Mungkin Kamu Pernah Merasakan Jaman Ini di Bali

377
views
bali

Sekarang ada yang pernah bilang kalau masa kecil adalah masa yang indah? Palingan generasi 90-an aja yang bilang kalau masa kecil adalah masa yang indah. Anak 90-an emang merupakan sebuah masa peralihan dari jaman yang penuh dengan kejadulan menjadi jaman modern.

Rasa persahabatan jaman dulu beda banget dengan jaman sekarang. Gimana rasanya pulang sekolah langsung diajak ke rental PS1 untuk sekedar bermain beberapa game yang tidak akan seru kalau kamu main sendiri doang. Belum lagi setelah itu bermain di lapangan tanpa mengenal waktu dan tanpa perlu mengumbarnya ke media sosial, agar kamu dianggap eksis.

Jaman dulu mah tidak perlu pengakuan, yang penting seru dan banyak teman, walupun pulangnya tidak karuan. Apa kamu pernah merasakan masa di mana Bali belum terlalu disentuh sama kecanggihan dunia modern? Kalau merasa kamu hidup jaman tersebut, berikut beberapa kenangan seru saat masa indah di Bali.

Perang menggunakan senapan dari pohon pisang seru banget

bali
Seru banget kalau bisa lawan desa sebelah | Sumber gambar: rumahbacagm

Diam di rumah berasa terkurung dipenjara ya buat generasi jadul. Udah pasti kalau sudah jam bermain, sudah saatnya mengeluarkan senapan pisang kamu untuk dijajal bareng teman-teman.

Kalau sekarang mah mainnya Airsoft Gun dengan segala keseriusan dan strategi untuk mengalahkan musuh. Kalau kamu perang senapan pisang ini, udah pasti kamu diperbolehkan sampai melakukan pura-pura mati biar bisa menjebak lawan kamu.

Berasa kampung saat main bola sambil bercampur lumpur

bali
Ini tidak sewa ya alias gratis | Sumber gambar: weburang

Ini mungkin yang dikangenin sama anak-anak di Bali yang sudah sekarang menjadi dewasa. Bermain bola menggila bareng teman-teman sampai kotor tanpa harus membeli sepatu dan jersey keren untuk main di lapangan sintetis. Yang penting bisa ketawa tanpa harus ngeluarin duit sepeserpun.

Baca juga:  Lawar dan THR Kalah Jauh dengan Hal Ini saat Perayaan Galungan di Bali

Asiknya dengerin cerita seru di telepon umum

bali
Ini momen yang sulit buat dilupain | Sumber gambar: hipwee

Katanya sih ada cara mendengar sebuah cerita seru saat kamu memasukkan uang koin di telepon umum. Namun sayang banget telepon ini sudah tiada ditelan jaman. Sekarang mendengar curhatan doi dan para Youtuber jauh lebih mengasikan bukan? Namanya juga jaman udah berubah.

Kamu sudah sulit banget, bahkan tidak mungkin menemukan penjual es serut

bali
Legend banget kalau yang ini | Sumber gambar: You Tube

Es Kepal Milo seakan-akan menjadi sebuah kuliner paling hype saat ini. Bahkan hingga mall di Bali ada lho yang jual Es Kepal Milo. Tapi itu tidak semanis membeli es serut dengan berbagai variasi warna merah, kuning, ijo di depan sekolah. Es favorit banget nih dan selalu direbut sama bocah-bocah ingusan yang baru pulang dari sekolah.

Jaman suka menghina nama orang tua bakalan selalu dikenang

bali
Berakhir seperti ini | Sumber gambar: instagram

Dunia pendidikan di Bali pernah terjadi sebuah fenomena yang sangat terkenal banget, yaitu era di mana nama orang tua menjadi bahan olok-olokan para siswa yang tahu nama Bapaknya. Benar-benar seu banget tat kala kamu iseng membuka rapor teman kamu lalu melihat nama kedua orang tuanya.

Baca juga:  Tukad Di Bali yang Dulu Kotor Sekarang Jadi Rekomendasi Wisata

Apalagi sampai tahu nama ejekannya, langsung dah terjadilah saling baku ejekan hingga dilanjutkan di halaman sekolah usai jam pelajaran usai. Memang kelihatannya tidak sopan dan sangat kurang ajar, tetapi itu bakalan dikenang sampai kamu menikah bareng teman-teman kamu yang sudah tau nama bapak dan ibu kamu.

Seru banget kan dan ini menajadi sebuah proses kamu menjadi dewasa untuk lebih menghargai pertemanan. Jaman sekarang semuanya serba jadi individual dan tidak seseru jaman dulu. Sekarang anak dikasih gadget sudah tidak rewel lagi dan lebih nyaman diam di rumah. Namun mereka akan menjadi kurang kreatif dan lebih pemalas akibat lebih senang memainkan gadget.

Makanya jangan pernah larang anak kamu untuk bermain dan jauhkan dulu dari nyamannya menggunakan gadget. Kalau ingin kayak dulu, gimana caranya agar tetap seru? Kamu tidak perlu ingin kembali ke jaman dulu, tetapi cukup dengan kamu kumpul kembali dengan teman-teman kamu sambil mengenang keseruan dimasa lalu, itu sudah ampuh mengobati rasa kangen saat masa kecil dulu.

Comments

comments