Salah Nggak Sih Minum Alkohol di Pantai?

Ada nih postingan yang bikin Mz agak gimana gitu ya, dari komen postingannya juga banyak yang nggak setuju. Kayak “Emang sejak kapan nggak boleh minum-minum di pantai?”, “Sejak kapan Morgan itu whisky?” dan lainnya. Terus yang bikin greget nih, kan Pak Koster udah legal-in arak jadi orang-orang ngerasa apa yang salah sih dari minum alkohol.

Minum Pantai
Iyaiyaiyaya |Source: https://economy.okezone.com

Berawal Dari Postingan Facebook

Awalnya di post sama akun fb De Karank, eh sekarang udah nyebar aja tuh ke semua medsos. Mz taunya dari akun instagramnya @jeg.bali dan facebook infotabanan, jadi ada satu video yang nampilin orang lagi ngumpul gitu di Pantai Kuta. Nah si bapak alias yang lagi ngerekam nih dateng sambil nanyak-nanyak gitu, bahkan terang-terangan bilang minum alkohol disana bisa ngerusak lingkungan.

Bukannya semeton berpihak sama bapaknya tapi malah menyayangkan tindakannya. “Lah kok gitu Mz?” Karena ya merasa nggak ada masalah gitu buat minum alkohol asalkan nggak ngerugiin orang lain dan cukup umur. Sebenernya Mz masih gagal paham sih sama niat bapaknya.

Sejak Kapan Minum di Pantai Nyalahin Aturan?

Moment paling epic-nya adalah pas ada salah satu komen yang bilang “sejak kapan minum di pantai nyalahin aturan?”. Sebenernya, mau minum di klub kek, di pantai kek di rumah kek ya emang harus inget-ingetang awak (inget diri). Jadi bukan masalah tempatnya aja tapi kelakuan orangnya pas udah minum alkohol itu lho yang lebih penting.

Minum Pantai
Lokal punya |Source: www.dw.com

Pariwisata di Bali kan udah dibuka, nerima wisatawan juga lagi pelan-pelan kan nih. Pas udah ada yang dateng, terus pergi ke pantai buat minum karena niat hati mau ngerayain ultah kan bebas aja yak asalkan masih mematuhi protokol kesehatan. Cewek yang ada di video itu merasa dirinya disalahin banget, makanya dia terus nanyak dan ngejawab si bapak yang ngerekam.

Perbedaan Whisky dan Rum

Pas nyorot minuman alkoholnya si bapaknya bilang itu whisky, padahal Captain Morgan itu bukan whisky tapi rum. Nggak semua minuman beralkohol bisa dibilang whisky ya, kan masih ada jenis yang lain kayak vodka, champagne, arak dan lainnya.

Minum Pantai
Ini nih si Morgan |Source: https://id.carousell.com

Emang sih Whisky sama Rum itu ngelewatin proses pematangan yang sama dengan cara disimpen gitu didalem tong kayu, tapi kan tetep aja beda. Kalau whisky tuh asalnya dari Republik Irlandia dan Skotlandia, kalau menurut Mbah Google sih bahan bakunya ada jelai (sejenis serelia, padi-padian), mal, gandum hitam (a.k.a Rye), gandum sama jagung. Terus rasanya ada manis, pahit sama rasa buah gitu.

Minum Pantai
Nah ini baru whisky |Source: thehoneycombers.com

Rum asalnya agak nggak jelas nih, katanya sih dari Pulau Barbados (negara kepualuan yang terletak di perbatasan Negara Karibia dan Samudra Atlantik, tapi ada yang bilang dari India Barat. Bahan bakunya dari fermentasi gula gitu, rasanya manis-manis gitu kali ya.

Mengenal Arak Bali Yang Memang Asli Bali

Minum Pantai
Sans cuman hiasan |Source: www.duniamalam88.com

Ngomong-ngomong tentang minum di Bali nih, sebenernya udah ada legalisasi arak di Bali. Yang ngelegalin pun pak Koster melalui Peraturan Gubernur No 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali. Jadi kayak Arak, Brem Bali sama Tuak itu udah legal, maksud Pak Koster ngelegalin tuh karena ini jadi ladang pemasukan buat warga Bali soalnya kan ini minuman fermentasi khas Bali jadi udah pastilah banyak yang nyari.

Biar nggak kepo bisa ditonton aja dah videonya tentang pembuatan arak, asli! Perjuangan banget.

Balik lagi nih ke persepsi masing-masing, kalau menurut kamu gimana?

Comments

comments