Payung Khas Bali, Benda Suci yang Punya Ragam Warna dan Motif

payung khas bali

Kalau lihat fotonya pasti nggak asing ‘kan? Payung khas Bali ini sering sekali dijumpai di sejumlah puri atau pura. Kali ini Mz akan bahas makna dan kegunaannya. Check it out!

payung khas bali
Yang biasanya ada di depan rumah khas Bali |Source: https://shopee.co.id/

Makna Tedung/Pajēng Bagi Warga Bali

Kalau kuncup, mirip payung biasa sih |Source: https://shopee.co.id/

Di Bali disebutnya Tedung atau Pajēng (dalam Bahasa Indonesia yang berarti payung). Pajēng sering muncul ketika ada upacara adat keagamaan sebagai pelindungnya pelinggih-pelinggih yang ada di merajan (sanggah di rumah) atau pura. Jadi ada yang dipasang ketika ada upacara adat tapi ada juga yang dipasang setiap hari.

Pajēng ini sudah ada dari zaman kerajaan. Fungsinya? Untuk menjadi tempat berteduh bagi rakyat Bali. Benda ini juga dikaitkan dengan gunung yang katanya bermakna sebagai peneduh dunia dan melindungi umat manusia dari bencana. “Tedung terbuat dari apa sih?” Dari kayu, kain, sampai kulit binatang. Tergantung tujuan pemakaiannya.

Baca juga:  4 Pahlawan Asal Bali yang Berjasa Bagi Kemerdekaan Indonesia
Loading...

Payung Khas Bali yang Miliki Ragam Warna dan Motif

payung khas bali
Ada beragam warna |Source: https://shopee.co.id/

Payung khas Bali ini berbeda dengan payung-payung yang biasanya digunakan saat hujan atau menghindari teriknya panas matahari. Yang ini punya kegunaan dan maknanya tersendiri lho bagi warga Bali. Istilahnya penggunaannya nggak boleh sembarangan dan disucikan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Biasanya diletakkan di depan sanggah atau pura dan rumah khas Bali atau Puri. Kalian pasti nggak asing dengan Payung khas Bali ini. Motif dan warnanya pun beragam mengikuti dimana akan diletakkan, soalnya setiap sanggah atau pura, dewa/dewi yang bersemayam berbeda-beda.

payung khas bali
Di Pura paling sering ditemukannya |Source: https://shopee.co.id

Sekarang kalau lihat benda suci yang satu ini sudah tahu fungsi dan maknanya. Secara nggak langsung, benda ini juga menambah kesucian dan keindahan pura-pura yang ada di Bali dengan motif dan warnanya yang beragam.

Comments

comments