Miras Bakal Ada Izin Investasinya? Begini Menurut Gubernur Bali

Sempet heboh nih kemarin. Sebenernya Mz kaget sih, tapi nggak mau kaget sendirian, ajak kalian boleh kali yak. Katanya miras bakal ada izin investasinya, nggak tinggal diam, Bapak Wayan Koster selaku gubernur Bali langsung nanggapin hal ini. Bahas aja dah langsung yak biar nggak kepo, cuss!

gubernur bali
Ah kurang gede nih gelasnya, eh |Source: https://finance.detik.com/

Miras Direncanakan Ada Izin Investasinya

Sesuai dengan pernyataan Bapak Jokowi, ini masuk dalam Perpres tentang Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Jadi, kalau misalnya ini dilegalkan semua minol itu bakal bebas dijualin dimana aja dan kapan aja di empat wilayah kayak Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara dan Papua. Ya semua merk, pokoknya bener-bener dilegalin soalnya kan berniat untuk membantu perekonomian masyarakatnya.

gubernur bali
Ibarat dalam geng, mereka nih satu geng elite |Source: https://www.radarbogor.id/

Tapi sebenernya katanya peraturan ini udah ada guys. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia bilang kalau pemberian izin usaha minol ini udah aja sejak tahun 1931. Nah udah lama banget kan, itupun sebelum Indonesia merdeka bahkan. Jadi kalau dihitung-hitung udah ada 109 investasi minol yang masuk di Indonesia.

Menimbulkan Pro dan Kontra

gubernur bali
Hmmmmmmmm |Source: https://cirebon.pikiran-rakyat.com/

Pas baru-baru muncul nih beritanya, banyaklah yang berkomentar. Ada yang pro, ada juga yang kontra. Kalau buat yang mendukung sih beranggapan kalau usaha ini pasti bakal ngebantu ekonomi negara, tapi yang nolak beranggapan ini yang ada malah bikin chaos, ntar yang ada mabuk semua katanya. Jadi mereka takut aja kalau misalnya ini dilegalin, terus semua orang bisa konsumsi ini bahkan anak-anak dibawah umur kan bahaya.

gubernur bali
Hmm ada benernya juga |Source: https://www.suara.com/

Begini Kata Gubernur Bali

Seperti yang kita tau kalau miras di Bali udah dilegalin, ini tertuang dalam Peraturan Gubernur No 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali. Ya sama kayak tadi, alasan dilegalinnya ini buat mendukung perekonomian masyarakat Bali yang emang lumayan banyak.

Mendengar bakal ada peraturan yang sama dari Bapak Jokowi, Bapak Koster senenglah, jadinya disambut baik gitu. Akhirnya ada yang mendukung apalagi dari presiden kan. Beliau bilang ini tuh bisa ngasik peluang usaha bagi masyarakat Bali dan ini tentunya bisa memenuhi kebutuhan pasar domestik, pasar bagi wisatawan dan juga eskpor.

gubernur bali
Nah ini |Source: https://news.detik.com/

Cuman sayangnya, izin investasi miras ini udah dicabut sama Bapak Jokowi. Kenapa bisa dicabut? Katanya ini ngikutin saran para ulama, MUI, NU, Muhammadiyah, ormas, dan tokoh-tokoh agama lainnya. Yaudah deh lampiran perpres buat pembukaan investasi baru miras tadi nggak jadi. Keputusan buat dicabutnya perpres tadi juga didukung sama Ekonom Senior Centre of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah Redjalam. Beliau bilang dengan dicabutnya perpres tadi nggak bakal menyurutkan minat penanaman modal asing ke Indonesia. Ya, nggak banyaklah pengaruhnya soalnya kan bidang investasi nggak cuman di miras aja kan.

Nah gitu guys, jadinya perpres ini udah dicabut. Ya, semoga aja investasi di bidang lain lebih banyak dan pastinya menguntungkan. Sebenernya bukan salah miras sepenuhnya sih, tapi si pengonsumsi yang minumnya berlebihan sampek ngancam nyawanya sendiri. “Yaudah daripada membahayakan, kenapa nggak di-stop aja sekalian produksinya?” Hmm gimana ya?

Comments

comments