Pengen Jalan-jalan Sambil Nostalgia di Denpasar? Pergi ke Museum Aja!

Biar jalan-jalannya berfaedah juga guys, sambil belajar sejarah gitu kan. Sebenernya di setiap daerah pasti ada museum, cuman Mz bahas yang ada di Denpasar aja yak. Semoga bermanfaat dah, let’s go!

museum denpasar
Berasa kayak Aladdin yak |Source: https://iambali.co.id/

Museum Bung Karno yang Ada di Denpasar

Museum Bung Karno ini ada juga di Blitar, Jawa Timur. Bahkan, nggak cuman di Denpasar, ada juga di Tampaksiring, Gianyar. Museum ini terletak di Jln. Raya Puputan No. 80 Dangin Puri Klod. Sama seperti museum pada umumnya, disini banyak banget benda bersejarah yang berhubungan sama Bapak Ir. Soekarno, yang tak lain dan tak bukan merupakan seorang presiden RI pertama.

museum denpasar
Kalau yang ini bertempat di The Sukarno Center, Tampaksiring, Gianyar |Source: https://ceciliaadrianto.wordpress.com/

Museum ini terdiri dari empat lantai, buat lantai pertama itu ada perpustakaan yang isinya tulisan-tulisan, pidato, dan buku yang dibaca sama beliau. Di lantai dua, ada ruangan yang isinya benda pusaka sama benda-benda yang berkaitan erat sama beliau. Di lantai 3, ada ruangan yang isinya lukisan dan foto bersejarah di sepanjang kehidupan Bung Karno, dan terakhir di lantai 4, ada ruangan produksi tiga dimensi dari tempat peristirahatan beliau.

Harga tiket masuknya menyesuaikan nih guys, kalau wisatawan asing kira-kira kena 50 ribu rupiah sedangkan domestik 25 ribu rupiah. Jam bukanya dari Senin-Sabtu, setiap Minggu bakal ditutup alias libur. Fyi, museum ini diresmikan pas tanggal 22 November 2015 dan prasasti peresmian museumnya nih langsung ditandatangani sama salah satu putri beliau yaitu Ibu Megawati Soekarno Putri.

IAM Bali alias Interactive Art Museum Bali

museum denpasar
Wih sabi tuh |Source: https://www.hotels.com/

Buat pecinta 3D art sabi banget nih kesini. IAM Bali alias Interactive Art Museum Bali letaknya di Jln. Raya Puputan, Denpasar. Ini tuh letaknya di lantai dasar Monumen Perjuangan Rakyat Bali (Bajra Sandhi) guys, jadi kalau kalian kesini bisa ke dua tempat sekaligus gitu lho. Btw, museum ini diresmiinnya pas Bulan September 2016.

Disini keren banget sih guys, lukisan-lukisannya kan 3D tuh, jadi berasa hidup gitu lho. Pas banget buat tempat foto sih, istilahnya instagramable gitu. Harga tiket buat domestik 100 ribu rupiah sedangkan buat foreigner (wisatawan asing) dikenai 120 ribu rupiah. Kalian bisa booking tiketnya lewat aplikasi atau websitenya, kalau langsung sabi juga kayaknya.

Kebon Vintage Cars

Nggak cuman dateng ngeliat mobil-mobil klasik, kalian juga bisa istirahat dan makan disini. Soalnya disini juga ada cafe and resto-nya, jadi nggak usah khawatir pas kesini perut lagi laper kan. Pemilik Kebon Vintage Cars ini adalah Bapak Jos Dharmawan. Beliau ini pecinta mobil klasik, pokoknya bener-bener cinta sampek obsessed gitu lho guys, makanya beliau berinisiatif buat ngebuka museumnya ini.

museum denpasar
Ini pas mobil Rusia-nya Bung Karno di salah satu event Classic Motor Show 3 yang startnya di Kebon Vintage Cars |Source: https://www.news.beritabali.com/

Dibuka setiap hari, Kebon Vintage Cars ini letaknya di Jln. Tegal Harum No. 13, Biaung, Denpasar Timur. Koleksi mobilnya tuh banyak banget brooo, ada nih yang paling langka dan lama banget yaitu mobil jenis Ford T buatan Amerika. Terus ada mobil yang pernah dinaikin sama istri Bapak Ir. Soekarno, Ibu Fatmawati. Tau nggak mobilnya keluaran tahun berapa? Tahun 1947 guys! Tua-an mobilnya yak ketimbang Mz, eh. Ini luasnya 70 are, terus pas Agustus lalu ada 100 unit mobil klasik, kalau sekarang Mz kurang tau nih ada tambahan lagi atau nggak.

Museum Penanggulan Terorisme Polda Bali

museum denpasar
Kayak gini guys di dalemnya |Source: https://kumparan.com/

Kalau tadi kan ada yang museum gambar 3D, terus ada mobil klasik juga, nah yang ini beda lagi guys namanya Museum Penanggulan Terorisme Polda Bali a.k.a Prakasa Rucira Garjita. Ini letaknya di Jln. Wr. Supratman, Tohpati, Kesiman. Cuman ada satu lantai, tapi dijamin bikin kita gregetan karena ini topiknya nggak main-main. Fyi, museum ini diresmiin langsung oleh Kapolda Bali Irjen Petrus Reinhard Golose.

Jadi disini ada peninggalan-peninggalan dari tragedi Bom Bali I dan II sampek ada juga yang dari bom di Medan tahun 2019. Pokoknya banyak banget yang dipajang, sampek motor yang dipapek pelaku teroris juga ada disini. Museum yang bertenpat di Denpasar ini didirikan nggak hanya untuk mengenang sejarah kelam tadi, tapi juga mengenang para petugas yang terlibat kayak Satgas Anti Teror Densus 88, BNPT, serta seluruh stakeholder kepolisian daerah. Terus ada gedung sport center juga buat para polisi (meliputi PERBAKIN (Persatuan Menembak Indonesia), IPDA (Internasional Defensive Pistol Association), PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan PERKEMI (Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia). Tenang aja guys, museum ini dibuka untuk umum, jadi siapapun bisa kesini.

Last But Not Least, Museum Bali

Nah, yang terakhir tapi bukan yang akhir ada Museum Bali di Jln. Mayor Wisnu No. 1, Dangin Puri, Denpasar Timur. Disini kalian nggak cuman bisa ngeliat lukisan, tapi ada patung, penemuan arkeologi sama artefak gitu. Museumnya nih letaknya deket banget sama Pura Jagatnatha, kalau kalian abis sembahyang kayaknya sabi deh buat mampir kesini.

museum denpasar
Ya kira-kira kayak ginilah |Source: https://www.tripadvisor.com/

Ini sejarahnya banyak kali guys, dari jaman kerajaan gitu deh. Maap-maap nih guys, Mz nggak bisa bahas sejarahnya disini ntar yang ada makin kepanjangan lagi. Gaya arsitekturnya ini ada dua kombinasi, yang satu ada gaya Pura terus dipaduin sama gaya arsitek Puri kerajaan Bali. Halamannya ada tiga, yang pertama di halaman luar (Jaba), terus ada halaman tengah (Jaba Tengah) dan yang terakhir, halaman dalam (Jeroan).

Dah cukup ya guys, dah banyak tuh Mz kasik tau. Kapan-kapan main ke museum di Denpasar aja kali ya, biar tau sejarah di Bali tuh ada apa aja. Kalau kalian kesana, selalu tetep jaga kebersihan ya guys, inget-inget buat bawa bekel sama hati-hati bawa barang biar nggak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Stay safe!

Comments

comments