Mengenal Anjing Kintamani, Anjing Asli Bali

Buat dog lovers, anjing adalah hewan yang paling menggemaskan dan setia. Punya beragam jenis, anjing dipelihara dan diperlakukan layaknya keluarga. Di Bali sendiri, ada yang namanya anjing Kintamani dan keberadaannya sudah diakui dunia. Kepoin ras anjing yang satu ini, yuk!

Sudah Diakui Dunia

Yang warna hitam gagah juga nih |Source: https://id.wikipedia.org/

Berasal dari pegunungan Kintamani, Bangli, ras yang satu ini punya ciri-ciri fisik yang mudah dilihat, seperti bulu yang panjang, fisik yang kuat dan ramping. Bulunya dominan berwarna putih, merah kecoklatan dan hitam. Walaupun anjing lokal, ras yang satu ini sudah diakui dunia lho! Hal ini disampaikan oleh Federation Cynologique Internasionale [FCI] pada tahun 2019, mereka menyatakan kalau anjing Kintamani sebagai anjing trah dunia. Jadi, mereka sudah bisa disandingkan nih dengan ras anjing dunia lain seperti anjing Dingo dari Aussie, Shiba Inu dari Jepang hingga Pitbull dari Amerika dan Inggris. Goks!

Anjing Kintamani Punya Sifat Berani dan Waspada

Dengan ciri-ciri fisik yang menyerupai serigala, anjing Kintamani punya sifat-sifat umum yang sudah melekat nih. Mereka adalah tipe yang pemberani dan super waspada. Nggak heran, mereka bakal sering terlibat pertengkaran dengan anjing lain ketika merasa diusik. Inilah kenapa anjing Kintami bisa dijadikan penjaga rumah yang handal dan kuat. Belum lagi mereka setia kepada tuannya dan loyal kepada keluarganya.

Cuman, karena saking galaknya, mereka bisa saja gigit orang yang baru dikenal. Makanya kalian harus hati-hati saat ada tamu yang datang. Oh ya, mereka juga punya kebiasaan untuk garuk-garuk tanah sebagai tempat perlindungan. Jadi, mohon bersabar ketika kalian lagi tidur, dan mereka sibuk garuk-garuk tanah selama beberapa menit.

Kayak serigala ya |Source: https://bali.idntimes.com/

Pada Minggu, 17 Oktober 2021, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta akan membuka kontes anjing Kintamani. Terakhir dilaksanakan pada tahun 2018, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap anjing Kintamani sehingga dapat dikembangbiakkan.

Emang keren banget dah, nggak hanya tempat wisata dan barang-barang peninggalan jaman dulu, anjing Kintamani yang notabenenya asli Bali juga sudah diakui dunia. Salam proud and love!

Comments

comments