Punya Cita Rasa Gurih, Makanan Khas Bali Ini Layak Kamu Coba

rasa gurih

Nggak hanya tempat wisata, Bali juga punya beragam makanan khas yang punya cita rasa gurih. Pastinya bikin kamu ketagihan dan ngidam gara-gara kepikiran terus, eh. Selain lawar dan sate lilit, intip makanan khas Bali yang bisa kamu cobain di bawah ini yuk!

Bebek Bengil

Si dirty duck |Source: https://foodle.pro/

Makanan yang punya cita rasa gurih ini asalnya dari Ubud, Gianyar. Ada sebutan unik nih yaitu dirty duck alias bebek kotor gara-gara warnanya yang gelap kecoklatan. Pembuatannya ini diawali dengan proses rebus selama 3 sampai 4 jam, kemudian dilanjutkan dengan proses perendaman bumbu hingga benar-benar meresap. Tahu nggak berapa lama? 12 jam!
Setelah ngelewatin kedua proses tadi, baru deh digoreng sampai renyah hingga ke tulang.

Tipat Cantok

Buat yang suka bumbu kacang, apalagi yang pedas-pedas sabi makan tipat cantok. Cantok itu artinya diulek, jadi tipatnya bakal dicampur sama bumbu yang sudah diulek. Tekstur bumbunya yang rada kasar bikin tipat dan tambahan sayur kayak tauge, kacang panjang, kangkung makin terasa lebih nikmat. Biar makin segar, bisa ditambah jeruk limo. Tambah kerupuk sabi saja kok biar makin komplit.

Bubur Mengguh

Persis kayak bubur ayam biasa sih |Source: https://depostbali.com/

Bubur ini sebelas dua belas sama bubur ayam, cuman beda isian sama cara masaknya saja yang beda. Makanan yang berasal dari Buleleng ini dimasak dengan campuran santan dan suwiran ayam kuah yang pedas dan kacang. Tambah sayur juga kadang-kadang. Asli! Buat menu sarapan bakal nikmat banget nih.

Baca juga:  Hah? Penerima Vaksin Covid-19 Diberi Tahu Lewat SMS?

Nasi Tepeng

Telur isi sambal bikin visualnya makin menggoda |Source: https://putratravel.net/

Kalau Buleleng punya bubur mengguh, Gianyar punya nasi tepeng. Nasinya dimasak dengan santan, makanya rasanya agak mirip-mirip nasi uduk. Bumbu rempah-rempahnya memberikan rasa gurih dan pedas. Ini juga ditambah dengan sajian sayur nangka, kacang-kacangan, dan lauk pauk di atas alas daun pisang.

Sudang Lepet dan Tum Ayam

Dari foto saja sudah kelihatan renyahnya |Source: https://www.facebook.com/denpasarviral

Sudang lepet asalnya juga dari Buleleng. Olahan ikan asin ini memang paling nikmat kalau ditambah nasi hangat. Untuk ngolahnya cukup mudah kok, awalnya dibersihkan dulu terus dipukul-pukul sampai tipis. Nantinya dijemur dan kalau sudah kering total bakal dipanggang menggunakan bara api biar hasilnya makin awet. Jangan lupa nambahin sambal matah biar rasa asin pedasnya makin menyatu.

Tinggal nambahin nasi hangat saja nih |Source: https://ihategreenjello.com/

Memang ya makanan dari olahan ayam itu nikmatnya tiada tara. Buat yang sering makan nasi campur khas Bali, pasti sudah nggak asing dengan tum ayam. Tum ini bentuknya kayak pepes, tapi beda cara masak sama bumbu saja. Bahan-bahan dapur yang dibutuhkan kayak bawang, cabe, jahe, kunyit, lengkuas, kemiri dan kencur yang akan dihaluskan dan ditumis bentar saja bareng ayamnya. Kalau sudah setengah matang, nanti dibungkus kecil-kecil pakai daun pisang terus dikukus sampai matang. Sebenarnya nggak hanya ayam, tum ini bisa menggunakan ati ampela, daging sapi maupun babi.

Baca juga:  Asik, Ubud Bali Nggak Bakalan Macet Lagi

Dari keenam makanan di atas, yang mana nih paling menggugah selera kalian?

Comments

comments

Hinda Nova
Thanks for being here. Keep doing awesome and see you again!