Pak Wayan Koster Lagi Disorot, Begini Lho Makna Otonan di Bali

Pas tanggal 23 Januari kmaren, Bu Megawati Soekarnoputri berulangtahun nih yang ke 74 tahun. Nah, dirayain kan ini sama peserta PDIP termasuk Pak Wayan Koster. Abis itu ntar Mz kasik tau juga tentang makna otonan yak. Yaudah deh langsung aja kita bahas, gass!

wayan koster
Selamat ulang tahun ya bu, sehat selalu |Source: https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/

Viral Pak Wayan Koster Merayakan Ulang Tahun Bu Megawati

Sebagai peserta, udah pasti dong kita pengen menghargai dan menghormati ketua umum kita. Kebetulan nih beliau lagi ulang tahun, ya inisiatif lah ngerayain bareng yang lain kan, kangguang bareng peserta yang ada di Bali aja dulu. Eh pas lagi asyik-asyik ngerayain ada yang ngerekam, yaudah deh viral di sosial media.

Yang makin bikin viral itu gara-gara ada Pak Wayan Koster alias Gubernur Bali kita, terus ada juga beberapa bupati dan wakilnya yang ngeramain acara tersebut. Btw, ini diadain di Aula kantor DPD PDIP yang ada di Denpasar.

Keliatan di videonya tuh orang-orang yang hadir disana nggak jaga jarak sama sekali, abis itu malah ada sesi tiup lilin sama suap-suapan nasi tumpeng. Jadi orang-orang mikirnya, “kok nggak nerapin protokol kesehatan ya?”.

Tau hal ini jadi viral, Pak Wayan Koster langsung ngasik klarifikasi. Pas acaranya itu beliau bilang semua orang udah makek masker, cuman pas tiup lilin sama makan tumpeng aja yang dibuka maskernya. Tapi iya juga sih, gimana mau niup lilin sama makan cobak kalau makek masker kan?

“Yaudah, nggak usah tiup lilin. Kan gampang.” Ya gimana yak, tiap hari ulang tahun emang paling greget pas tiup lilin kan, cuman Mz nggak mau berkomentar banyak nih soalnya Mz nggak lagi disana waktu itu.

wayan koster
Udah divaksin juga nih |Source: https://bali.inews.id/

Selain makek masker, beliau juga bilang kalau semua orang yang ada disana udah nerapin protokol kesehatan terus udah tes rapid antigen juga. Pastinya hasilnya negatif. Cuman, cuman lagi nih, yang kerekam di video cuman pas mereka lagi niup lilin dan makan tumpeng aja. Jadi kesannya tuh mereka sama sekali nggak ngelakuin protokol kesehatan.

Otonan, Hari Ulang Tahunnya Masyarakat Bali

wayan koster
Nah mantap dek |Source: https://dictionary.basabali.org/

Wiih dah masuk ke pembahasan terakhir nih. Kalau ulang tahun di Bali itu dirayainnya dengan otonan guys, bukan pesta yang ada kue plus lilinnya, apalagi pakek dresscode gitu. Sama sekali nggak ada! Jadi hari lahirnya yang dirayain, bukan tanggal lahirnya. Kepercayaan ini udah dilakuin dari dulu banget, jaman nenek moyang ada kali ya.

Otonan ini dirayainnya setiap 210 hari alias 6 bulan, perhitungan ini juga ngikutin Wuku, Panca Wara sama Sapta Wara yang ada di kalender Bali. Ya sebelas dua belas sama weton di Jawa lah. Karena hari lahir kita semua beda-beda nih, makanya pas otonan nggak boleh dilakuin sembarangan, pokoknya harus ngikutin hari kelahirannya. Misalnya nih, ada yang lahirnya pas tumpek wayang, otonannya itu ada aturannya sendiri kayak harus mebayuh wayang sapuh leger. Biasanya ada pementasan wayang juga.

wayan koster
Kalau ini pas purnama, jadi otonan plus melukat |Source: https://baliexpress.jawapos.com/

Beda cerita kalau otonan kita yang jatuh pas Rahina Purnama, kita harus ngelakuin melukat. Kalau otonan biasa cuman diwakili sama orang tua aja udah cukup kok sebenernya, cuman pas otonan plus purnama aja nih harus ada pemangkunya. Iya gitu dah guys, Mz bahas sekilas aja yak. See you soon~

Comments

comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com