Pura Lempuyang, Pura yang Cantik nan Megah di Amlapura

Buat umat Hindu pasti sudah nggak asing dengan pura yang satu ini. Letaknya nggak jauh dari Pura Besakih, Pura Lempuyang juga menyuguhkan pemandangan Gunung Agung dari kejauhan. Terkenal dengan anak tangganya, pura ini menjadi salah satu pura tercantik nan megah yang berdiri di tanah Bali.

pura lempuyang
Tangganya berasa kayak di Pura Besakih ya ]Source: https://www.jalanmelali.com/

Punya Hampir 2000 Anak Tangga

pura lempuyang
Gaya foto yang identik dengan Pura Lempuyang |Source: http://www.wisataoke.com/

Pura yang dibangun oleh Rsi Markandeya pasa abad ke-8 ini letaknya di Bali Timur yakni Karangasem alias Amlapura. Nggak berjauhan kok sama Pura Besakih (btw yang bikin Rsi Markandeya juga), makanya pemandangan Gunung Agungnya paling mendominasi. Pura ini berada di ketinggin 1.175 meter di atas permukaan laut.

Pura Lempuyang ini terdiri dari tujuh pura guys yakni Pura Penataran Agung, Pura Telaga Mas, Pura Telaga Sawang, Pura Lempuyang Madya, Pura Pucak Bibis, Pura Pasar Agung dan Pura Lempuyang Luhur. Dari pura ke dua ke pura ke tiga, kalian harus rela naik beratus-ratus anak tangga. Kalau ditotalin nih ya, hampir dua ribu anak tangga akan kalian lewati untuk sembahyang ke tujuh pura tersebut. Oh ya, Pura Penataran Agung itu adalah spot yang paling sering dijadiin tempat foto para wisatawan. Pernah ‘kan lihat foto di Pura Lempuyang yang ada gapura putih tinggi yang mengapit pemandangan Gunung Agung? Nah disinilah momen itu diambil. Ada julukannya nih, gate of heaven alias gerbang surga.

Baca juga:  Yang Sabar ya, Kita Pasti Bisa Lewatin Ini Kok!
Loading...
pura lempuyang
Alon-alon, semeton! |Source: https://tatkala.co/

Pura Lempuyang Jadi Tempat Berstananya Dewa Iswara

pura lempuyang
Suasana saat mebakti |Source: https://www.nativeindonesia.com/

Didominasi warna putih, pura ini menjadi tempat berstananya Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan manifestasinya Dewa Iswara atau Sang Hyang Geni Jaya sebagai penguasa arah timur dimana arah matahari terbit. Lempu artinya cahaya atau sinar, sedangkan yang diambil dari Hyang Widhi. Jadi kalau diartiin menjadi sinar Tuhan yang terang benderang. Oh ya, Pura Lempuyang jadi pura tertua dan paling awal didirikan di Bali.

Buat yang belum pernah nangkil kesini, sempetin kesini ya. At least, kalian pernah kesini sekali lah. Lebih juga boleh-boleh saja, anggap olahraga juga, sehat rohani dan jasmani jadinya.

Comments

comments

Hinda Nova
Thanks for being here. Keep doing awesome and see you again!