Nyepi Unik yang Pernah Terjadi di Bali Selain “Nyepi” 3 Hari

Lagi heboh banget nih di medsos, kalo Bali bakal kena “Nyepi” 3 Hari, yaitu tanggal 18-20 April 2020. Ah serius? Bukannya udah Maret kemaren? Yah, ngga percaya. Nih liat!

View this post on Instagram

#Repost @pedungan_terkini Majelis Desa Adat lan PHDI, diketahui oleh Gubernur, akan memutuskan " Nyipeng" atau Nyepi Desa Adat serentak di semua Desa Adat di Bali. Selama 3 hari, yaitu tgl 18, 19 dan 20 April. Hal ini adalah upaya melengkapi upaya Skala lan Niskala untuk mempercepat penanggulangan Virus Corona Covid19. Secara Niskala sangat berkaitan dengan menghormati Bhuta Kala sebelim Tilem Kadasa yaitu tanggal 22, diaertai dg Upacara Upacara Bhuta Yadnya yang bersekala Kecil . Krama Adat hanya tidak boleh keluar rumah atau tinggal dirumah saja selama 3 hari, kecuali yang mempunyai tugas tugas khusus, dan mendapatkan dispensasi . Sedangkan Umat yang bukan Krama Desa Adat dihimbau untuk berpartisipasi. Tgl 8 April kami Majelis Desa Adat bersama PHDI Bali akan Paruman untuk memfinalisasi rencana Nyepi atau Nyipeng Desa Adat ini. Suksma banget. #memutuskanrantaicovid19 #indonesiamelawancorona #phdi #bali #nyipeng . . #pejengmecande

A post shared by pejeng_mecande (@pejeng_mecande) on

Tapi ini belum resmi dari Pemerintah Provinsi Bali, baru usulan dari Majelis Desa Adat (MDA) dan Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI). Usulan ini keluar, ya apalagi dong, terkait Virus Corona yang sedang melanda dunia. Jika ini beneran terjadi, ini bakal jadi hal yang unik, dimana “Nyepi” dilaksanakan dua kali setahun, dan di luar tanggalan Nyepi, bahkan sampe 3 hari. Tapi, sebelum ini, di Bali sebenarnya beberapa kali kena Nyepi yang unik, dimana Nyepi-nya ada bumbu-bumbu tambahan.

Kapan aja itu?

Nyepi 2012, Nyepi yang Sarat Toleransi

Hari Raya Nyepi di tahun 2012 ini pas banget di Hari Jumat. Emang kenapa kalo Hari Jumat? Ada yang beda, Bor! Di Hari Jumat adalah hari dimana umat Muslim mengadakan Sholat Jumat di Masjid. Sedangkan Nyepi di Bali harusnya ngga boleh bepergian.

Tuh, adem kan liatnya? | Source: satuharapan.com

Nah, kalo begitu gimana dong?

Saat itu, ternyata ada kebijakan bahwa umat Muslim yang ingin melakukan Sholat Jumat boleh keluar rumah untuk melaksanakan ibadahnya. Oh, benar-benar menyejukkan.

Nyepi 2016, Gelap-gelapan di Siang Hari

Kok bisa? Karena Nyepi di tahun 2016 bertepatan dengan gerhana matahari. Nyepi di tahun 2016 ini terbilang istimewa, karena masyarakat udah prepare berbagai tools biar bisa menyaksikan gerhana matahari dari rumah, tentunya bersama orang-orang tercinta.

Kaya ginilah ilustrasi gerhana matahari saat itu. | Source: tribunnews.com

Suasananya pun cukup magis, karena gerhana matahari ini aja udah kejadian langka, apalagi bertepatan dengan hari sakral semacam Nyepi.

Nyepi 2018, Berbarengan dengan Hari Raya Saraswati

Nyepi di tahun 2018 ini sebenarnya kasus-kasusnya mirip dengan Nyepi 2012, cuma yang bedain adalah ini 2 hari raya yang keduanya dirayakan oleh umat Hindu Bali. Yang satu mewajibkan untuk tidak menghidupkan api, dan yang satu lagi mewajibkan untuk menghidupkan dupa sebagai sarana Hari Saraswati.

Jadi gimana dong?

Kaya gini panduan detil Nyepi di tahun 2018. | Source: paduarsana.com

Solusinya, ritual Hari Saraswati dilaksanakan sebelum jam 6 pagi, dan setelahnya, umat Hindu Bali bisa menjalankan Nyepi dengan khidmad.

Nyepi 2020, Doa Netizen yang Terkabulkan

“Duh, Nyepi-nya kurang! Ngga bisa ditambah lagi ya?”

Bumm!

Tentu masih fresh, suasana Nyepi di tahun ini. Di tahun 2020, Hari Suci Nyepi pertama kalinya dilaksanakan 2 hari, yaitu tanggal 25-26 Maret 2020. Kok bisa?

Masa lupa sih? Jadi ini sebenarnya kebijakan pemerintah merespon kasus Covid-19 yang sedang melanda dunia. Imbauan untuk #dirumahaja pun diaplikasikan dengan rentetan perayaan Nyepi di Bali.

Ilustrasi Nyepi 3 hari
Para pecalang siap melabrak kalo ada kendaraan yang ngotot pake jalan tol saat Nyepi. | Source: detik.com

Nah, jadi itu beberapa macam “Nyepi” unik yang pernah Mz alami selama hidup. Jadi intinya, Nyepi ini semacam memberi ‘rehat’ kepada alam dan juga manusia, dan menurut Mz sih, kapanpun vibe “Nyepi” ini diperlukan, jika memang untuk kepentingan yang baik, bisa-bisa aja kok. So, untuk keputusan “Nyepi” 3 hari atau “Nyipeng” jadi atau ngga dilaksanakan, Mz bakal mendukung keputusan yang pemerintah ambil.

Comments

comments