Makanan Khas Tiap Daerah Berbeda, Wajib Dicobak Pas Kamu di Bali!

Hadeeh kalau kalian mikir makanan Bali itu cuman nasi be guling sama sambal matah, duuh salah besar! Tiap daerah punya makanan khas masing-masing lah, jadi udah pasti beda. Nanti seandainya kalian ke daerah-daerah yang Mz sebutin bisa banget dicobak yak, biar bisa tidur nyenyak karena udah nggak penasaran lagi hehe.

makanan khas
Biasanya emang warna kuning guys, terus ada sayurnya juga |Source: http://karyakuringharatis.blogspot.com

Makanan Khas Gilimanuk, Denpasar, Ayam Betutu Yang Disukain Semua Orang

Kalau yang ini udah pasti semua pernah nyoba lah ya. Mau ke warung pinggir jalan atau ke restoran pasti nemunya ayam betutu. Ada yang full ayamnya, ada juga yang disuwir. Apalagi ada tambahan sayurnya, duuhh nikmatnya kebangetan!

makanan khas
Mz tim ayam betutu suwir deh |Source: www.inews.id

Ayam Betutu makanan khasnya Gilimanuk, Denpasar guys. Kalian bisa nyobak kok, dijamin halal. Kenapa warnanya bisa kuning ya biang keroknya karena si kunyit, soalnya kunyit wajib banget harus ada di bumbunya, Terus sayurnya itu pakek daun singkong, biasanya sih dibilangnya jukut sela (disebut: jukut sélē). “Itu aja Mz?” Oh masih kurang juga? Masih ada plecing kangkung kok (sayur kangkung yang direbus dan dicampur sambal). Aduuh ini boleh banget sih dicampur nasi yang masih hangat biar makin nikmat, duh Mz jadi lapar kan ngebayanginnya.

Mie Koples Dari Bihun Rebus dan Lawar Godel Dari Daging Sapi Kepunyaan Klungkung

makanan khas
Mienya biru sebiru hatikuuu~ |Source: https://www.wisatakuliner.org

Warna Mie Koples biru banget kayak biru laut gitu. Mie yang dipakek itu bihun rebus guys, jadi bukan mie kuning atau semacemnya. Biasanya ditemenin bumbu kacang atau yang lain terus lauknya berbagai macam kayak telur dan ayam gitu. Biar makin nikmat biasanya ditambahin tipat juga.

makanan khas
Ini bukan lawar godel, tapi tampilannya kurang lebih kayak gini lah |Source: http://blog.topindonesiaholidays.com

Nggak cuman mie koples, ada juga yang namanya lawar godel (dibaca: godél). Godel itu bahasa Bali-nya sapi guys. Jadi udah pasti bahan baku yang dipakek daging sapi. Biasanya kan daging babi atau ayam kan, kalau Klungkung lain lagi. Hampir sama kayak Mie Koples, lawar godel ditambahin kacang kedelai goreng gitu, nasi anget jangan ketinggalan juga lah.

Anti Mainstream, Bubur Tri Datu Alias Tiga Warna Ini Asalnya Dari Tabanan

Sebenernya Mz juga baru tau sih ada bubur tridatu ini. Dari tampilannya aja tuh udah berasa manis banget yak, belum lagi ada tiga warna bubur yang didapet dari beras putih, hitam dan merah. Isi parutan kelapanya lagi, aduuhh double kill parah ini.

Manis kayaknya kayak senyumanmu hesemeleehh hesemeleehh |Source: https://lifestyle.okezone.com

Kan udah tiga warna tuh, terus ada parutan kelapanya juga, nah nggak bakal lengkap kan kalau nggak ada gulanya. Jadi gula merah emang wajib hadir nih, oh iya pas makan pakek potongan busung itu tapi pakek yang kuat jangan yang lemes yak. Kalau buburnya sampek jatuh perkara busung lemet kan sayang banget jadinya.

Bahan Utama Pakek Batok Kelapa Muda, Lawar Klungah Dari Jembrana Ini Jadi Primadona!

Kalau Klungkung punya Lawar Godel, Jembrana punya Lawar Klungah guys. Jadi batok kelapa muda (bahasa Bali: Klungah) diolah jadi lawar. Kenapa makek klungah? Karena kalau makek yang tua yang ada malah ngeri-ngeri sedap. Nggak sedap sama sekali malahan.

makanan khas
Yang ditengah sambal kali yak |Source: /www.markotop.com/

Klungah itu yang masih muda banget guys, ibarat masih bocil. Soalnya nggak ada isinya, sama kayak bocil kan, eh. Jadi yang dipakek itu yang putihnya itu lho, ntar dimasak terus dicampur bumbu-bumbu Bali. Katanya nih kalau kalian beli nasi be guling di Jembrana, lawar yang disajiin itu lawar klungah. Ya rasanya sebelas dua belas lah sama lawar yang lain.

makanan khas
Sebelum di-lawar ya begini |Source: www.goodnewsfromindonesia.id

Makanan Khas Karangasem, Bumbu dan Isi ‘Sate Serapah’ Yang Beda Dari Biasanya Juga Nggak Kalah Enak!

“Kok tipis gitu yah Mz?” Ho’oh soalnya yang dipakek itu bukan daging ayam guys tapi bagian kulit, usus, ampela, hati sama jeroan yang lain. Kalau pengen kenyang pas makan ini ya ditambah tipat sama nasi aja, dua piring kalau perlu.

makanan khas
Bukan sumpah serapah ya guys, ini sate! Sate! |Source: www.idntimes.com

Katanya juga nih, bumbu yang dipakek juga beda guys. Bukan bumbu kacang gitu, bukan! Tapi Mz juga nggak tau namanya apa, hmm. Kalau kalian main ke Karangasem terus nggak sengaja nemu penjualnya, tolong tanyain yak Mz juga kepo soalnya hehe.

Nikmatnya Dari Kuah, Wajib Cobak Tipat Blayag dan Siobak Dari Buleleng

Pemenangnya adalaaaah.. Jeng jeng jeng. Buleleng! Sumpah ya, udah tempat pariwisatanya banyak terus makanan enak-enaknya juga banyak. Duh! “Muke gile ckckck” Yang paling terkenal di Buleleng setau Mz sih siobak-nya yak. Siobak itu kayak siomay-nya Buleleng gitu lho guys, cuman ini nggak halal jadi kalau nggak bisa makan daging babi kalian bisa makan olahan yang lain yak.

makanan khas
Hati-hati ketumpahan ya guys |Source: singarajakulinerandcoffee.blogspot.com

Yang bikin siobak ini enaknya kebangetan gara-gara kuahnya itu lho, kayak bikin tambah nikmat gitu. Nggak usah jauh-jauh ke Buleleng, kalian bisa nyobain siobak di Denpasar kok, nama tempatnya Warung Rama Siobak Singaraja.

Kalau tipat blayag ini kayaknya dimana-dimana ada deh guys, sama kayak serombotan tiap daerah pasti ada. Isinya juga kurang lebih sama kayak tipat, sayur urap, kacang kedelai yang udah digoreng sama ayam suwir gitu. Sama kayak siobak, letak kenikmatan emang dipegang sama kuahnya. Kalau kalian pecinta pedes, kuahnya harus extra pedes sih biar makin enak.

makanan khas
Aduuh toloonnggg :’) |Source: https://phinemo.com

Udah ya guys ya, Mz nyerah dah. Nggak kuat Mz kalau disuruh nyari-nyari foto makanan nih, bawaannya laper mulu. Karena Mz udah perjuangan kali nih nyariin makanan plus foto-fotonya, jadi harus dicobak yak. Biar tuh perut isinya nggak mie instan doang, sekali-kali makan yang enak ya!

Comments

comments