Rayakan Hari Raya Saraswati Sebelum Jam 6 Pagi

528
views

Udah pada tahu kan kalau Hari Raya Saraswati yang jatuh pada Saniscaya Umanis Wuku Watugunung pada kalender Bali ini akan berbarengan dengan Hari Raya Nyepi di tahun 2018 nanti?

Mz rasa hampir semua udah pada tahu, banyak juga kan media yang membahas fenomena yang bisa dibilang langka ini.

Yang jadi pertanyaan adalah, gimana dong cara kita untuk merayakan Hari Raya Saraswati yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi ini? Kalau pas Hari Raya Nyepi kan ada Catur Brata yang merupakan empat pantangan yang harus dijalankan saat melaksanakan Hari Raya Nyepi, yaitu Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang).

Baca juga:  Nongkrong Sama Teman Ga Harus Gosip Doang
Hari Raya Saraswati
Gimana caranya yak? Source: giphy.com

Tenang, terkait hal ini pihak Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali udah menggelar Pasamuhan Madya II (2/12/12) yang khusus membahas tentang fenomena langka ini.

Dan dari hasil Pasamuhan ini diputuskan, Hari Raya Saraswati tetap dilaksanakan pada hari Sabtu (saat Hari Raya Nyepi), tapi sebelum jam 06.00 WITA. Pagi-pagi gitu deh merayakan Saraswatinya. Pokoknya setelah jam 06.00 WITA udah nggak ada suara genta, dupa, maupun kegiatan-kegiatan lain. Pure Nyepi, Brooo!

Hari Raya Saraswati
Sembahyang dirumah, Brooo. Source: katamutiarabijak.info

Untuk keesokan harinya, pada saat Banyu Pinaruh yang merupakan rangkaian dari Hari Raya Saraswati yang biasanya umat pada melukat ke sumber mata air atau pantai untuk membersihkan diri pada jam 04.00 WITA – 06.00 WITA, bisa dilakukan setelah pukul 06.00 WITA.

Baca juga:  Clara Listya Dewi, Cewek Cantik yang Penuh Pengabdian
Hari Raya saraswati
Kamu biasanya me-banyu pinaruh-an dimana? Source: guliangkangin.or.id

Oh, gituuuu. Gimana? Sekarang udah nggak bingung lagi dong terkait fenomena dimana Hari Raya Saraswati yang berbarengan dengan Hari Raya Nyepi ini. Semoga bisa membantu ya hehe…

Comments

comments