Produk Industri Kreatif Bali, Bukti Warga Bali Kian Kreatif Ciptakan Produk Dalam Negeri

Meningkatnya kualitas produk dalam negeri saat ini patut kita apresiasi. Dengan begini, produk kita pun tak kalah baik dengan produk luar negeri. Apalagi di zaman sekarang sudah berbasis digital, tentu ini memudahkan industri kreatif untuk membranding serta melebarkan sayapnya di pangsa ekspor. Berikut produk industri kreatif Bali yang secara tidak langsung menghidupkan kembali perekonomian Bali dan membuktikan betapa kreatifnya warga kita.

Cokelat Bali

Ada beragam jenis cokelat |Source: https://food.grab.com

Junglegold Bali awalnya bernama Pod Chocolate dan pertama kali membuat cokelat pada tahun 2010. Cokelat premium ini hadir berkat kerja sama petani Bali dan tangan kreatif orang-orang Junglegold Bali. Ada beragam varian cokelat yang bisa kamu coba seperti coconut, caramel crunch, cookies and cream, peppermint, orange, dan masih banyak lagi. Bagi pecinta dark chocolate, kamu bisa mencoba cokelat dengan 64%, 80% bahkan 100% cacao.

Kemasannya keren nih |Source: https://www.theyakmag.com/

Terletak di Desa Jasri, Karangasem, Sorga Coklat Bali menawarkan produk dark chocolate super lezat yang tentunya menggunakan bahan-bahan organik. Ada beragam varian cokelat yang bisa kamu coba seperti sea salt, salty cashew, rambutan, dan masih banyak lagi. Oh ya, ada juga varian cokelat dengan perpaduan kopi seperti espresso, kopi Bali, wild luwak bahkan ada juga ginger crunch, sorga dried mango, sorga dried rambutan hingga sorga Bali cacao nibs. Nggak perlu khawatir, produk ini dipatok dari harga 65 ribu hingga 100 ribu lebih.

Sehat Segar Herbal Drink

Harus coba supaya tahu rasanya |Source: https://www.facebook.com/SEHAT-SEGAR-Herbal-Drink

Kamu pecinta cokelat? Pecinta jahe juga? Maka produk yang satu ini tercipta untukmu. Bali Ginger Coklat Herbal Drink adalah minuman herbal dengan perpaduan coklat dan jahe yang mampu hangatkan tenggorokan dan tubuh. Selain itu, Sehat Segar Herbal Drink (SeSe) juga menawarkan beragam minuman tanpa pengawet dan pemanis buatan yang kaya akan khasiat serta tentunya menyehatkan. Berdiri sejak tahun 2011, SeSe memiliki beragam varian minuman seperti Bali temulawak herbal drink, Bali ginger powder, Bali ginger candy, Bali curcumin powder dan lainnya. Dengan harga yang terjangkau dan rasa yang enak, no more bitter herbal drink!

Garam Amed Bali

Garam andalan warga Amed |Source: https://maritim.go.id/

Pasti sudah nggak asing dengan Garam Amed ‘kan? Diproduksi di Pantai Amed, Karangasem, garam ini murni hasil kerja keras warga Amed. Mudah larut dan berkualitas sangat baik, tentunya produk ini akan memberikan rasa asin yang nikmat pada makanan. Garam premium ini pun pernah mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis oleh Dirjen Hak dan Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM pada tahun 2015 karena kualitasnya yang sangat baik disusul dengan ciri khas yang tentunya tidak akan bisa didapatkan di daerah manapun selain Amed Bali. Kualitas produk yang sangat baik ini juga didukung denga kemasannya yang elegan dan mudah dibawa kemanapun.

IKM Produk Industri Kreatif Bali yang Berkesempatan Terlibat di PKB

IKM Warna Warni |Source: https://mnews.co.id/
Loading...
Baca juga:  Tempat Makan Enak di Denpasar

Berlangsungnya Pesta Kesenian Bali, ada beberapa Industri Kecil Menengah yang terlibat. Tentunya ini menjadi momentum bagi IKM dalam melebarkan sayap produk industri kreatifnya. IKM Warna warni menjadi salah satunya. Menawarkan kerajinan tempat lilin (candle handicraft) dan frame pigura berbahan besi, IKM yang dimiliki oleh I Made Agus Semadhi ini pun terlibat di event PKB. Kerajinan yang dibuat pun memiliki beragam warna dan bentuk. Dirintis pada tahun 1994, produk ini pun berhasil menembus pangsa ekspor ke Inggris, Amerika, Australia, Prancis dan negara lainnya.

IKM Jineng Kebaya Bali menawarkan produk pakaian kebaya bali dengan berbagai jenis yang dapat kamu sewa maupun jasa pembuatan, bordir, dan lainnya. Tentunya motif dapat menyesuaikan keinginanmu. Terletak di Jalan Pantai Kedungu, Tabanan, IKM ini juga sering terlibat di Pameran IKM Bali Bangkit yang secara resmi dibuka oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster.

Baca juga:  Jangar Cek Ombak, Tapi Bukan di Pantai

IKM Cemara Keramik juga jadi salah satu yang terlibat di PKB. Menawarkan kerajinan dengan beragam bentuk dan jenis keramik, IKM ini didirikan oleh Drs. Anak Agung Gede Ariadi pada 5 Desember 2003. Tentunya pengetahuan dan pengalaman orang-orang yang bekerja di IKM ini tidak bisa dianggap remeh. Apalagi pelatihannya langsung diberikan oleh para ahli asal Australia, dengan sumber daya masyarakatnya yang sangat baik membuat produknya juga berkualitas sangat baik pula.

Last but not least, IKM Trisna Seselet juga ikut andil di PKB. Tak hanya membuat kerajinan keris Bali, IKM ini juga membuat berbagai pisau baja, genta, tongkat dan lainnya. Btw, IKM ini terletak di Banjar Pande, Kediri, Tabanan.

Sesuai namanya, produk industri kreatif Bali ini membuktikan warga Bali kian kreatif. Bahkan mereka berhasil membuktikan bahwa produk kreatif ini tak hanya berkualitas baik tapi juga sangat bermanfaat. Dari sekian banyak yang Mz bahas, produk mana yang paling menarik perhatianmu?

Comments

comments