Pura Mobil, Bukti Eksistensi Kendaraan “Mobil” di Alam Niskala

846
views
Pura Mobil
Image: Ikuti Langkah Kaki

Saat ini, kendaraan (khususnya mobil) sudah menjadi sebuah keperluan bagi umat manusia dengan mobilitas yang tinggi. Biasa, manusia jaman sekarang (mungkin jaman dulu juga) udah pada sibuk banget. Entah itu emang karna sibuk, atau sok sibuk.

Perlu bukan berarti harus punya. Sekarang, hanya dengan sebuah aplikasi kamu udah berasa punya mobil pribadi lengkap dengan sopirnya. Enak, kan?

Wih, enak dapet driver cewek.
Photo by kevin laminto on Unsplash

Kamu tahu nggak, mobil nggak cuma ada di Bumi tau. Mobil juga ada di alam Niskala. Stop! Jangan berpikiran kalau Mz membohongi kamu. Mz serius.

Bukti dari eksistensi Mobil di alam Niskala adalah Pura Paluang di Nusa Penida. Kalau nama kerennya sih Pura Mobil. Pernah denger? Pernah nangkil ke sana?

Pura Mobil ini memang unik banget, dari 13 Pelinggih yang ada, 2 diantaranya berbentuk Mobil. Mobilnya keren-keren lagi, bentuk VW Beatle dan Jimmy.

Jangan dinaikin mobilnya itu ya.
Image: Traveling Yuk

Informasi yang Mz dapet dari Kintamani.id, konon, dulunya ada seorang warga Karang Dawa yang ingin membuka lahan perkebunan di sini, tapi saat proses pengerjaannya terdapat sebuah bongkahan batu karang besar yang susah banget mindahinnya. Lalu ada sebuah petunjuk niskala untuk mendirikan sebuah pelinggih di tempat itu yang berada di atas bukit karang dan bersebelahan dengan jurang yang sangat curam.

Seiring berjalannya waktu, ada pawisik Ida yang melinggih di pura tersebut yaitu Ratu Gede Sakti Hyang Mami meminta agar masyarakat setempat membuatkan pelinggih mobil karena beliau di alam niskala memiliki kendaraan berupa mobil.

Kisah Mistis di Pura Mobil

Menurut cerita, saat malam hari warga setempat sering mendengar suara deru dan klakson mobil dengan sinar terang dan kecepatan tinggi menuju arah barat laut. Namun, deru itu hanya sepintas saja dan sudah tidak tampak lagi kemana perginya. Pelinggih mobil ini diceritakan sudah ada sejak 300 tahun yang lalu. Udah lama banget ya.

Seperti Pura-Pura pada umumnya, kamu dilarang keras melakukan hal yang tydak-tydak di sini, misalnya nggak ngomong kotor dan tidak terpuji. Selain itu dalam ber-fesyen kamu juga harus sopan.

Di Pura Mobil ini terdapat bentuk patung-patung kuno yang sangat aneh. Ada yang hanya tinggal kepalanya aja, atau hanya badan aja. Tapi itu bisa dimaklumi soalnya terkikis oleh alam. Dan ada penyengker pura dengan luas 50 are yang sering dikunjungi kera. Anehnya, kera tersebut tidak pernah terlihat masuk hingga ke pelataran pura.

Selain patung, ada goa tepat di bawah pura. Jangan coba-coba masuk ya ke goa ini, nggak sembarang pengunjung yang diizinkan masuk. Di dalam Goa ini terdapat seperangkat gamelan gong yang dibentuk menggunakan batu padas. Selain gong batu, juga ada patung orang yang sedang memegang gamelan layaknya sedang memainkannya. Ditambah lokasi goa yang tertutup semak dan pepohonan menambah seram suasana di dalamnya.

Comments

comments