Bali, sudah pasti bikin mulut kamu “Huu…haah” terus. Meskipun demikian, setelah nyobain sambal Bali ini, justru nafsu makan kamu semakin menjadi-jadi.

Emang gitu efek samping setelah kamu nyobain sambal bikinan orang Bali dan berikut beberapa sambal khas Bali yang paling sering dikonsumsi sama orang Bali.

Sambal Matah khas Bali udah pasti ketagihan

sambal khas bali
Pedes dan seger | Sumber gambar: kapanlagi

Kalau jenis sambal ini sudah tidak diragukan lagi rasanya. Irisan daun bawang, sereh, dan potongan sambal itu dicampur jadi satu kemudian disirami minyak kelapa. Jangan lupa tambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar menambah rasa asam pada sambal. Sambal ini paling cocok disajikan bersama ikan bakar. Jadi pengen nih kuliner Ikan Bakar.

Sambal Embe yang selalu ngangenin

sambal khas bali
Paling enak nih buat sarapan pagi | Sumber gambar: kapanlagi

Meskipun sambal ini tidak sepopuler sambal matah, tetapi Sambal Embe selalu bisa dijadikan rekomendasi sebagai pendamping makanan kamu, seperti lawar atau nasi campur khas Bali. Sambal ini bahan-bahannya hampir sama sih dengan Sambal Matah, cuman bedanya ini dicampur dengan terasi, kemudian digoreng deh.

Sambal Plecing yang pas buat apa aja

sambal khas bali
Sambal Plecing selalu bikin semangat makan lagi

Selain bikin rasa Plecing Kangkung jadi enak banget, Sambal Plecing ternyata bisa juga lho ditemenin sama ayam dan ikan bakar. Sambal ini pun pedasnya juga tidak tanggung dan sontak bikin air liur kamu keluar dengan otomatis kalau lihat sambal ini didepan mata kamu.

Kira-kira dari ketiga jenis sambal ini, mana favorit kamu? Pastinya sangat sulit memilih ya, karena ketiganya ini memang benar-benar enak dan pedas.

Comments

comments