Pak Wayan Koster Disebut-sebut Sebagai Reinkarnasi Mpu Kuturan, Siapa Sih Mpu Kuturan Itu?

Selesai acara peletakan batu pertama di Gedung Kantor Majelis Desa Adat (MDA) Denpasar, si ketua MDA Pak Anak Agung Ketut Sudiana bilang kalau Pak Wayan Koster alias gubernur kita nih reinkarnasi-nya Mpu Kuturan. Tapi bentar dulu deh, kalian tau nggak sih siapa itu Mpu Kuturan?

mpu kuturan
Semua yang di belakang tegang-tegang banget dah |Source: https://katabali.com

Siapa Sih Mpu Kuturan?

Harusnya kalau kalian ngeh-in nih dari SD, setiap pelajaran Agama Hindu nama beliau pasti disebutin terus. Beneran, sampek nggak asing lagi di telinga Mz. Beliau nih nggak cuman jadi sosok yang erat banget kaitannya sama agama, tapi rasa ikhlas dan tanpa pamrihnya itu lho patut diacungi jempol.

Sosok Paling Berpengaruh dan Tersohor di Bali

Berasal dari Jawa Timur, Mpu Kuturan punya nama lain guys yaitu Girah. Katanya juga nih, beliau tuh dulunya seorang Raja, jadi dipanggilnya Raja Girah. Sampai akhinya beliau memutuskan untuk pergi ke Bali karena beberapa alasan. Cuman ada alasan yang bikin Mz jadi penasaran tuh gara-gara pertentangannya sama sang istri yang nguasain magic a.k.a ilmu hitam, kalian ngertilah ya maksudnya apaan.

mpu kuturan
Nah lhoo |Source: sharehouse.wordpress.com

Jadi abis ditinggal, ada sebutan baru buat sang istri, Walu Nathang Girah a.k.a Rangda Natheng Girah yang katanya arti dari sebutannya itu jandanya Raja Girah. Istrinya nih ada kaitan erat sama cerita-cerita Calon Arang itu. Iya, yang nggak boleh setengah-setengah nontonnya itu lho, ratu leaknya ini istrinya yang dimaksud.

mpu kuturan
Mpu Kuturan dan Ratu Leak Calon Arang |Source: www.komangputra.com

Terus katanya juga nih, Mpu Kuturan itu berhasil nyatuin sekte-sekte yang ada di Bali pas di masanya. Dari awal tujuan utamanya emang pengen nerusin ajaran dharma ketimbang urusan pribadinya. Beuuh bener-bener teladan banget nih Mpu Kuturan.

Karya-karya Buatan Mpu Kuturan, Masterpiece Abisss!

“Masterpiece apaan mz?” Karya agung bossque, bisa dibilang karya terbaik yang pernah diciptakan lah. Nggak cuman konsep-konsep keagamaan, Mpu Kuturan juga ngebangun beberapa pura yang populernya kebangetan di Bali. Mz jamin, kalau kalian ke Bali nih ya pasti nama-nama pura buatannya kesebut.

mpu kuturan
Patung Rsi Agastya, Rsi Markandeya dan Mpu Kuturan |Source: https://puramedangkamulan.wordpress.com

Pura buatan beliau yang paling terkenal adalah Pura Besakih di Karangasem, nggak sendiri beliau juga dibantu sama Rsi Markandeya. Kalian pasti udah tau Pura Besakih kan? Itu lho pura terbesar yang letaknya deket Gunung Agung itu.

mpu kuturan
Masterpiece banget kan |Source: https://blibalitransport.com

Selain Pura Besakih, karya lainnya ada Pura Silayukti di Padangbai, Karangasem. Terus ada Pura Batu Pageh di Ungasan, Badung. Pura Samuan Tiga (pura paling bersejarah karena menyatukan sekte-sekte yang ada di Bali), Pura Sakenan di Serangan, Pura Watu Klotok di Klungkung, Pura Uluwatu di Ungasan, Badung, Pura Menjangan dan Ponjok Batu di Buleleng, dan terakhir Pura Pejeng (dibaca: Péjéng) di Gianyar.

Emang Iya Pak Wayan Koster Reinkarnasi-nya?

Nah kalau kalian nanyain Mz tentang yang satu ini, Mz nggak berani jawab nih. Bukan keahlian Mz ngomong-ngomong beginian. Kalau mau nanyak, tanyak aja sama yang diatas yak.

Kita kan nggak tahu kita itu dulu jadi siapa. Reinkarnasi dari nama orang yang mana kita kan nggak tau juga. Kenapa Pak Wayan Koster bisa dibilang reinkarnasinya Mpu Kuturan ya karena sosoknya tuh dianggap mentingin nilai-nilai keagamaan di setiap aspek kehidupannya.

mpu kuturan
Kayak infinity yak, nggak ada habisnya |Source: http://satyam-siwam-sundaram.blogspot.com

Cobak deh liat, Pak Wayan Koster netapin banyak peraturan yang emang tujuannya buat kebaikannya rakyat Bali. Ya sama kayak Mpu Kuturan yang lebih mentingin nilai-nilai dharma dan sekitarnya. Istilahnya mereka ini nggak egois dan gercep dalam nanganin permasalahan di sekitar mereka.

Nah gitu lho guys, tinggal pendapat kalian aja nih yang Mz nggak tau. Nanti setiap ke Pura Besakih berdoa dengan baik sama makasi ke Hyang Widhi yak. Soalnya udah nyiptain masterpiece berkali-kali lipat lewat manusianya dan ciptaannya juga memberikan pengaruh baik nggak hanya ke kita tapi semua makhluk yang ada di dunia ini. Kita kan masterpiece-nya Tuhan juga! Pokoknya jangan lupa bersyukur!

Comments

comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com