Lho, Kok Banyak yang Batal ke Bali Sih?

“Kok banyak yang batalin dateng ke Bali sih?” Eh iya ya, Mz dapet denger tuh. “Katanya gara-gara ada kebijakan baru lagi, Mz. Terus orang-orang mager gitu.” Masa ya? Waduh

ke Bali
Hmm |Source: https://ekonomi.bisnis.com/

Diberlakukannya Kebijakan Terbaru oleh Pemerintah

ke Bali
Sebelahan sama Bapak Jokowi nih |Source: https://rmol.id/

Sebenernya Mz kaget juga sih, padahal dah seneng gitu kan ya bentar lagi pariwisata Bali bakal hidup lagi. Tapi ya mau gimana lagi kan, kita harus ngikutin peraturan pemerintah. Bapak Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia bilang kalau kita mau liburan ke Bali harus tes PCR (polymerase chain reaction) dulu biar aman.

Dari arahan Bapak Luhut inilah yang bikin keluarnya Surat Edaran Gubernur Nomor 2021 Tahun 2020, dan ini bakal berlaku dari tanggal 18 Desember sampek 4 Januari 2021. Jadi kalau misalnya dateng pakek pesawat, harus nunjukkin hasil swab yang negatif dan ini berbasis test PCR.

ke bali
Aduuh perih banget nih |Source: https://travel.detik.com/

Kalau makek kendaraan pribadi entah lewat jalur darat atau laut, harus nunjukkin surat keterangan hasil negatif uji Rapid Test Antigen. Dan dari semua jalur, paling lambat hasil testnya itu diambil dari dua hari sebelumnya.

Kecewa, Calon Wisatawan Ramai-ramai Batal ke Bali

Yang dibikin kecewa nggak cuman calon wisatawannya, tapi pelaku pariwisatanya juga. Mereka nganggep kalau pemberitahuannya nih mendadak banget. Akhirnya banyak yang cancel jasa mereka dan booking-an tempat nginep juga dibatalin hmm. Gara-gara hal ini bikin Bali rugi diperkirakan sampek milyaran bahkan triliunan.

Jadinya mereka kan kecewa ya, yang seharusnya udah bisa kerja gitu kan, bisa nerima tamu lagi eh sekarang malah dibatalin. Tapi ngerti juga sih dari pihak calon wisatawannya, soalnya mereka kan udah beli tiket transportasi buat ke Bali, itupun biaya pulang pergi kan. Ini juga ditambah sama biaya tempat buat nginep, kalau ditambah sama biaya test jadi auto overbudget!

Semoga tahun depan udah aman yak, biar kita bisa pergi kemanapun dengan santai gitu. Terus bisa kesana kesini sesuai planning, hmm harus tetep sabar nih. Dahlah, ciao!

Comments

comments