Nah Lho, Berita Tentang Endek Bali Ternyata Hoaks?

“Eh berita yang mana nih, Mz?” Yang itu tuh. “Hah? Yang mana sih?” Yang itu lho… Aahhh langsung bahas aja dah yak. Beritanya lagi hot banget nih tentang Endek Bali, yuk ngab!

endek bali
Hoax yang udah sering kita terima dari temen nih hummm |Source: https://www.hipwee.com/

Berawal dari Surat Edaran Gubernur Bali

Setelah kemarin heboh kain endek Bali yang bekerja sama brand Christian Dior, sekarang ada berita tentang endek Bali yang nggak kalah heboh. Kalau ditanyak yang mana paling hebohan, hmmm yang mana ya? Intinya yang terbaru ini bikin greget banyak pihak dah.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BALI_UNDERCOVER 🆔 (@jeg.bali)

Pas tanggal 10 Februari 2021, di akun Fb Pemerintah Provinsi Bali nge-post sesuatu yang berkenaan dengan penggunaan kain tenun endek Bali. Jadi ada kebijakan baru melalui Surat Edaran Nomor 04 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali, dan ini udah ditandatangani pas hari Kamis, 28 Januari 2021.

Nah tau ini seharusnya diteruskan, banyak dah portal berita online yang buat berita tentang ini, salah satunya Jeg.Bali juga. Si doi bikinlah berita tentang kebijakan baru tadi kan. Ya niatnya baik untuk nerusin aja tapi respon Bapak Gubernur malah dianggap aneh. Kira-kira aneh kenapa dah?

endek bali
Entar belinya couple-an kan sabi. Kalau nggak, couple-an aja sama pacar orang, eh |Source: https://shopee.co.id/kebayabali

Jeg.Bali Merasa Disudutkan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BALI_UNDERCOVER 🆔 (@jeg.bali)

Gimana nggak aneh, udah jelas-jelas beliau bilang kalau kebijakan itu emang benar adanya. Eh nggak taunya, direspon nih sama akun Fb Pemerintah Provinsi Bali dengan nge-post yang isinya bilang kalau berita yang dibuat sama Jeg.Bali itu hoax alias nggak bener. Kan jadinya bingung ya, dan yang bikin Jeg.Bali merasa nggak terima gara-gara di post-annya itu ada nama Jeg.Bali-nya, jadinya terkesan berita yang dibuat sama si doi itu ngawagin (sembarangan).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BALI_UNDERCOVER 🆔 (@jeg.bali)

Karena hal ini Jeg.Bali auto protes dong, kok kayak doi aja gitu yang salah padahal kan banyak yang bikin beritanya. Menurut Mz, wajar sih si doi pengen denger permintaan maaf langsung dari Bapak Gubernur, ini juga didukung sama protesan para masyarakat. Mereka beranggapan kebijakan buat makek endek setiap hari selasa ini sangat memberatkan. Kain endek kan emang mahal ya, belum biaya jahit dan lainnya, apalagi di situasi kayak gini yang apa-apa serba susah. Jadinya banyak banget warganet yang ngeluhin hal itu di kolom komentar post-annya Jeg.Bali (tentang penggunaan endek tadi) bahkan langsung protes di akun Fb-nya Pemerintah Provinsi Bali.

endek bali
Awalnya dari ini nih |Source: https://coconuts.co/

“Mz. Mz.”

Iyaak

“Kalau pendapat Mz gimana?”

Mau tau aja apa mau tau banget?

“Buruan, Mz!”

Ih iya iya. Kalau menurut Mz nih ya, jangan bikin keributan lah. Sekarang aja udah riweh banget, ini malah tambah diriwehin lagi. Ya buat Bapak Gubernur kasik klarifikasilah, minta maaf juga boleh, nggak ada salahnya kok minta maaf malahan bakal keren banget kan didengernya.

Mz paham kalau itu dibuat untuk mendukung budaya Bali, mendukung kelestarian produk original Bali, tapi bisa kali ya nunggu situasi kondusif dulu. Maap-maap nih, situasi sekarang tuh berasa makin chaos, Mz aja pusing apalagi kalian kan. Dukung juga orang-orang kayak kita ya pak, yang udah kerja dengan baik apalagi meneruskan informasi yang baik juga. Dahlah, selamat hari kasih sayang!

Comments

comments

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com