King of Panda, Band asal Bali yang Menjadi Role Model-nya Kawula Muda

Balik lagi nih bahas band dari Bali. Kali ini Mz bakal ngenalin band King of Panda ke kalian. Band ini udah ada dari lama banget, jadi udah dipastiin karya-karyanya menginspirasi banyak orang. Penasaran? Scroll down dulu dong kalau gitu.

Siapa Sih Itu King of Panda?

Wiih dari jamannya myspace nggak tuh |Source: https://wastedrockers.wordpress.com/

King of Panda atau sering disebut Kinopan adalah band yang makek genre pop punk hardcore sebagai andalannya. Berdiri pada tahun 2008, Kinopan terus berkarya sampai akhirnya pada tahun 2010 berhasil menarik perhatian banyak orang se-Indonesia. Waktu itu mereka keluar sebagai pemenang kategori Pendatang Baru Terbaik (Best New Comer category) di ajang apresiasi musisi bernama ICEMA (Indonesia Cutting Edge Music Award) 2010.

Terus di tahun 2011, keluarlah album pertama mereka bertajuk Me vs My Space Army. Ada 10 lagu tuh, dan sempet juga ngadain tur promosi untuk albumnya ke 15 kota yang ada di Indonesia. Kalau kalian nganggap setelah ini mereka fine-fine aja, beuuh nggak! Masalah yang datang tiada henti apalagi setelah menjadi orang dewasa seutuhnya emang sulit. Berhibernasi selama 7 tahun, akhirnya Kinopan ngeluarin album yang kedua pada tahun 2018 bernama Back in The Game (ada 8 lagu). Dibandingin sama album pertama, yang kedua ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari lewat lirik-lirik lagunya. Ini juga merupakan titik balik Kinopan dalam kembali berkarya. Jangan ragu buat searching di Spotify dan dengerin kedua albumnya yak!

Kinopan yang sekarang |Source: https://twitter.com/kingofpanda

Setelah ngalamin banyak perubahan dengan personelnya, sekarang Kinopan sendiri beranggotakan empat orang yaitu Choqy Satria sebagai vokal-gitar, Wahyu Indira sebagai vokal-gitar juga, Wiwin Wijanar sebagai bassist dan Gungde Yudistira sebagai drummer. Walaupun usia udah nambah, bukan berarti semangatnya berkurang dong. Kita doain aja semoga nanti ada album ketiga, keempat dan seterusnya ya.

Jadi Role Modelnya Para Kawula Muda

Oh iya, hampir aja Mz lupa. King of Panda itu ada kepanjangannya. “Apaan, Mz?” Kepanjangannya itu King of Panutan Kawula Muda. Jadi Kinopan ini sebagai panutan buat anak-anak muda, nggak hanya menginspirasi tapi juga ngajak untuk melek sekitar gitu dengan lagu-lagunya. Sampek-sampek nih Kinopan jadi role modelnya anak-anak muda untuk berkarya yang tentunya ke arah yang baik dan positive way¬†gitu. Ada friendsclub-nya juga namanya Kawan Panda, tersebar di Bali sama Jawa, friendsclub ini udah ada ratusan anggota tiap kotanya. Kalau mau gabung sabi deh kayaknya, soalnya Kinopan kan make friends not fans. Untuk jadi Kinopan yang sekarang, tentu ada banyak band dan musik yang menginspirasi kayak Four Year Strong, New Found Glory, Fall Out Boy, A Day to Remember, Blink 182, sama Set Your Goals juga.

Udah yak segitu dulu. “Yah, masa gitu aja sih?” Waduh, udah Mz lampirin dua videonya lho saat Kinopan bertamu di Soyl Show. Ditonton yak, mereka udah nyeritain banyak banget lho dari awal terbentuk, personel dan tentang bandnya juga. Kalau Mz bahas semua disini ntar kepanjangan lagi, inget mampir ke Youtube-nya Soyl Show dan pantengin Kinopan yak. Ciao!

Comments

comments