Nggak Cuman Bus Trans Jakarta dan Sarbagita, Teman Bus Bisa Jadi Alternatif Lain Buat Kamu Si Pengguna Transportasi Umum

Hampir mirip kayak tayo nih, cuman warnanya nggak biru. Mungil-mungil gitu kayak kamu, eh. Buat kamu yang pakek transportasi umum udah tau belum nih ada si Teman Bus? Itu lho hampir-hampir mirip sama Sarbagita tapi agak beda juga. Cobak deh terus di-scroll biar tau bedanya apa aja.

'teman bus'
Pas jaman dulu nih, keren yak bertingkat gitu |Source: www.malangtimes.com

Penggunaan Transportasi Umum Yang Kembali Trend

Dari jaman mudanya ortu kita, transportasi umum ini udah ada guys. Kalau di Bali paling umum itu emang bus tapi kadang nggak jarang makeknya bemo (angkot-nya Bali dan warna biru gelap). Karena jaman udah makin berubah, yang dipakeknya tetep bus cuman agak dimodif-modif dikit aja.

'teman bus'
Yang ini juga jaman dulu nih, namanya Helicak (helikopter becak kali yak) |Source: sebarberitablog.wordpress.com

Modifnya nggak kayak knalpot bronx lah, mana cocok bus dipaduin sama begituan. Palingan ya dari segi ukuran, warna, rute, gitu-itu aja sih. Awalnya kan sempet tuh angkutan umum mulai nggak dilirik, eh sekarang makin eksis aja nih. Makin banyak yang makek malah.

Antara Bus Trans Jakarta dan Trans Sarbagita-nya Bali

'teman bus'
Ini desain sama logonya yang baru guys |Source: https://www.tribunnews.com

Jenis bus Trans Jakarta ini BRT alias Bus Rapid Transit. Udah beroperasi dari tahun 2004 lho, bahkan jadi bus yang makek sistem BRT pertama yang ada di Asia Tenggara dan Selatan. Ini dioperasikan sama PT Transportasi Jakarta. Pas tahun 2016 nih mereka berhasil mencetak rekor guys. Gimana nggak mencetak rekor kalau berhasil ngebawa penumpang sebanyak 123,76 juta pas tahun itu?

Tapi semua kan ada masanya ya, pernah juga nih jumlah tahunan penumpang menurun tapi abis itu naik lagi. Untung aja harga tiketnya nggak naik turun, tetep 3.500 ribu Rupiah dari awal beroperasi. Mz jamin, pasti kalian nggak tau kan bus Trans Jakarta ada desain dan logo terbarunya?

Dengan warna biru yang menyejukkan dan logo yang nggak kalah keren, demi dapet look yang kayak begitu sampek dilombain lho. Fakhri Azmi yang waktu itu berumur 20 tahun, keluar sebagai pemenang lomba desain logo buat busnya ini. “Hm terus?” Yaa si doi berhasil ngalahin 2200-an peserta waktu itu, iya guys! 2200-an peserta! Dan ini auto di-acc sama Basuki Tjahaja Purnama a.k.a Pak Ahok pas tanggal 10 November 2014.

'teman bus'
Kalau yang ini desain sama logo yang lama |Source: https://jakarta.bisnis.com

Nah kalau Jakarta punya Trans Jakarta, Bali juga punya lah. Ya apalagi kalau bukan Trans Sarbagita. Jenisnya masih sama guys, BRT (Bus Rapid Transit). Sarbagita ini baru aja beroperasi pas tanggal 18 Agustus 2011. Tapi denger-denger rencana mau hadirin si Sarbagita ini udah dari tahun 1998 guys, cuman tahu kan waktu itu lagi krisis moneter jadinya terpaksa jadi rencana dulu tanpa kepastian.

Dengan harga per dewasa Rp. 3500,- dan buat pelajar atau mahasiswanya kena Rp. 2500,- (buat harga kemungkinan menyesuaikan tiap daerah tapi kurang lebih sama) kalian udah bisa kemanapun terserah kalian. Harga yang emang pas banget buat kita-kita yang lagi hemat besar-besaran.

Kan ada haltenya tuh, biasanya kalian tinggal nunggu selama 30 menit sampek satu jam buat nunggu bus selanjutnya. Mz pernah naik ini kok, keren parah! Selain terjangkau, bersih pula. Dijamin kalian bakal nyaman dan selamat sampai tujuan pakek ini.

'teman bus'
Dari depan kok kayak tayo yaa |Source: https://bali-backpacker.com

Rutenya juga banyak boss, namanya aja Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan). Setau Mz sih, rute ke Badung dan sebaliknya itu masih banyak yang makek. Di halte-haltenya juga Mz sering liat ada yang nunggu, nggak mungkin nggak.

Kalau daerah lain Mz kurang tau sih, tapi katanya yang rute Denpasar nggak serame rute Badung. Sampek sempet digratisin lho, tetep juga sepi penumpang. Entah nggak minat atau gimana, akhirnya yang rute Denpasar ini diberhentikan diem-diem guys pas tahun 2015.

'teman bus'
Rute Batu Bulan-Nusa Dua dan sebaliknya nih |Source: https://catperku.com

Yang Terbaru Ada Teman Bus, Yang Nggak Kalah Keren Dengan Bus Trans Jakarta dan Sarbagita

teman bus
Warnanya mantul nih |Source: www.balidiscovery.com

Kalau tadi Mz udah ngebahas Bus Trans Jakarta dan Sarbagita kan yak, sekarang mau Mz jelasin yang Teman Bus. Jujur ya guys, dari segi warna sama logo ini udah mantul banget, terus mungil gitu kan jadinya nggak habisin jalan aja gitu rasanya.

Teman Bus ini baru aja diluncurin pas awal September lalu guys. Nama lainnya sebenernya Trans Metro Dewata, karena masih baru nih jadinya digratisin dulu sampek Desember 2020. Rute yang dipakek juga hampir mirip sama rute Sarbagita, cuman ini kan ada 4 koridor tapi belum semua bisa beroperasi. Katanya sih keempat koridor ini udah beroperasi pas Oktober 2020.

Jadi, di Koridor 1 Terminal Persiapan – Central Parkir Kuta Badung sepanjang 63,6 km buat pulang pergi dengan 40 halte, Koridor 2 GOR Ngurah Rai – Bandara Ngurah Rai (30,2 km dan 24 halte), Koridor 3 Pantai Matahari Terbit – Dalung (43 km dan 24 halte) dan Koridor 4 Terminal Ubung – Sentral Parkir Monkey Forest (55,3 km dan 32 halte).

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Hai Temanku, Meskipun baru koridor 1 yang berjalan saat ini, namun kedepannya di Kota Bali Teman Bus akan melayani total ada 4 Koridor lho. Mau tau tiap koridor tujuannya kemana aja? Yuk cek disini! Koridor 2 : Gor Ngurah Rai – Bandara Ngurah Rai Koridor 1 : Terminal Pesiapan – Central Parkir Kuta Badung (segera menyusul) Koridor 3 : Pantai Matahari Terbit – Dalung (segera menyusul) Koridor 4 : Terminal Ubung – Sentral Parkir Monkey Forest (segera menyusul) Untuk info rute perjalanan, halte dan jadwal update selengkapnya ada di aplikasi Teman Bus. Pastikan kamu sudah download aplikasi Teman Bus di playstore atau appstore! Info lebih lengkap cek ke www.temanbus.com #KamiAdaUntukAnda #TemanBusDenpasar #InfoKoridor #InfoRute #InfoHalte

Sebuah kiriman dibagikan oleh TEMAN BUS (@teman_bus) pada

Kan udah Mz sampein tadi yak belum semua beroperasi, jadi baru Koridor 2 yang jalan terus sisanya di Bulan Oktober. Karena warnanya beda dari yang lain, pastinya kalian langsung bisa ngenalin bus yang satu ini, pokoknya warnanya itu perpaduan merah, hitam dan putih. Terus ada logo Teman Bus yang udah pasti keliatan dari semua arah.

Kalian bisa download aplikasi Teman Bus di gadget masing-masing buat ngecek jadwal dan ada di lokasi mana aja. Saking canggihnya ya guys, tiap kursi itu ada seat beltnya terus ada kursi buat disabilitas juga. Nggak cuman itu, ada cctv di setiap sudutnya buat mantau keadaan dalam dan luar bus. Seandainya kalian naik bus nya ini kedengeran semacam alarm, itu berarti ada peringatan kalau sopirnya lagi ngantuk atau ngerokok.

Pas kalian naik ini juga nggak makek uang cash alias pakek tiket elektronik, jadi bayarnya makek E-Money. Duh Pak Koster emang keren banget dah bisa ngehadirin bus yang maha canggih ini.

Cobak gih, siapa tau betah aseek. Kalau kalian masih kepo nih, cek aja dah aplikasinya, Mz aja udah punya masa kamu belum sih. Karena udah disediain nih, sabi kali buat diterima dan dipakek tapi inget juga jangan sampek ganggu kenyamanan bersama. Kapan nih rencananya kalian mulai pakek Teman Bus?

Comments

comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com