Liburan Singkat dan Hemat dari Surabaya ke Bali

138
views

Bali emang suka jadi solusi travelling melepas penat. Mau travelling yang lost-lost banget, bisa kok di Bali. Pas udah capek lost, perlu suasana kota lagi, masih banyak juga kotanya. Fasilitasnya juga memadai. Komplit deh! Apalagi kalo kamu yang tinggal di Surabaya, ke Bali ngga bakalan habis waktu dan duit yang banyak kok! Nih, Mz kasi tips 3 hari 2 malem ke Bali tanpa bikin dompet jebol!

Hari ke-0

Kalo dipikir-pikir, jarak Surabaya ke Bali ini jarak yang nanggung. Dibilang jauh, kalo jalan kaki jauh banget, tapi murah biaya. Dibilang deket, naik pesawat kecepetan nyampenya, terus mahal. Solusinya? Ambil jalan tengah, jalur darat!

Surabaya ke Bali
Ini rute lain. Tapi kira-kira kaya ginilah! | Source: Traveloka

Naik bus lebih baik, ngga capek. Ngga perlu bingung cari bus-nya, tinggal pesan tiket bus Daytrans. Harganya bisa 3x lebih murah dari pake pesawat. Pesennya bolak-balik aja. Tapi lama ngga Mz? Kamu tinggal cari yang berangkat jam setengah 8 malem, terus tinggal bobo, bangun jam setengah 8 pagi udah nyampe di Bali. Sekejap mata.

Hari ke-1

Ntar nyampe Bali, kamu bakal tibanya di Terminal Mengwi. Walopun ini udah di Bali, Mz saranin perjalanan kamu jangan dimulai dari sini. Mending cari angkutan ke Terminal Ubung. Letaknya di Denpasar. Dari Terminal Mengwi paling habis waktu 30 menit.

Nyampe di Terminal Ubung, sarapan dululah, biar ngga mati. Banyak kok tempat makan lokal di sekitar terminal ini, bahkan yang non-babi. Tinggal tunjuk.

Setelah itu, bolehlah cus ke penginapan. Ohya, sebelumnya kamu mending booking lebih awal penginapannya dimana. Saran Mz sih, cari kost harian aja di daerah Kerobokan. Kenapa kost? Ya paling kamu cuma perlu tempat naruh barang dan tidur aja, sisanya pasti keliling kan? Selain itu, kalo kost enak, bisa nego sama tuan rumahnya, mau check in lebih awal, dan check out lebih ngaret, cincay-lah! Terus kenapa di daerah Kerobokan? Pertama, karena deket kota, jadi akses dan fasilitas sekitar masih mudah. Kedua, suasananya enak. Ngga terlalu rame. Ketiga, murah. Dan keempat, biar berasa lagi liburan. Karena ke tempat-tempat tongkrongan turis jaraknya deket.

Ohya, kalo udah beres urusan kost, langsung rental sepeda motor. Di daerah Kerobokan banyak kok yang rentalin. Rata-rata harganya Rp 50k per hari.

Kalo udah nemu motor rental idamanmu, selanjutnya kita cus ke daerah Kintamani. Kenapa Kintamani? Yang pasti, Gunung Batur yang terkenal itu adanya di daerah ini. Dan di sekitar Gunung Batur, ada banyak banget spot alam yang bisa kamu kunjungi. Jadi, sekali kayuh, 2-3 pulau terlampaui. Selain itu, kopi Bali yang terkenal itu adanya di Kintamani. Dari Kerobokan ke Kintamani paling habis waktu 2 jam aja kok.

Surabaya ke Bali: Danau dan Gunung Batur
Tuh, gimana ngga ngeces liat view begini! | Source: Wikipedia

Coba spot-spot ini pas ke Kintamani: Gunung Batur, Danau Batur, Batur Caldera, Batur Natural Hotspring, N’jung Camp, Kintamani Coffee. Ya ngga harus semua sih, ini beberapa spot pilihan Mz. Ohya, ntar di Kintamani sampe sore aja ya. Kalo malem, udah ngga seru, ngga ada view. Selain itu, dingin pula.

Beres di sini, udah deh, tinggal balik lagi ke kost. Kalo masih punya energi, boleh mampir sebentar di Ubud buat sekedar ngerasain Ubud aja. Tenang, masih sejalur kok.

Hari ke-2

Jangan lupa bangun pagi, karena tujuan berikutnya ke pulau tetangga yang lagi hits, Nusa Lembongan.

Bangun paling ngga jam 6, mandi, prepare, dan cus ke Pantai Sanur. Ya, untuk ke Nusa Lembongan, nyebrangnya dari Sanur. Nanti cari fastboat keberangkatan pertama aja, cusnya jam 9 pagi. Kalo belum sarapan, Mz saranin ke Nasi Bali Men Weti aja dulu. Ini adalah makanan lokal yang banyak dikejar wisatawan domestik kalo ke Bali.

Nasi Bali Men Weti
Duh, jadi laper lagi. | Source: Kintamani.id

Ntar abis sarapan, diemin aja parkir motornya di deket Men Weti. Ntar jalan ke arah utara di pinggir pantai, ngga jauh kok, sampe nemu banyak fastboat parkir di pinggir pantai. Ya udah, tinggal register aja di loketnya. Harga tiket per orangnya Rp 65k sekali jalan.

Perjalanan ke Nusa Lembongan kira-kira makan waktu 30 menitan. Ntar sampe di sana, langsung cari rental motor. Banyak kok deket pemberhentian fastboat-nya. Kalo di Lembongan, motor adalah kendaraan wajib, karena hampir ngga ada mobil pribadi berkeliaran di sini.

Lembongan ini pulaunya kecil. Buat kelilingin pulau ini naik motor, paling ngabisin waktu 30 menit doang! Dan untuk spot-spot terbaik di Lembongan, banyak! Kamu Googling aja, pasti bakal ketemu spot-spot bagus di sini. Jangan lupa ke pulau tetangga, Nusa Ceningan. Sama indahnya dengan Lembongan. Ke sananya ngga perlu lewat laut lagi, udah ada jembatan. Enak kan?

Fast boat ke Lembongan
Kan kuseberangi lautan demi mendapatkan hatimu! | Source: myguidebali.com

Ohya, jangan sampe keenakan maennya, karena fastboat terakhir balik ke Sanur rata-rata berangkat jam 4 sore. Jadi musti sadar diri.

Nanti kalo udah di Pulau Bali lagi, mending balik dulu ke kost buat istirahat dan mandi. Malem makan dimana? Kalo mau murah dan nikmat, cari aja di sekitar Jalan Teuku Umar Barat, hampir semua makanan di sana enak-enak. Ngga jauh pula dari Kerobokan.

Ntar beres makan, kalo masih pengen nikmatin malem di Bali, nongkrong murah di angkringan sekitar Jalan Teuku Umar Barat ini asoy juga. Banyak juga turis backpacker nongkrongnya di angkringan-angkringan sekitar sana.

Hari ke-3

Ngga terasa, udah hari terakhir aja dari cerita Surabaya ke Bali ini. Kalo hari terakhir sih, maen yang deket-deket aja. Kalo bangun pagi, coba deh maen ke Pantai Berawa. Suasananya enak di sana. Ngga jauh dari Kerobokan.

Pantai Berawa
Bagus kan view-nya? :p | Source: surfindonesia.com

Nanti siangnya, kalo mau cari oleh-oleh bisa mampir ke toko oleh-oleh di seputaran Denpasar aja, ada Toko Erlangga atau Krisna Oleh-oleh. Dan sisa waktunya, tinggal habisin waktu muter-muter Denpasar aja.

Acara bebas.

Comments

comments