Olahan dari Rumput Laut Ini Jadi Makanan Khas di Bali

Setau Mz olahan makanan dari rumput laut emang enak banget sih, makanya nggak nyalahin kalau jadi makanan khas orang-orang di Bali. Entah dimakan pas lagi nongkrong sama temen-temen atau sekedar jadi camilan. Abis ini Mz bahas makanan khas tadi yak, yuk ngab!

rumput laut
Ini kalau diliat dari jauh kayak lumut dah, cuman lebih gede aja |Source: https://foto.bisnis.com/

Penting Nggak Sih Makan Rumput Laut?

rumput laut
Namanya juga rumput laut, ya nyarinya emang harus di laut |Source: https://today.line.me/

Sebelum tau olahan makanannya apa, kalian harus tau dulu nih manfaat konsumsi rumput laut. Penting apa nggak gitu lho. Jadi, rumput laut itu bagus banget buat mempertahankan sama menurunkan berat badan. Soalnya ada kandungan fucoxanthin yang membantu melancarkan metabolisme sama ngubah lemak jadi energi. Nah, buat kalian yang lagi pengen nurunin berat badan sabi kali ya nyemilin rumput laut. Oh iya, kandungan fucoxanthin ini juga bagus buat nyeimbangin gula darah. Ada kandungan alginate juga nih yang bisa membantu mencegah peningkatan kadar gula dalam darahPokoknya bagus banget deh buat ngurangin risiko kondisi diabetes.

Kalian tau nggak sih, ada keadaan dimana seseorang yang lagi berdarah udah lama gitu kan, tapi darahnya keluar terus? Ini namanya hemofilia. Rumput laut yang kaya vitamin K ini bisa dikonsumsi biar kerja sama bareng trombosit buat ngebekuin darah. Tapi makannya bukan yang warna hijau yak, katanya kandungan vitamin K-nya dikit banget.

Ya emang sih banyak banget kandungan yang baik bagi tubuh, tapi kira-kira jugalah kalau makan rumput laut. Soalnya bisa bikin yodium berlebihan pada tubuh. Nah, kalau udah berlebihan yang ada ganggu fungsi tiroid kayak bengkak, sesak bahkan bisa kanker tiroid.

rumput laut
Beuuh kesukaan orang-orang nih |Source: https://www.idntimes.com/

Olahan Makanan yang Wajib Kamu Coba, Dari yang Pedas Hingga Manis

rumput laut
Aduuh aduuh |Source: https://bali.idntimes.com/

Buat pecinta rujak apalagi rumput laut, beuuh makanan yang satu ini cocok banget buat kamu. Rujak Bulung bisa kamu jumpai di warung rujak pinggir jalan ataupun restoran. Isinya itu ada buah mangga, bengkuang atau buah yang lain, terus rumput laut dan campuran bumbu rujaknya. Buat level kepedesannya bisa menyesuaikan yak, kalau nggak terlalu kuat pedes jangan dipaksain! Rasanya tuh antara manis, pedes sama sedikit asin. Ditambah ada rasa nyegerinnya dari rumput laut.

Kalau kalian mau cobak pakek buah lain ada juga nih, namanya Rujak Bulung Boni Kuah Pindang. Buni alias Boni ini semacam buah berry gitu. Rasanya antara manis sama asem, jadi cocok juga buat dipaduin sama bulung (rumput laut). Kalau buat kuah pindang pasti udah taulah ya, jadi campuran antara kuah ikan dan garam. Biasanya pindang kan identik sama ikan tuna dan tongkol gitu kan, tapi sebenernya bisa kok pakek ikan yang lain. Ikan pindang itu sebenernya cuman nama aja guys, aslinya pindang itu artinya cara pengolahan ikan dengan kombinasi perebusan atau pengasapan dengan penggaraman. Pokoknya garam nih yang megang penting buat rasa pindangnya.

rumput laut
Kalau yang ini ada buah boni-nya |Source: https://www.kintamani.id/

Tiba-tiba pengen makan kue? Sabi kok makan Jaje Bulung. Jaje-nya ini dibuat dari rumput laut yang direbus, terus rebusan airnya ini ditambahin gula biar manis. Pas airnya udah mendidih, tinggal kalian diemin aja, ntar bakal mengeras dan jadi jaje bulung.

Kalau masalah rasa ini juara banget sih guys, manisnya itu lho bener-bener enak banget. Sebenernya tekstur aslinya emang lembut, ya kayak pudding. Cuman emang paling enak kalau abis ditaruh di kulkas kan dingin gitu, jadi teksturnya lebih padat dan dingin. Aduuh enak banget dah pokoknya.

rumput laut
Penampilan boleh sederhana, tapi soal rasa jeg luar biasa! |Source: https://www.kulkulbali.co/

Kenapa tiga makanan tadi dibilang makanan khas? Soalnya emang selalu ada dan rasanya emang istimewa banget. Pas lagi nongkrong sama temen-temen emang paling cocok bagi-bagi Rujak Bulung, terus buat dessert juga sabi makan jaje bulung. Tapi tetep diinget ya guys, harus dibatasi! Mau sebagus apapun kandungan dalam makanan, kalau kebanyakan juga bahaya. Sesuatu yang berlebihan itu kan nggak baik. Yaudah jangan lupa dicobain ya guys, enjoy your food!

Comments

comments