Kenal Alam Lebih Dekat Bareng Mapala Wanaprastha Dharma

168
views
mapala wanaprastha dharma

Waktu sore, pas Mz mau pulang dari kantor, tiba-tiba Mz di chat sama seorang cewek nih namanya Tata Agustini. Penting banget sih bahas cewek? Jangan salah, cewek ini ternyata seorang yang ikutan sebuah komunitas bernama Mahasiswa Pecinta Alam atau disingkat dengan Mapala. Mz ada ketertarikan gitu, jadi tidak salahnya sekalian ngepoin keseharian anak-anak Mapala, kali aja jiwa alamnya Mz bangkit kembali.

Nama komunitasnya si Tata adalah Mahasiswa Pecinta Alam “Wanaprastha Dharma” yang berasal dari perkumpulan mahasiswa Universitas Udayana. Komunitas ini udah ada pada 21 April 1981, yaitu pas jaman Orde Baru nih udah ada yang beginian di Udayana.

Nah, awal terbentuknya sih dikarenakan adanya sebuah visi misi dari Universitas Udaya terkait sebuah program meningkatkan kecintaan mahasiswa terhadap lingkungan alam sekitar. Makanya saat itu bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa Mapala ini.

Buat yang suka kemah, mendaki gunung hingga main air di sungai, cocok banget nih mengasah naluri alam kamu di komunitas ini. Tetapi kalau masuk juga ada beberapa tes yang ahrus kamu ikuti sih, terutama seperti pelatihan dasar Mapala.

Ikut Mapala Wanaprastha Dharma, biar makin cinta alam Indonesia

Emang seru banget nih kalau kamu bisa ikutan komunitas Mapala ini. Disamping pengalaman baru, kamu akan diajak untuk menikmati kekayaan alam Indonesia dengan pemandangan alam yang tidak ternilai harganya. Dari sini kamu akan sadar, betapa berharganya kekayaan alam di Indonesia dan kamu sebagai generasi muda harus tetap melestarikannya.

Berdasarkan obrolan Mz dengan Tata, tujuan komunitasi ini dibentuk adalah 1) Membina dan mengembangkan minta, bakat dan penalaran mahasiswa sebagai mahasiswa akademik yang menunjang kelestarian alam/lingkungan; 2) Sebagai wadah pembinaan fisik, mental dan pengembangan pribadi mahasiswa yang terampil, berkepribadian dan berbudi luhur dalam menuju manusia Indonesia seutuhnya; 3) Mengembangkan komunikasi dan informasi yang berhubungan dengan kegiatan kepecintaalaman; 4) Mewujudkan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dalam bidang pembinaan akan kelestarian alam/lingkungan dengan tanpa membedakan suku, agama, ras, adat istiadat serta golongan.

Kegiatan-kegiatan seru yang bikin kamu pengan gabung ke komunitas ini adalah kamu akan diajarin bagaimana cara agar bisa terlibat dalam melestarikan alam, seperti ngajakin kamu menanam pohon Mangrove, Bakti sosial, hingga melakukan berbagai perjalanan alam yang sudah pasti seru dan kamu pasti mendapatkan sebuah pengalaman yang tidak mungkin kamu lupakan hingga tua nanti.

Kalau mau gabung kamu harus jadi mahasiswa aktif Universitas Udayana dan untuk tahu gimana kegiatan-kegiatan seru mereka, bisa langsung folow IG-nya di @nakwdunud atau Facebook di Wanaprastha Dharma Universitas Udayana.

Meskipun belum suka yang berbau alam, tetapi setelah masuk komunitas ini, kamu akan jadi anak muda yang peduli banget sama alam Indonesia.

Comments

comments