Nggak Hanya Pariwisata, Bali Juga Punya Potensi Ini Kok

Kebanyakan orang taunya Bali cuman terkenal karena budaya yang kaya. Sebenarnya Bali juga punya banyak potensi lho, nggak hanya pariwisata pastinya. Nanti kalau misalnya ada kenalan dari luar Bali atau temen tongkrongan yang nanyak “potensi Bali apa aja sih?” bisa kalian jawabin abis ini nih.

nggak hanya
Emang nggak bisa dipungkiri pariwisata dan budaya Bali emang cantik dan meaningful parah |Source: https://phinemo.com/

Nggak Hanya Pariwisata, Industri Kreatif Bali Juga Sudah Lama Berjaya

Industri kreatif di Bali juga punya keunikannya tersendiri. Keunikan ini lah yang membuatnya makin terlihat cantik bahkan bisa dibilang udah lama berjaya. Industri kreatif adalah industri yang melibatkan keterampilan individu, kreativitas dan bakatnya dalam menciptakan sebuah usaha sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan. Jadi banyak nih yang masuk ke dalam industri kreatif kayak kuliner, fashion, musik, seni pertunjukkan, hingga seni rupa.

Walaupun sudah berusia senja, masih tetap semangat berkarya |Source: https://www.ayumassarirental.com

Di Bali sendiri, industri kreatif berupa seni rupa murni udah lama ada. Pematung ini biasanya bisa bikin banyak patung tergantung dari keahlian dan  bahan yang digunakan kayak batu, kayu dan lainnya. Kan pematungnya banyak nih, jadinya mereka punya keunikan dan ciri khasnya masing-masing dalam berkarya. Ini juga ditambah dengan ketelatenan sang pematung, kerapian dan bentuk-bentuknya yang mendetail. Emang nggak salah dah patung-patung di Bali punya keindahan yang nggak ketulungan dan banyak yang tertarik.

Si ibu yang lagi nenun kain endek |Source: https://radarbali.jawapos.com/

Kain endek Bali juga lagi populer banget nih. Pasti kalian tau dong kalau kain endek Bali pernah hadir Paris Fashion Week 2020? Nah, di tahun 2021 bakal hadir juga nih, bahkan udah sepakat dengan brand Christion Dior. Kerja sama ini udah disetujui langsung sama Bapak Wayan Koster pada tanggal 8 Januari 2021. Sebenarnya nggak hanya endek, ada banyak kain yang dibuat oleh pengrajin dan penenun kita kayak kain songket, prada, gringsing dan masih banyak lagi. Kalau ke Bali kalian wajib punya kain-kain tadi yak, udah indah dipandang terus berkualitas tinggi lagi.

Ni Luh Djelantik bersama Anindya Kusuma Putri, pemenang kontes Putri Indonesia 2015 |Source: https://5news.co.id/

Nggak hanya kain endeknya, fashion Bali juga udah mulai mendunia. Sepatu buatan Ni Luh Djelantik udah banyak yang order dari berbagai daerah sampai tokoh yang terkenal. Kalian tau film Eat, Pray, Love? Yang dimainin sama Julia Roberts itu. Disana sang aktris memesan dan makek sepatu buatan beliau lho. Bahkan Anindya Kusuma Putri, sang model yang menang di kontes Putri Indonesia 2015 makek sepatu buatan Ni Luh Djelantik untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2015. Karena ini handmade, udah dipastiin kualitasnya nggak main-main dan dibuat dengan keterampilan yang tinggi.

Pertanian dan Perkebunan yang Hasil Panennya Nggak Main-main

Lagi sibuk misahin bulir-bulir padi dari tangkainya |Source: https://www.vibizmedia.com/

Dengan banyaknya sawah yang ada di Bali, nggak cuman memamerkan keindahan aja, hasil panennya pun juga luar biasa. Jangan salah lho, beras Bali sendiri udah diekspor ke berbagai negara kayak Amerika dan Belanda. Punya beragam jenis, beras yang dihasilkan ini ada banyak kayak beras putih, merah hingga hitam.

Tugu atau Pelinggih yang bisa kalian temui di sawah Bali |Source: https://docplayer.info/

Pas kalian ke sawah yang ada di Bali pasti ngeh dong kalau ada tugu atau pelinggihnya? Biasanya pemilik lahan atau para petani bakal menghaturkan canang dan persembahan lainnya untuk memohon perlindungan dan kesuburan kepada Dewi Sri. Ya, memohon keselamatan juga biar sepanjang masa tanam dan panen bisa sehat dan selamat gitu para tanaman dan pekerjanya. Selain tugu, biasanya ada pura juga yang berdekatan dengan sawahnya. Sebenernya namanya itu Pura Ulun Carik atau Bedugul, cuman nggak jarang disebut Pura Subak. Subak sendiri adalah organisasi kemasyarakatan yang tugasnya emang khusus untuk ngatur sistem perairan sawah alias irigasi yang digunakan dalam bercocok tanam padi. Jadi ada kelompoknya tuh dan mengemban tugasnya masing-masing.

Buah salak yang jadi maskot Kabupaten Karangasem |Source: https://www.piknikdong.com/

Kalau kalian cuman ngira beras doang yang bisa tembus pasar luar negeri, beeuh salah besar! Buah-buahan Bali mulai eksis nih di luar negeri. Contohnya kayak buah manggis yang jadi salah satu buah Bali dengan tingkat ekspornya yang tinggi banget. Bahkan Tiongkok dan Thailand terus mesen manggis lho. Sekarang salak gula pasir dari Pupuan, Tabanan udah mulai nyusul nih. Udah dipesen oleh Malaysia dan Singapura, sekarang masih registrasi kebun buat syarat ekspornya. Ini kalau kedepannya masih berlanjut bahkan permintaan ekspornya terus meningkat bisa menguntungkan banget ya.

“Kabar gembira untuk kita semua. Kulit manggis kini ada ekstraknya~” |Source: http://www.balisemara.com/

Perikanan dan Peternakan yang Juga Nggak Kalah Menguntungkan 

Gede banget nih ikan tunanya |Source: http://www.propinsibali.com/

Sektor perikanannya juga sabi banget nih. Ikan dan udang seolah-olah jadi primadona, sampek-sampek ada banyak negara yang mesen kayak Jepang dan China. Nggak cuman ikan dan udang, garam yang asalnya dari Pemuteran, Buleleng ini juga rajin dipesen sama Jepang. Garam Pemuteran alias Bali salt ini dipakai nggak cuman buat makanan aja, tapi juga treatment spa yang ada disana.

Sapi bali |Source: https://www.duniasapi.com/

Kalau di sektor peternakannya ada sapi Bali. Sapi ini emang paling banyak dipelihara sama masyarakat kita. Sebenernya ada peternakan babi juga sih, cuman emang sapi Bali yang lebih banyak dan bisa diperjualbelikan dengan mudah. Daging olahannya juga halal, jadi bisa dimakan siapa aja. Untuk sapi Bali sendiri biasanya dijadiin hewan qurban, terus bibitnya juga udah mulai berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Jadinya nggak cuman di Bali aja bisa nemuin sapi Bali.

Beuuh topik hari ini agak berat yak. Emang luar biasa sekali gumi Bali kita ini, banyak banget potensinya. Tinggal dikembangkan dan dilestarikan aja nih biar tetap menguntungkan dan memajukan perekonomian negara. Dah yak, ciao! 

Comments

comments