Pesta Kesenian Bali, Festival Kesenian Tahunan dan Terbesar yang Ada di Bali

pesta kesenian bali

Resmi dibuka pada tanggal 12 Juni 2022, Pesta Kesenian Bali akan digelar selama sebulan penuh. Festival kesenian ini merupakan acara tahunan terbesar yang diadakan di Bali. Oh ya, ini juga merupakan acara tahunan. Jadi setiap tahunnya kalian akan selalu punya kesempatan untuk datang dan menyaksikannya secara langsung.

pesta kesenian bali
Pembukaannya biasanya diadakan di tengah jalan |Source: https://www.gotravelaindonesia.com/

PKB Bali, Festival Kesenian Tahunan dan Terbesar di Bali

Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV tahun 2022 akhirnya resmi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian di depan Monumen Bajra Sandhi (kawasan Niti Mandala) Renon, Denpasar. Pembukaan ini didampingi juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno serta Gubernur Bali, Wayan Koster.

Bertemakan Danu Kerthi: Huluning Amreta yang berarti memuliakan air sebagai sumber kehidupan, festival ini akan diadakan dari Sabtu, 12 Juni hingga Minggu, 10 Juli 2022. Pawai pembukaan PKB ke-44 ini dibuka dengan Peed Aya Gambyuh Ayung yang ditampilkan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Mempersembahkan 8 materi pokok yakni Peed Aya (pawai), Rekasadana (pergelaran), Wimbakara (lomba), Kandarupa (pameran), Kriyaloka (workshop ataupun lokakarya), Widyatula (sarasehan), serta Adi Sewaka Nugraha (penghargaan bagi pengabdi seni).

Baca juga:  Waduh, Sebenarnya Yang Punya Brand 'Geprek Bensu' Siapa Sih?
Loading...

Dengan beragam acara tersebut, tentunya melibatkan ribuan pekerja seni yang sekaligus menjadikannya festival kesenian tahunan dan terbesar yang pernah diadakan di Bali. Gimana nggak terbesar, pada tahun ini saja melibatkan seluruh kabupaten/kota yang tentunya masing-masing daerah berpartisipasi untuk menampilkan 24 pementasan pawai. Selain itu, PKB juga melibatkan lembaga pendidikan menengah dan tinggi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta 2400 orang seniman bahkan lebih.

Sejarah Pesta Kesenian Bali dan Alasan Kenapa Harus Menyaksikannya

pesta kesenian bali
Ada beragam pertunjukkan seni tari dan masih banyak lagi |Source: https://lovebali.baliprov.go.id/

Pesta Kesenian Bali ini pertama kali diadakan pada tahun 1979. Saat itu gubernur yang menjabat adalah Prof. Dr. Ida Bagus Mantra (gubernur ke-6) yang sekaligus menjadi pencetus diadakannya PKB. Saat itu, festival kesenian ini berlangsung selama dua bulan dimulai dari 20 Juni hingga 23 Agustus 1979. Nggak hanya sekadar menampilkan karya seni, PKB juga berhasil menjadikan segala bentuk seni yang ada di Bali semakin berkembang. Tak hanya menjadi pencetus festivalnya, Ida Bagus Mantra (1928-1995) juga membangun Taman Werdhi Budaya Art Centre yang terletak di Jalan Nusa Indah, Panjer, Denpasar.

pesta kesenian bali
Harus nonton langsung biar makin seru |Source: http://booking-bali-villas.com/

“Terus kenapa harus nonton PKB?” Sebagai warga Bali, yang hidup, besar dan tinggal di Bali, sudah seharusnya kita mengapresiasi seni dan budaya Bali. Apalagi dari zaman nenek moyang, kehidupan warga kita nggak bisa jauh-jauh dari yang namanya seni dan budaya. Nggak hanya memperkaya wawasan mengenai seni dan budaya Bali, tentu PKB bisa menjadi hiburan tersendiri dan event yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Belum lagi untuk si pecinta makanan, kamu bisa berwisata kuliner disini. Akan ada beragam makanan dan minuman yang bisa kamu coba. Jangan lupa ke PKB!

Comments

comments