Mungkinkah Anies Baswedan Ikutan Nyapres 2019 Ini?

254
views
anies baswedan

Denger-denger nih, kalau Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan katanya masuk daftar bursa Capres dan Cawapres RI 2019 lho. Seru nih kayaknya kalau Pak Anies bisa ikutan, tetapi doi kan baru aja jadi Gubernur dan tidak mungkin melangkahi Prabowo yang sudah semangat untuk kembali mencalonkan diri sebagai calon Presiden RI 2019.

Apakah ini menjadi ancaman bagi Jokowi? Tenang aja Jokowi tidak merasa terganggu kok, kalau seandainya Anies ikutan di Pilpres kali ini. Dikutip dari CNN Indonesia CEO Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Djayadi Hanan mengatakan, kalau Anies berpotensi untuk menjadi calon Wakil Presiden dalam Pilpres kali ini.

Tapi kalau seandanya doi sama Jokowi jadi satu pasangan, sudah pasti suara dalam partai Gerindra akan pecah, mengingat Anies saat Pilgub DKI dibawah naungan Partai Gerindra. Jadi, seandanya doi mau nyalon harus mendapatkan dukungan dari tokoh yang kuat juga, selain Jokowi. Misalnya Pak Prabowo gitu, tapi Prabowo kan ikutan Nyapres tahun ini.

Baca juga:  Daripada Pusing Mikirin Capres dan Cawapres, Mending Makan ini Dulu

Bisa jadi Anies akan dipasangkan sama Prabowo nantinya untuk bertarung melawan Jokowi di Pilpres 2019. Ini masih belum pasti ya, mengingat Anies baru aja nih jadi Gubernur dan syarat Anies untuk maju ke Pilpres harus mendapatkan izin dari Presiden Jokowi.

Potensi Anies menjadi Cawapresnya JK

anies baswedan
Nahayo terciduk | Sumber gambar: suratkabar

Belakangan ini terlihat kalau si Anies terus-terusan satu mobil sama Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK. Kemungkinan lagi nih kalau doi bakalan jadi pasangannya JK, tapi keduanya bukan orang partai dan JK tidak bisa menggunakan kekuatan Golkar untuk mendukungnya. Kalau Anies sama JK sudah pasti doi akan dicap sebagai penghianat Gerindra.

Peluang sudah pasti tetap ada dan syarat kalau JK-Anies mau maju, kalau mereka berdua memiliki partai pengusung yang kuat untuk menghadapi Prabowo dan Jokowi nanti. Kekuatan JK juga diakui, karena Pak JK memiliki banyak suara di Indonesia Timur berkat ketokohannya sehingga bisa berperan seorang king maker.

Tawaran yang bagus nih, tetapi kalau cuaman ini aja Anies belum bisa nih nyalon, soalnya doi juga bergantung dari keputusan 3 Partai Politik yang sudah mendukungnya di Pilgub Jakarta 2017 lalu, seperti Prabowo Ketum Gerindra, Ketum PKS Sohibul Iman, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Baca juga:  Daripada Pusing Mikirin Capres dan Cawapres, Mending Makan ini Dulu

Kita tungguin aja gimana kelanjutan dari isu pencalonan Anies Baswedan di Pilpres 2019.

Comments

comments