Makanan Bali yang Bisa Disantap Pas Tahun Baru Enaknya Apaan, Ya?

Bentar lagi tahun baru nih, tinggal menghitung hari aja. “Aku bingung nih, Mz.” Eh kenapa kenapa? “Kan nggak boleh keluar rumah tapi pengen makan enak, gimana dong ya?” Iih nggak usah galau bossque, abis ini Mz kasik tau resep makanan Bali yang bisa kalian cobain pas tahun baru yak. Cekidoot…

makanan bali
Ya seenggaknya ada niat buat mandi |Source: https://id.pinterest.com/

Menjelang Tahun Baru

Pastinya nggak berasa ya, udah mau tahun baru aja. Sepanjang tahun 2020 ini emang kesabaran kita bener-bener diuji dah. Semoga di tahun baru nanti semua makin membaik yak!

makanan bali
Ya gitu |Source: https://covid19.go.id/

Kalau udah tahun baru pengennya liat kembang api gitu kan, kalau nggak ke pantai, ya mentok depan rumah. Sekarang udah nggak bisa nih, mau nggak mau cuman ngeliatin dari layar tv sama hp doang. Walaupun nggak seru, mau gimana lagi guys demi terhindar dari Covid-19. Jugaan kalau keadaannya udah membaik kalian bisa keluar lagi kan, katanya sekolah juga mau dibuka, nah lho nggak lupa cara megang pulpen kan yak?

 

makanan bali
Keseringan ngetik ya gitu |Source: https://m.brilio.net/

Makanan Bali yang Pas Nemenin Tahun Baru Kamu

Nah buat kalian yang cuman di rumah aja nih, nggak usah sedih. Ngerayain momen tahun baru kan bukan masalah tempatnya dimana, tapi sama siapa kan. Jadi kalian bisa makan-makan enak bareng orang-orang kesayangan. “Emangnya apa sih makanannya? Yakin enak?” Namanya sate lilit, cuman kalau masalah enak atau nggaknya kan tergantung tangan siapa yang buat, eh.

makanan bali
Aduuh udah ngiler aja nih Mz |Source: https://lifestyle.okezone.com/

Kalau kalian pernah dateng ke acara-acara di Bali, pasti nggak asing lagi sama yang namanya sate lilit. Sate yang satu ini biasanya rasanya agak pedes dan aroma bakarannya itu nendang parah. Aduuh kalian harus banget sih buat ini terus makan bareng sama orang-orang rumah.

Resep dan Cara Buat Sate Lilit

Siapin bahan-bahannya dulu bossque kayak bawang merah, bawang putih, lengkuas, merica, kencur, jahe dan lainnya dah. Oh iya! Cabe jangan dilupain! Harus banget ada buat yang suka pedes-pedes, tapi jangan kebanyakan juga kalau nggak mau sakit perut besoknya. Biar kalian makin paham tonton aja video diatas yak.

Pokoknya dari semua bahan, yang paling penting apa? Udah pasti dagingnya! Sesuai selera aja nih, bisa daging ayam, sapi atau ikan. Jangan lupa campurin parutan kelapa sama minyak kelapanya juga yak biar makin nikmat.

makanan bali
Kalau yang ini sebelum dibentuk jadi sate |Source: https://travel.detik.com/

Nggak lupa, campur penyedap rasa kayak garam dan kawan-kawannya. Setelah semua tercampur, kalian siapin dah tuh tusuk sate khusus sate lilitnya. Bentuknya tuh pipih memanjang, nanti dibentuknya juga pelan-pelan aja dan pastiin terbentuk dengan baik biar nggak cepet hancur bentukannya. Kalau udah, tinggal kalian bakar deh satenya. Buat waktunya nyesuain aja yak, kurang lebih 10-15 menit sampek mateng.

makanan bali
Pas mau dibakar nih |Source: https://etnis.id/

Duh Mz udah ngiler aja nih, kalian wajib sih bikin sate lilit pas tahun baru. Sambil ghibah gitu kan, kalian bisa nyemilin sate lilit. Kalau masih laper? Ya makan sate lilit bareng nasi hangatlah, tiga piring kalau bisa. “Kalau buat minumnya arak ya, Mz? Khkkh.” Eh? Ya boleh dah, jangan keblablasan aja yak, nggak baik! Yaudah ya guys, segitu dulu dah. Happy New Year!

Comments

comments