Para Penyuka Dunia Ilustrasi, Harus Tahu Perkamen Illustration Studio

277
views
perkamen illustration

Dunia Illustrasi di Bali emang lagi seru-serunya nih menurut Mz, soalnya berbagai seniman Bali, terutama Denpasar lagi keren-kerennya berkarya. Salah satu teman Mz yang sempat dulu tak kepoin si Andre Yoga, seniman muda yang karyanya bikin kamu melongo ga jelas.

Akibat banyak seniman di Bali, pastinya mereka semua bikin sebuah perkumpulan alias komunitas gitu. Kalo di ISI (Institut Seni Indonesia) Bali ada salah satu komunitas kreatif bernama Shampi Crew, tapi kali ini kita ga kepoin mereka lagi, karena ada juga nih sebuah komunitas yang anggotanya para penyuka dunia ilustrasi gitu, namanya PIS alias Perkamen Illustration Studio Bali.

perkamen illustration
Mereka mantep deh pokoknya

Perkamen Illustration Studio Bali ada, karena ingin berkarya

perkamen illustration
Lagi gambar apaan ini ya?

Komunitas ini sebenarnya adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Sekolah Tinggi Desain Bali, atau sering disingkat dengan nama STD Bali. Mz ketemu sama mereka waktu ada acara mural gitu di Youth Park Denpasar dan ketemu salah satu anggotanya bernama Dwi. Langsung aja deh tak kepoin soal komunitas ini.

Komunitas Perkamen Illustration Studio Bali berdiri pada tahun 2014 lalu dan terbentuknya berawal dari mahasiswa STD yg sama-sama memiliki hobi menggambar dan ingin membuat suatu wadah untuk saling sharing ilmu tentang ilustrasi. Akibat sama-sama baper mungkin, akhirnya dibentuk komunitas ini sebagai tempat buat anak-anak pecinta ilustrasi untuk belajar.

Baca juga:  Pemuda Keren itu Kayak STT Dharma Sawitra

Dwi juga menjelaskan kalau tujuan komunitas ini adalah memang sebagai tempat buat kamu berbagai soal ilmu-ilmu ilustrasi dan ga harus jago buat gabung sama mereka. “Tujuannya sih mengajak mahasiswa STD untuk saling berbagi ilmu tentang ilustrasi, karena dunia ilustrasi itu kan luas ya dan orang-orang pasti punya tipe atau keahliannya sendiri. Jadi di UKM ini lah kita bisa saling membagi ilmu. Kita di UKM ini tidak mengharuskan semua anggota bisa (jago) menggambar atau ilustrasi, tapi yang kita inginkan disini mahasiswa-mahasiswa yang ada disini suka menggambar atau ilustrasi. Karena jika kita sudah suka dengan suatu hal atau hobi maka kita akan semakin giat untuk mempelajarinya, semakin ingin tahu hingga akhirnya kita bisa melakukan hal tersebut” jelas Dwi.

perkamen illustration
Narsis dulu lah

Kegiatan-kegiatan rutin yang biasa dilakukan sama komunitas ini adalah kumpul bareng tiap minggu dan biasanya setiap ngumpul barengtersebut ada kegiatan menggambar bareng. Kadang komunitas ini juga sempat mengadakan workshop dengan mengundang beberapa narasumber yang udah jadi seorang ilustrator profesional.

Baca juga:  Komunitas DJ Bali yang Berubah Jadi Tempat Sekolahan Asik Buat Nge-DJ

Dari sisi prestasi juga ga bisa dianggap remeh nih komunitas ini, soalnya udah beberapa perlombaan pernah diikuti, seperti Hardys Mural Competition tahun 2016 kita mendapatkan juara 1 dan 2, Mural Etalase Unud tahun 2016 juara 1 dan 3, Mural Etalase Unud 2017 juara 2 dan masih banyak lagi.

Mereka hebat banget kan? Sayangnya kamu belum bisa ikutan gabung sama mereka, karena untuk saat ini masih belum menerima anggota dari luar kampus STD Bali, tetapi kamu tetap bisa sharing sama komunitas ini kok dan itu bisa terjadi, ketika mereka udah selesai kuliah.

Buat yang mau tahu info kegiatan mereka, bisa langsung kepoin di IG mereka @perkamen_illustration dan Fanpage mereka di Facebook Perkamen Illustration Studio.

Comments

comments