Saat Itu Hingga Kini di Pura Besakih

285
views
Pura Besakih
Photo by LUKAS FITRIA ADI SETIAWAN on Unsplash

Pura Besakih merupakan salah satu pura terbesar yang ada di Bali. Pura ini terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Bali. Kamu pernah nggak ke Besakih? Pastinya pernah dong kesana, apalagi kamu Orang Bali.

Berdasarkan info yang Mz dapet, komplek Pura Besakih terdiri dari, 1 Pura pusat, (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping. Asal kamu tahu di Pura Besakih inilah katanya tempat awal Rsi Markendeya menerima wahyu dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa.

Asal kamu tau, diantara Pura-Pura di Besakih, Pura Penataran Agunglah yang menjadi Pura terbesar dengan jumlah Pelinggih paling banyak dibandingkan pura yang berada di komplek Besakih.

Di Pura Penataran Agung ini terdapat 3 Candi Utama yang menjadi simbol dari stana Dewa Tri Murti, yakni Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa. Ketiga Dewa ini merupakan simbol umat Hindu sebagai perlambangan Dewa Pencipta alam semesta, di mana ketiga Dewa ini sebagai Pencipta, Pemelihara, dan pelebur pastinya.

Pura ini ternyata udah masuk dalam warisan dunia UNIESCO sejak tahun 1995 dan dalam perkembangannya Pura Besakih terus mengalami peremajaan khususnya pada bangunan tanpa mengurangi makna dari Pura itu sendiri.

Pura Besakih Tahun 1972

Ini di mananya ya? Pic from wdeod.com

Ini yang di depan menuju Penataran Agung. Pic from wdeod.com
Ini yang lebih di depan.
Pic from wdeod.com

Pura Besakih Tahun 2000-an

Di foto dari atas nich.
Photo by BernieCB
Coba tebak Mz ada di mana?
Photo by mari.francille
Pura Besakih
Ini di mananya je ya?
Photo by Juan Antonio Segal

Sebenernya masih ada banyak lagi foto-fotonya, tapi ya bisa kamu cari sendiri lah di internet foto-fotonya. Kalau boleh Mz berpesan, kalau kamu ke Besakih tolong jaga kondisi Puranya. Sederhana aja deh, buang sampah di tempat sampah biar tetep bagus suasana Puranya. Oce?

Comments

comments