Nggak Cuman Cipta Kerja, Minuman Beralkohol Juga Punya RUU-nya Nih

Emang bukan Mz sama netijen namanya kalau nggak suka hot news, ya nggak guys? Ya udah pastilah Mz mau bahas ini sama kalian hehe, soalnya tentang minuman beralkohol guys. Mz yakin pasti abis ini kalian langsung ngeluarin uneg-uneg tapi simak dulu dah yak.

minuman beralkohol
Cheers! eh… |Source: https://merahputih.com/

Diusulkannya RUU Larangan Minuman Beralkohol

Dikutip dari Kompas.com, RUU-nya nih diusulin sama 21 Anggota DPR, ya ada 18 orang dari Fraksi PPP, 2 orang dari Fraksi PKS, dan 1 orang Fraksi Gerindra. Udah mulai dibahas di Badan Legislasi DPR nih guys.

minuman beralkohol
Duh double kill nih |Source: https://jatimnet.com/

Katanya nih ya, RUU-nya nih udah ngalamin penundaan dari tahun 2015 lalu. Katanya juga menurut dokumen RUU di laman resmi DPR, RUU-nya nih terdiri dari 7 bab dan 24 pasal. Hmm mayan juga ya.

Emang Hukumannya Apa Sih?

Dalam Pasal 1 Ayat 1, minuman alkohol yang dimaksud di RUU-nya tuh yang mengandung etanol. Maksudnya tuh yang udah ngelewatin proses dari bahan hasil pertanian. Ini juga mengandung karbohidrat yang juga udah ngelewatin proses fermentasi dan destilasi atau fermentasi tanpa destilasi. Fyi, destilasi itu artinya penyulingan (campuran zat yang didihin sampek menguap, nanti uapnya itu didinginin sampek balik lagi jadi cairan).

minuman beralkohol
Wadaw ditambah narkoba, makin tripple kill |Source: https://metrorakyat.com/

Oh ya sama ini juga guys, ada tentang Bab II tentang Klasifikasi, Pasal 4 Ayat (1) yang ngatur beberapa jenis minuman beralkohol. Dimulai dari Golongan A (kadar etanol kurang dari 5 persen), Golongan B (kadar etanol antara 5 sampai 20 persen), dan Golongan C (kadar etanol antara 20 sampai 55 persen). Jadi maksudnya mau minumam alkoholnya tradisional atau campuran bakalan tetep dilarang.

minuman beralkohol
Udah bukan triplle kill lagi guys, tapi full combo! |Source: https://www.atmago.com/

Kalau kalian di posisi penjual maupun pembeli dan pengonsumsi bakalan kena hukum penjara guys. Paling dikit 2 tahun, terus paling lama tuh 10 tahun. Kena denda juga brooo! Paling dikit 200 juta dan paling banyak 1 miliar. “Terus kalau misalnya kita jualin terus yang minum nih sampek meninggal, gimana Mz?” Oh, combo berarti. Eh! Jangan ngadi-ngadi!

Langsung Jadi Sorotan

Yaiyalah jadi sorotan, secara ini kan harusnya hak semua orang kan yak. Terserah mereka mau minum apa dan seberapa banyak kan ya, tapi guys kalian sadar nggak sih bahayanya minum alkohol? Dari susah tidur dan yang lebih parah bisa sampek kanker lho.

Makanya buat orang-orang kecanduan alkohol disarankan buat rehabilitasi biar dapet penanganan yang tepat. Mz tau kok kalian kuat-kuat minum, eh. Tapi bukan berarti tiap hari atau tiap saat harus minum alkohol ya, nggak baik tau!

Harus sadar diri juga, maksudnya jangan berlebihan minum alkoholnya. Sebenernya ada pengecualian juga sih, diatur dalam Pasal 8, katanya kelompok terbatas boleh konsumsi alkohol. Kelompok terbatas tuh maksudnya kayak kepentingan adat, ritual keagamaan, wisatawan, farmasi, sama tempat-tempat yang punya ijin peraturan perundang-undangan. “Hah? Maksudnya tempat yang punya ijin peraturan perundang-undangan tuh apaan Mz?” Kalau itu cek aja di Peraturan Pemerintah yak, Mz langsung lepas tangan dari sini.

Menurut Gubernur Bali alias Pak Wayan Koster Gimana ya?

Mentang-mentang boleh jeg keterusan! Dampaknya bisa se-berbahaya ini boss |Source: https://kururu07.wordpress.com/

Di Bali ada banyak guys minuman alkoholnya, mulai dari arak, tuak, lau, sama berem juga ada. Udah dilegalkan juga sama Pak Wayan Koster, lewat Peraturan Gubernur No 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali. Kenapa dilegalin? Karena menurut beliau pemasukan orang-orang Bali itu ya dari penjualan minol (minuman beralkohol) tadi.

Menurut Pak Wayan Koster juga nggak mungkin RUU-nya tuh disahkan, tapi Mz juga nggak tau guys jeg pantengin berita aja udaah. Kalau menurut kalian gimana nih guys? “Eiits bentar dulu, kalau menurut Mz gimana?” Hmm gimana ya? Minol itu bisa berbahaya, bisa nggak juga sih, tergantung si pengonsumsi. Kalaupun mau konsumsi pastiin juga aman alias bukan oplosan, kalau bisa sih jangan minum sekalian cuman keputusannya kan balik lagi ke kalian. Pokoknya harus selalu hati-hati ya guys sama apa yang mau kita konsumsi, kesehatan mahal banget soalnya.

minuman beralkohol
Nah Bali punya nih |Source: https://beergembira.com/

Mz balikin ke kalian lagi deh, tinggal kalian aja nih sekarang. Yang di ujung sana nolak, yang disini dukung, yaudahlah ya. Sebenernya bukan minolnya nggak sih yang salah? Tapi lebih ke pengonsumsi, kalau udah mabuk nyusahin orang sampek bisa bahayain orang lagi. Apalagi udah kecanduan hadeeeh, please hati-hati ya guys! Be safe!

Comments

comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com